Wantimpres Resmi Dilantik, Ada Wiranto Sampai Orang Terkaya ke-7 RI
Nasional

Jokowi menunjuk 9 orang menjadi Dewan Pertimbangan Presiden periode 2019-2024. Melibatkan politikus hingga pengusaha, Jokowi pun menunjuk Wiranto untuk menjadi Ketua Wantimpres.

WowKeren - Presiden Joko Widodo hari ini (13/12) resmi melantik Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) yang akan mendampingi kinerjanya selama lima tahun ke depan. Wantimpres ini sendiri merupakan lembaga kerja non-struktural yang dibentuk sejak era pemerintah Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Total ada sembilan tokoh senior yang ditunjuk Jokowi untuk menjadi Wantimpres. Kesembilan tokoh itu resmi dilantik di Istana Kepresidenan, Jakarta.


Terkait dengan Wantimpres pilihan Jokowi ini, seperti biasa, sang presiden kembali memilih dari berbagai kalangan. Tercatat mulai dari politikus, mantan menteri, pengusaha, hingga tokoh agama dipilih Jokowi untuk memberikannya pertimbangan dan nasihat dalam memajukan Indonesia.

Berikut adalah sosok-sosok yang resmi dilantik menjadi Wantimpres oleh Jokowi:

  1. Wiranto, yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Menko Polhukam. Selain itu Wiranto juga merupakan kalangan politikus mengingat latar belakangnya sebagai eks Ketum Hanura.
  2. Agung Laksono, yang merupakan tokoh senior Partai Golkar.
  3. Sidarto Danusubroto, merupakan politikus senior dari PDI Perjuangan. Sidarto sendiri sudah pernah menjabat sebagai Wantimpres di periode 2014-2019.
  4. Dato Sri Tahir, adalah pengusaha sekaligus pemilik Grup Mayapada. Tahir sendiri dikenal sebagai filantropis dan dinobatkan sebagai orang terkaya ke-7 di Indonesia tahun 2019.
  5. Putri Kus Wisnu Wardani, merupakan Komisaris Utama Mustika Ratu.
  6. Habib Luthfi Yahya, merupakan salah satu tokoh penting di ormas Islam Nahdlatul Ulama (NU). Sang habib pun pernah dinobatkan sebagai 500 muslim berpengaruh di dunia.
  7. Mardiono Bakar, merupakan Waketum PPP yang aktif menggalang dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf.
  8. Arifin Panigoro, merupakan pengusaha sekaligus pemilik grup Medco.
  9. Soekarwo, merupakan eks Gubernur Jawa Timur yang pernah menjabat dua kali.

Dari kesembilan tokoh tersebut, Jokowi pun menunjuk Wiranto untuk menjadi Ketua Wantimpres. "Mengangkat saudara Wiranto sebagai ketua merangkap anggota," demikian bunyi petikan Keppres yang dibacakan pada Jumat (13/12).

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru