Irjen Firli Dipromosikan Jadi Kabaharkam Polri Sebelum Pimpin KPK, Ini Alasannya
Nasional

Ketua KPK terpilih periode 2019-2023, Irjen Firli Bahuri, resmi dilantik sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri di aula Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, pada hari ini (19/11).

WowKeren - Irjen Firli Bahuri resmi dilantik sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) menggantikan Komjen Condro Kirono. Kapolri Jenderal Idham Azis melantik Irjen Firli di aula Bareskrim Polri lantai 9, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, pada hari ini (19/11).

Selain Irjen Firli, terdapat 4 perwira tinggi Polri lainnya yang ikut dalam serah terima jabatan ini. Mereka adalah Irjen Pol Istono sebagai Kepala Korlantas Polri yang sebelumnya dijabat Irjen Refdi Andri, Irjen Priyo Widyanto sebagai Kapolda Sumatera Selatan yang sebelumnya diduduki Irjen Firli, Kapolda Kaltim Irjen Muktiono, dan Kapolda Babel Irjen Istono.

Sementara itu, Irjen Firli sendiri diketahui telah terpilih sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023. Irjen Firli sendiri akan memulai jabatannya sebagai Ketua KPK mulai Desember 2019 mendatang.

Polri sendiri mengungkapkan alasan mempercayakan jabatan Kabaharkam ke Irjen Firli sebelum dirinya memimpin KPK. Menurut Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal, Irjen Firli dinilai telah berprestasi sejak menjadi taruna Akpol.


"Yang bersangkutan sejak taruna Akpol sudah sangat berprestasi. Beliau komandan resimen korps taruna dari tingkat 1 sampai 4," tutur Iqbal di Gedung Bareskrim Polri pada hari ini. "Hampir 1.000 lebih taruna yang di-manage di Akpol. Sudah terlihat kepemimpinan dan kecerdasan beliau."

Tak hanya itu, Iqbal juga menyampaikan bahwa Irjen Firli memiliki rekam jejak yang bagus kala dirinya menjabat sebagai Kapolres dan Kapolda. Oleh sebab itu, jabatan Kabakarham tersebut merupakan reward bagi Irjen Firli.

"Pimpinan sangat tepat memberikan reward kepada Pak Firli menjadi Kabaharkam yang konsekuensinya yang tidak berapa lama lagi akan naik menjadi bintang tiga," ungkap Iqbal. "Terus juga beberapa Kapolda. Ini mekanisme wanjak tapi prinsipnya performa kerja, kredibilitas dan ini melalui wanjak."

Meski demikian, Iqbal masih belum bisa memastikan apa langkah selanjutnya yang akan diambil saat Irjen Firli dilantik sebagai Ketua KPK. Iqbal hanya menyebut bahwa hal itu akan diatasi sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

"Kita lihat nanti, ini kan baru dilantik. Biarkan beliau fokus melakukan upaya harkamtibmas," pungkas Iqbal. "Nanti akan tiba waktunya tentunya mekanisme yang berlaku diikuti."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru