Bebas Bahan Kimia, Ikuti 7 Tips Ini Untuk Mengatasi Kulit Belang Dengan Cara Alami
Lifestyle

Untuk mengembalikan warna kulit asli kalian yang belang memang gampang-gampang susah. Butuh ketekunan dan kesabaran agar bisa menghasilkan hasil yang sempurna.

WowKeren - Tinggal di Indonesia yang notabene negara tropis, membuat kita sering sekali terpapar sinar matahari. Oleh karena itu, penggunaan tabir surya sangat dianjurkan agar nantinya kulit kalian tidak melepuh akibat terbakar sinar matahari yang terik.

Namun selain mengalami sunburn, salah satu masalah yang ditimbulkan sinar matahari adalah kulit menjadi belang. Sejatinya kulit memang membutuhkan sinar matahari untuk memproduksi vitamin D yang berguna untuk tulang. Namun, paparan sinar matahari yang terlalu sering juga tidak baik. Paparan sinar matahari memicu kulit untuk menghasilkan lebih banyak melanin sehingga membuatnya menjadi lebih gelap.


Untuk mengembalikan warna kulit yang belang memang gampang-gampang susah. Butuh ketekunan dan kesabaran agar bisa menghasilkan hasil yang sempurna. Orang-orang biasanya akan pergi ke salon agar cepat terlihat hasilnya. Selain membutuhkan biaya yang banyak cara ini juga melibatkan banyak bahan kimia.

Enggak usah khawatir, ada banyak cara alami untuk mengembalikan warna kulitmu yang belang kok. Meski enggak secepat perawatan di salon, namun cara ini akan memberikan hasil yang cukup bagus. Penasaran apa saja? Yuk simak tips yang sudah tim WowKeren rangkum berikut!

1. Jangan Dibuang, Air Beras Bisa Digunakan Untuk Kulit Belang


Jangan Dibuang, Air Beras Bisa Digunakan Untuk Kulit Belang

Jika kalian setiap haru memasak nasi, kalian pasti akan langsung membuang air bekas cuciannya kan? padahal, air tersebut memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Air cucian beras ini dipercaya mampu untuk melembutkan dan mencerahkan kulit loh. Jika tak percaya coba perhatikan tangan yang tiap hari digunakan untuk mencuci beras itu pasti lebih lembut dan bersih di banding yang tidak dipakai.

Cobalah untuk membilas bagian tubuh kalian yang belang secara rutin setiap pagi dan sore dengan air bilasan pertama beras. Terapi ini akan mengurangi belang-belang secara bertahap. Air beras ini pun sudah jadi rahasia turun temurunnya gadis Jepang untuk menjaga kehalusan kulitnya. Namun perlu diingat bahwa hasil yang ditawarkan dengan perawatan ini tidak bisa instan. Memang butuh waktu dan kesabaran ya.

2. Tak Hanya Bagus Untuk Rambut, Lidah Buaya Juga Cocok Untuk Kulit


Tak Hanya Bagus Untuk Rambut, Lidah Buaya Juga Cocok Untuk Kulit

Sudah sejak lama lidah buaya dimanfaatkan untuk perawatan tubuh. Tak hanya untuk rambut, lidah buaya juga bagus untuk kulit. Lidah buaya diketahui memberikan efek relaksasi pada kulit yang kering atau bahkan terbakar sinar matahari (sunburn). Teksturnya yang lembut, cair dan dingin memberikan kesan relax kepada kulit. Apalagi kulit yang baru saja terpapar dan terbakar matahari.

Selain itu lidah buaya juga bisa untuk meratakan warna kulit yang belang. Caranya cukup dengan membelah lidah buaya dan mengambil gel yang ada di dalamnya. Oleskan dengan kuas atau tangan ke seluruh bagian yang belang. Kalian harus tahan dengan bau khas yang keluar dari lidah buaya ini. Atau jika ingin praktis, kalian bisa menggunakan gel lidah buaya yang sudah ada di pasaran.

3. Kulit Jeruk Ternyata Juga Berfungsi Untuk Mengatasi Belang


Kulit Jeruk Ternyata Juga Berfungsi Untuk Mengatasi Belang

Mulai sekarang jangan buang kulit buah jeruk yang kalian makan ya. Karena kulit jeruk bisa digunakan untuk menghilangkan belang di tangan atau bagian lainnya. Cara mengatasi kulit belang dengan kulit jeruk harus mengeringkan dan menghaluskannya dulu menjadi bubuk.

Setelah kulit jeruk menjadi bubuk lalu campurlah 2 sendok teh bubuk kulit jeruk tersebut dengan 2 sendok teh madu dan 1 sendok teh brown sugar. Balurkan campuran tersebut ke seluruh bagian kulit yang belang selama 15 menit lalu bilas. Lakukanlah cara ini dengan rutin sampai kulit belang Anda hilang dan memiliki warna yang rata.

4. Parutan Bengkuang Bisa Digunakan Untuk Meratakan Warna Kulit


Parutan Bengkuang Bisa Digunakan Untuk Meratakan Warna Kulit

Bengkuang memang sudah lama dikenal akan khasiatnya yang bisa mencerahkan dan memutihkan kulit. Ini juga berarti bahwa bengkuang juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi kulit belang karena memiliki efek memutihkan. Cara menggunakan bengkuang untuk menghilangkan belang adalah dengan membuatnya menjadi scrub.

Caranya, parutlah bengkuang lalu campurlah dengan menggunakan yogurt plain dan garam (sebagai scrub). Setelah itu, gosok-gosoklah scrub bengkuang ini secara perlahan ke bagian tubuh yang lebih gelap akibat paparan sinar matahari. Diamkan selama beberapa menit kemudian bilaslah. Penggunaan scrub rumahan yang murah ini tidak hanya bisa menghilangkan belang saja tetapi juga bisa menyegarkan kulit loh.

5. Selain Bergizi, Putih Telur Juga Mampu Memperbaiki Warna Kulit Belang


Selain Bergizi, Putih Telur Juga Mampu Memperbaiki Warna Kulit Belang

Putih telur selain enak dan bergizi tinggi, ternyata juga mengandung formula menakjubkan untuk mengatasi kulit kering akibat paparan sinar matahari. Teksturnya yang lembut, cair dan mudah ditemukan, sangat memudahkan kalian untuk memanfaatkannya. Salah satu cara untuk mengatasi belang dengan putih telur adalah dengan membuatnya sebagai lulur.

Caranya, pisahkan putih telur dari kuningnya dan oles merata dengan kuas pada muka dan leher atau bagian mana saja yang belang. Lalu diamkan sejenak, sampai terasa sensasi tarikan yang kuat akibat putih telur yang mengering. Kemudian bilas deh dengan air hangat.

6. Selain Enak, Irisan Tomat Juga Bisa untuk Membantu Kalian Mengatasi Belang


Selain Enak, Irisan Tomat Juga Bisa untuk Membantu Kalian Mengatasi Belang

Selain segar di makan, tomat sangat berkhasiat untuk meredakan radang kulit akibat paparan sinar matahari. Kulit yang terkena sinar matahari akan berwarna hitam kemerahan, sehingga dengan kandungan yang ada dalam tomat, seperti vitamin C, kulit akan akan tenang. Mungkin akan ada rasa perih, namun efeknya akan menghaluskan dan membuat kulit tidak panas.

Caranya mudah sekali, kalian hanya perlu iris tomat menjadi bagian tipis-tipis kemudian usap merata pada bagian yang belang. Lalu diamkan sejenak hingga rasa perihnya hilang kemudian bilas dengan air hangat. Nah kulit kalian akan semakin halus dengan bahan-bahan alami nan ramah di kantong.

7. Lulur Kunyit Yang Sudah Dipercaya Sejak Jaman Dahulu


Lulur Kunyit Yang Sudah Dipercaya Sejak Jaman Dahulu

Sejak zaman dahulu, kunyit merupakan rempah yang banyak digunakan untuk kecantikan kulit. Tidak hanya bisa menghaluskan, kunyit juga bermanfaat untuk menghilangkan belang. Cara menghilangkan kulit belang di wajah atau bagian tubuh lainnya adalah dengan mengolah kunyit menjadi lulur kunyit terlebih dahulu.

Caranya adalah dengan memarut kunyit terlebih dahulu lalu mencampurnya dengan sedikit air. Diamkanlah hingga mengendap lalu ambilan sari endapan kunyit tersebut untuk dicampur dengan tepung beras. Oleskanlah lulur kunyit ini ke semua bagian kulit yang belang secara merata. Tunggulah hingga lulur mengering sambil dipijat kemudian bilas dengan air hangat. Mudah banget kan?

Selain itu, intip juga yuk tips mengatasi sunburn dengan tepat di sini. Intip juga manfaat penggunaan sunscreen atau tabir surya di sini.

You can share this post!

Related Posts
Loading...