Kenal Sejak SMP, Sandiaga Uno Akui Erick Thohir Berubah Usai Jadi Menteri
Nasional

Persahabatan Menteri BUMN Erick Thohir dan eks-Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno sudah terjalin sejak lama. Dalam sebuah program televisi, Sandiaga pun blak-blakan menyebut Erick sudah banyak berubah sejak menjadi menteri.

WowKeren - Beberapa waktu belakangan figur Menteri BUMN Erick Thohir terus menjadi sorotan publik Indonesia. Pasalnya Erick diketahui terus berlari kencang demi membenahi sengkarut di internal perusahaan pelat merah.

Gaya kepemimpinan dan komunikasi sang menteri pun turut menarik perhatian masyarakat. Termasuk di antaranya mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno yang notabene merupakan kawan lama Erick.


Lantas bagaimana pandangan Sandiaga terhadap sosok Erick saat ini? Disampaikan kala menjadi narasumber di program talkshow "Mata Najwa" edisi Rabu (4/12), Sandiaga menilai Erick sudah banyak berubah kendati baru hampir dua bulan menjabat sebagai menteri.

Sandiaga mengaku kaget dengan perubahan sikap dan cara bicara Erick. Bahkan Sandiaga menilai gaya bicara Erick sudah selayaknya politikus. Padahal, imbuh Sandiaga, sebelumnya Erick dikenal kurang cakap dalam merangkai kata-kata.

Awalnya Sandiaga mengaku sudah mengenal Erick sejak masih SMP. "Mungkin sejak main basket, SMP, kami kenal main basket sama-sama," kata Sandiaga ketika ditanya oleh Najwa Shihab. Pernyataan Sandiaga ini pun dibenarkan oleh Erick.

Sudah kenal sejak lama, Sandiaga pun mengakui bahwa Erick merupakan sosok yang tepat untuk menjadi Menteri BUMN. Namun demikian, Sandiaga blak-blakan menyebut Erick sejatinya tak betul-betul menikmati jabatan barunya. Pasalnya, menurut Sandiaga, Erick lebih menyukai lingkup pekerjaan di luar pemerintahan.

"Bro menteri ini kalau dibuka, dibelah dadanya, sama seperti sebelum-sebelumnya, orangnya enggak berubah," kata Sandiaga, dilansir dari Suara, Kamis (5/12). "Inginnya ada di luar pemerintahan, di luar politik."

"Tapi sekarang kan tugas negara," imbuhnya. "Jadi ini tugas yang sudah diamanahkan kepada dia. Jadi saya ucapkan selamat kepada Erick (untuk) mengemban amanah."

Namun demikian, Sandiaga juga mengingatkan agar Erick benar-benar serius menyikapi amanah yang diembannya. Karena BUMN berbeda dengan perusahaan pribadi, yang kalau rugi ditanggung sendiri. Ranah kerja Erick saat ini berhadapan dengan uang ratusan juta rakyat Indonesia.

Najwa pun kembali "memancing" Sandiaga, menanyakan apakah kawannya itu bertindak sesuai rambu yang benar atau sekadar pencitraan. "Enggak, saya kenal dia sudah lama. Dia itu orang yang enggak terlalu pencitraan," tegas Sandiaga.

"Tapi ya, yang (bikin) saya kaget, tadi saya lihat, ini sudah (gaya) politikus. Bicaranya canggih banget begitu," sambung Sandiaga. "Bicaranya saya kaget. Erick yang saya kenal itu lebih patah-patah, sekarang pintar 'berdansa'."

You can share this post!

Related Posts