Dikritik Habis-Habisan, Menag Fachrul Tegaskan Polemik Cadar dan Celana Cingkrang Sudah Selesai
Nasional

Diketahui, Menteri Agama Fachrul Razi sempat mengemukakan wacana pelarangan cadar di instansi pemerintahan hingga mendapat banyak kritik dari sejumlah pihak.

WowKeren - Pernyataan Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi soal cadar dan celana cingkrang sempat menimbulkan polemik dan diperbicangkan oleh banyak pihak. Diketahui, Menag Fachrul sempat mengemukakan wacana pelarangan cadar di instansi pemerintahan hingga mendapat banyak kritik dari sejumlah pihak.

Kini, Menag Fachrul menegaskan bahwa polemik tersebut sudah selesai. "Sudah selesai itu," tutur Menag Fachrul di Kementerian Agama, Jakarta Pusat, pada Selasa (5/11).

Menag Fachrul juga enggan berkomentar lebih lanjut dan mengulang-ulang jawaban terkait polemik tersebut. "Udah, udah, udah bolak-balik itu," ujar Menag Fachrul.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi VIII DPR dari Fraksi Partai Golkar Ace Hasan Syadzily mengingatkan agar Menag Fachrul berhati-hati dalam merencanakan kebijakan. Pasalnya, kajian pelarangan cadar dan celana cingkrang di instansi pemerintah yang sempat disuarakan tersebut justru menimbulkan pertanyaan serius.


"Sebaiknya Menteri Agama lebih hati-hati dalam melontarkan rencana suatu kebijakan. Kita sama-sama harus melawan radikalisme karena itu bertentangan dengan nilai-nilai kebangsaan kita," terang Ace. "Namun rencana kebijakan untuk menyelesaikan masalah radikalisme tidak boleh menimbulkan persepsi yang salah di mata masyarakat."

Di sisi lain, polemik ini menambah penolakan yang telah diterima Fachrul sejak dipilih Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Agama. Namun, Menag Fachrul sendiri telah mengaku legawa dengan segala penolakan yang diterimanya. Ia bahkan menjadikan "suara-suara" penolakan itu sebagai sarana untuk meneladani pribadi Nabi Muhammad SAW.

"Kalau Anda peduli dengan ornag kecewa, Rasulullah pun diangkat menjadi rasul, ribuan orang kecewa," ujar Fachrul kala ditemui di Kantor Kemenag, dilansir dari laman IDN Times pada Senin (4/11). "Bukan saya selevel rasul, maksud saya, orang-orang kecewa itu pantas menurut pertimbangan dia."

Menag Fachrul memastikan dirinya akan bekerja keras untuk "membungkam" seluruh keraguan atas kapabilitasnya. Ia juga menegaskan tak akan mengambil kebijakan yang di luar kewenangannya. Kekhawatiran ini sendiri mencuat lantaran publik melihat latar belakang Fachrul sebagai purnawirawan jenderal TNI AD.

"Tapi kan kewajiban kita melakukan tugas sebaik mungkin," katanya. "Memberikan penjelasan-penjelasan sehingga yang mereka bayangkan itu, oh Pak Fachrul ternyata tidak seperti itu."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru