Pemkot Bandung Gusur Warga Hingga Gunakan Gas Air Mata, #TamansariMelawan Trending
Nasional

Warga dan massa aksi solidaritas di Tamansari, Bandung, Jawa Barat dikabarkan menjadi korban tindakan represif aparat yang hendak menggusur daerah tersebut. Aksi ini pun membuat warganet mengamuk dan menggemakan tagar berikut.

WowKeren - Terkadang rencana pembangunan suatu daerah membutuhkan lahan yang telah dikuasai oleh masyarakat secara ilegal. Menghadapinya terkadang pemerintah setempat harus mengambil langkah nekat seperti menggusur warga.

Hal itulah yang coba dilakukan oleh Pemerintah Kota Bandung, Jawa Barat di daerah Tamansari. Sayangnya usaha penggusuran ini diiringi dengan tindakan represif aparat yang sukses memancing amarah masyarakat.


Dilansir dari akun Twitter @JDAgraria yang aktif menggalang dana untuk membantu warga korban penggusuran, begini kronologi penertiban oleh aparat. Penggusuran berawal dari pemberitahuan oleh Pemkot Bandung pada Rabu (11/12) sore yang sayangnya tidak mencantumkan informasi detail.

Lalu tiba-tiba pada Kamis (12/12) pagi, Pemkot Bandung mendadak menyatakan akan mengeksekusi penggusuran hari itu juga. Tak main-main, aparat turut mengerahkan intel hingga preman untuk memuluskan penggusuran.

Lalu aparat Satpol PP juga bergabung dalam penggusuran itu sekitar pukul 09.10 WIB. Satpol PP memaksa masuk ke pemukiman dan di sinilah mereka melakukan tindakan represif. Aparat pun menambah pasukannya dengan menghadirkan sekitar 50 orang beserta dengan instrumen Dalmas-nya.

"09.24 wib. Satpol PP membongkar kontrakan Pak Sambas," tulis @JDAgraria. "10.00 wib. Anggota Dalmas polisi semakin banyak berdatangan. Sedangkan di dalam pemukiman puluhan anggota Satpol PP mengeluarkan barang-barang dari rumah warga."

Twitter/JDAgraria

Beruntung warga mendapatkan bantuan dari massa aksi solidaritas, yang sayangnya justru membuat aparat semakin meradang. Dilaporkan aparat memukuli massa aksi solidaritas, bahkan tiga di antaranya sempat ditangkap meski kini dibebaskan kembali.

Proses penggusuran berlanjut walau Satpol PP tak dibekali dengan surat tugas. Bahkan aparat tak ragu menggunakan gas air mata untuk memukul mundur warga yang menolak penggusuran.

Pemkot Bandung Gusur Warga Hingga Gunakan Gas Air Mata, #TamansariMelawan Trending-1

Twitter

Tak ayal kejadian ini membuat masyarakat Indonesia berang. Dukungan pun diberikan lewat tagar #TamansariMelawan yang pada Kamis pukul 19.52 WIB berada di posisi puncak Trending Topic Indonesia.

Pemkot Bandung Gusur Warga Hingga Gunakan Gas Air Mata, #TamansariMelawan Trending-2

Twitter

Hingga berita ini ditulis belum ada keterangan resmi, baik dari perwakilan warga, massa aksi, aparat, maupun Pemkot Bandung. Namun demikian, dikabarkan banyak warga dan pedagang setempat yang menjadi korban tindakan represif aparat.

You can share this post!

Related Posts