Resmi Menjabat, MenPAN-RB Tjahjo Kumolo Siap Pangkas Jabatan Eselon
Nasional

Presiden Jokowi berniat untuk memangkas jabatan eselon dalam struktur kepegawaian ASN hingga menjadi 2 level saja. Wacana menggegerkan ini ia sampaikan dalam pidato perdananya usai dilantik.

WowKeren - Tjahjo Kumolo menjadi salah satu menteri di Kabinet Kerja yang kembali mengabdi di periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo. Namun tak lagi ditempatkan sebagai Menteri Dalam Negeri, Tjahjo kini menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB).

Menanggapi jabatan barunya itu, Tjahjo pun langsung siap "tancap gas". Pasalnya, dalam acara serah terima jabatan yang digelar di Kantor KemenPAN-RB kemarin, Tjahjo langsung menyampaikan sikap tegasnya perihal wacana pemangkasan eselon.

Sebagai pengingat, Jokowi pernah menyatakan wacananya untuk menghapuskan jabatan eselon III sampai V dari struktur kepegawaian Aparatur Sipil Negara (ASN). Hal ini Jokowi sampaikan dalam pidato perdananya usai dilantik pada Minggu (20/10) kemarin.

Awalnya Tjahjo menyebut siap melanjutkan program-program yang telah dikerjakan dengan baik oleh menteri periode sebelumnya. "Secara prinsip kami akan melanjutkan beberapa program-program yang sudah dilaksanakan dengan baik selama MenPAN-RB dipimpin oleh Pak Syafruddin," kata Tjahjo, Rabu (23/10).

Selepas itulah Tjahjo mengungkapkan keinginannya untuk mewujudkan wacana Jokowi. Menurutnya pemangkasan jabatan eselon merupakan salah satu cara nyata untuk mempercepat proses reformasi birokrasi.


"Kemudian ke depan, bagaimana (mewujudkan) poin-poin pidato Presiden pada saat dilantik," tutur Tjahjo, dilansir Okezone Economy. "Salah satu adalah bagaimana untuk mempercepat proses reformasi birokrasi yang lebih nyata, yang lebih konkret."

"Itu yang menjadi target sesama KemenPAN-RB," imbuhnya. "(Kita) tidak sendirian. Nanti akan berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga-lembaga terkait, termasuk perguruan tinggi, termasuk instansi yang terkait."

Tjahjo pun berjanji akan melanjutkan tugas-tugas yang telah dilaksanakan dengan baik oleh mantan MenPAN-RB Syafruddin. Namun demikian Tjahjo juga akan mengembangkan dan meningkatkan inovasi dari program-program tersebut.

"Selanjutnya saya akan melanjutkan. Bagaimana untuk mengembangkan secara terus-menerus inovasi-inovasi yang ada," jelasnya. "Kementerian, lembaga yang sudah dirintis oleh Pak Syafruddin akan terus kita tingkatkan."

Terkait dengan posisinya sebagai MenPAN-RB di Kabinet Indonesia Maju, Tjahjo pun mengaku sangat bahagia. Ia menilai amanah ini merupakan tugas yang sangat mulia.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait