Ikuti 8 Tips Ini Untuk Memilih High Heels Yang Nyaman Di Kaki, Dijamin Anti Pegal!
Lifestyle

Meskipun membuat kalian tampil cantik dan menawan, ternyata penggunaan sepatu high heels menyimpan beragam risiko kesehatan. Untuk itu kalian harus pandai mencari high heels yang tepat agar nyaman digunakan.

WowKeren - Pemakaian sepatu high heels saat ini masih menuai pro kontra. Sepatu ini diklaim menjadi sepatu yang tidak nyaman digunakan, apalagi dalam jangka waktu lama. Namun, high heels dapat menunjang penampilan seseorang, bahkan beberapa profesi seperti modeling mewajibkan pekerjanya untuk mengenakan sepatu high heels.

Beragam jenis sepatu high heels yang ada di pasaran, seperti stiletto, pump, atau wedges, dengan model dan warna yang cantik, tentunya membuat para wanita berlomba-lomba untuk mengoleksi dan menggunakannya. Wanita yang menggunakan sepatu high heels cenderung merasa lebih percaya diri dan terlihat menarik.


Meskipun membuat kalian tampil cantik dan menawan, ternyata penggunaan sepatu high heels menyimpan beragam risiko kesehatan. Mulai dari menimbulkan rasa tidak nyaman ketika dikenakan terlalu lama dan sering, meningkatkan risiko cedera kaki, hingga menyebabkan nyeri otot pada tungkai dan kaki. Untuk itu kalian harus pandai mencari high heels yang tepat agar nyaman digunakan.

Penasaran apa saja tipsnya? Berikut tim WowKeren rangkum 8 tips memilih high heels agar tetap nyaman di kaki. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Usahakan Beli Sepatu di Malam Hari Ya


Usahakan Beli Sepatu di Malam Hari Ya

Entah ini mitos atau bukan, namun beberapa orang sudah membuktikan hal tersebut loh. Ukuran kaki bisa mengalami perubahan seiring dengan kegiatan yang kita lakukan sepanjang hari. Saat pagi hari, ukuran kaki akan cenderung lebih kecil karena belum banyak digunakan beraktivitas. Sementara pada sore atau malam hari, kaki akan mempunyai ukuran yang lebih besar.

Nah, agar sepatu high heels yang akan kita beli tetap terasa nyaman saat ukuran kaki membesar, sebaiknya pilih waktu malam hari untuk membeli sepatu. Selain itu, ukuran yang lebih besar bisa membuat ruang kaki menjadi lebih banyak dan lebih nyaman digunakan.

2. Ingat, Selalu Pastikan Ukuran Sepatu Tepat


Ingat, Selalu Pastikan Ukuran Sepatu Tepat

Kadang banyak orang yang rela membeli high heels dengan ukuran yang kekecilan atau kebesaran hanya karena model yang cantik dan susah ditemukan. Padahal, ukuran high heels yang tidak pas akan berpengaruh buruk untuk kaki.

High heels yang kekecilan akan membuat kaki lebih mudah mengalami lecet. Sementara high heels yang kebesaran akan membuat kaki kita melorot saat berjalan sehingga menimbulkan tekanan yang lebih besar di ujung jari kaki kita. Karena itu, tips memilih high heels yang nyaman kedua adalah pilih sepatu dengan ukuran yang pas.

3. Pilihlah Tinggi Heels Yang Sesuai Dengan Kebutuhan


Pilihlah  Tinggi Heels Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Sepatu high heels dengan hak 10-12 cm boleh-boleh saja pakai untuk tujuan tertentu, seperti ke pesta contohnya. Namun untuk sehari-hari silakan pilih sepatu dengan heels pendek. Pilih tinggi hak sepatu sekitar 2 cm atau lebih pendek lagi, usahakan juga pilih ujung heels yang lebar, jangan yang terlalu runcing.

Hak yang tipis seperti pada sepatu hak tinggi stiletto dapat membuat beban pada kaki, betis dan paha jadi makin berat. Jenis stiletto akan membuat kalian tidak nyaman sementara heels 7 cm atau lebih dapat memperpendek Achilles tendon.

4. Selalu Cari Sepatu Berbahan Lembut Dan Bukan Yang Kaku Di Kaki


Selalu Cari Sepatu Berbahan Lembut Dan Bukan Yang Kaku Di Kaki

Saat memilih sepatu heels, bahan dari sepatu itu juga berpengaruh pada kenyamanan loh. Tak hanya bahan bagian dalamnya saja, namun juga bagian luarnya. Saat ini kita bisa dengan mudah menemukan high heels yang terbuat dari berbagai bahan. Supaya kaki lebih nyaman, sebaiknya pilih high heels dengan bahan yang lembut.

Hindari high heels yang terbuat dari bahan kaku dan tidak fleksibel karena bisa membuat kaki menjadi lecet. Selain itu, bahan heels yang kaku juga akan susah untuk menyesuaikan bentuk kaki kita sehingga saat digunakan terlalu lama akan menimbulkan rasa sakit.

5. Coba Untuk Tes Jalan di Lantai Yang Keras Saat Membeli Sepatu


Coba Untuk Tes Jalan di Lantai Yang Keras Saat Membeli Sepatu

Kita mungkin tidak menyadari kalau kebanyakan toko sepatu menggunakan karpet sebagai dekorasi di bagian lantai. Penggunaan karpet bukan semata-mata untuk memberi keindahan, tapi juga mempengaruhi kenyamanan saat kita mencoba sepatu.

Agar tidak menyesal, sebaiknya coba tes kenyamanan high heels yang hendak dibeli dengan berjalan di lantai yang keras. Ini akan menjadi latihan saat kalian memakai sepatu itu nantinya. Kalian akan lebih merasakan kenyamanan sepatu tersebut ketika mencoba berjalan di lantai yang keras.

6. Pilih Ujung Sepatu Yang Lebar Untuk Membuat Ruang Kaki Lebih Luas


Pilih Ujung Sepatu Yang Lebar Untuk Membuat Ruang Kaki Lebih Luas

Sedapat mungkin, hindari sepatu high heels dengan ujung runcing. Disarankan untuk memilih sepatu yang yang memiliki ruang di ujung jari kaki. Sebaiknya, jangan gunakan sepatu yang menimbulkan rasa nyeri di bagian ujung atau pun pinggiran jari kaki.

Jika benar-benar menginginkan sepatu dengan ujung runcing, cobala memilih sepatu dengan satu nomor lebih besar. Hal ini supaya jari kaki kalian tidak berhimpitan di ujung sepatu yang malah akan membuat lecet di mana-mana.

7. Pakai In-sole Dan Cushion Pad Dalam Sepatu Agar Kaki Senantiasa Nyaman


Pakai In-sole Dan Cushion Pad Dalam Sepatu Agar Kaki Senantiasa Nyaman

Kini tersedia berbagai jenis bantalan alas kaki. Untuk sepatu high heels, kalian dapat memanfaatkan bantalan alas kaki silikon yang empuk. Bantalan tersebut cukup diselipkan pada telapak kaki bagian depan untuk meredam tekanan.

Selain itu, alas bagian belakang sepatu yang empuk juga bisa mengurangi dampak pegal atau nyeri pada bagian tumit kaki kalian. Lalu untuk mengurangi rasa pegal pada bagian depan saat pakai sepatu hak tinggi, kalian bisa gunakan cushion pad. Kedua alat tersebut berfungsi untuk meringankan beban kaki saat berjinjit dan berjalan menggunakan heels.

8. Sesekali Luangkan Waktu Untuk Peregangan Jika Kaki Terasa Pegal


Sesekali Luangkan Waktu Untuk Peregangan Jika Kaki Terasa Pegal

Sebelum atau sesudah menggunakan high heels, kalian dapat menggunakan waktumu untuk sekadar meregangkan otot-otot kaki agar lebih rileks. Hal ini karena menggunakan high heels dalam jangka waktu tertentu pastilah membuat kaki merasa lelah, sehingga perlu dilakukan peregangan agar tidak kaku dan terhindar dari kram.

Sisihkan waktu setiap kali terasa pegal untuk melemaskan otot dan kaki yang kaku. Salah satu cara meregangkan kaki adalah dengan menaruh pensil di lantai dan coba mengambilnya menggunakan jari kaki.

Intip juga bagaimana menentukan ukuran sepatu yang pas saat membeli di toko online di sini. Simak juga bagaimana caranya merawat sepatu kulit dengan benar di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait