NasDem Akan Bertemu PKS, Isu Oposisi Makin Kuat?
Nasional

NasDem akan segera melakukan pertemuan dengan PKS, isu Surya Paloh untuk membawa partainya menjadi oposisi pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin semakin kuat?

WowKeren - Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh baru-baru ini telah memberikan sinyal kesanggupan partainya untuk menjadi oposisi pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin pada periode 2019-2024. Kini kabar itu ditanggapi oleh pihak Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Presiden PKS Sohibul Iman mengungkapkan jika dalam waktu dekat ini, Surya Paloh akan berkunjung ke kantor DPP PKS. Selain Surya Paloh, Sohibul membeberkan jika pertemuan yang akan diadakan pada Rabu (30/10) mendatang juga akan turut dihadiri oleh sepuluh orang dari Partai NasDem.

Hal ini tentunya semakin mengencangkan isu terkait rencana NasDem yang telah bersiap menjadi oposisi. Apalagi, PKS saat ini telah menjadi oposisi dan berada di luar pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin.

"NasDem akan berkunjung ke kantor DPP PKS Rabu pekan depan," ujar Sohibul Iman saat dijumpai di kediaman Prabowo Subianto, Jalan Kertanegara nomor IV Jakarta pada Selasa (22/10). "Surya Paloh mengatakan akan datang membawa sepuluh orang."


Rencana pertemuan tersebut disebutkan Sohibul telah diatur sejak pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia beberapa hari yang lalu. Kala itu, Sohibul menceritakan jika Surya Paloh mengapresiasi keputusan politik PKS untuk menjadi oposisi pemerintah.

"Saya kebetulan duduk di samping Pak Surya Paloh," cerita Sohibul. "Dia menyampaikan kepada saya kalau dia menghormati apa yang menjadi pilihan politik PKS. Beliau menyatakan ingin membangun silaturahim."

Sejauh ini, PKS telah menyatakan akan terus konsisten berada di luar pemerintahan demi menjaga marwah demokrasi yang ada di Indonesia. Hal ini juga dinilai dapat terus memberikan keseimbangan bagi proses demokrasi yang ada di Tanah Air.

"Demokrasi itu kan harus ada checks and balances," kata Sohibul. "Jadi kalau teman-teman ingin berada di dalam pemerintahan, biarlah PKS berada di luar pemerintahan. Enggak apa-apa."

PKS juga menyambut baik terkait niatan dari Surya Paloh untuk menjadi oposisi jika dibutuhkan walaupun Partai NasDem sendiri saat ini masih berada di koalisi Jokowi. Terlebih, Surya Paloh juga pernah mengatakan dengan jujur kepada Sohibul jika NasDem tidak ingin keluar dari koalisi. Walau begitu, NasDem siap untuk bersikap kritis kepada pemerintah meski berada dalam koalisi.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait