Birthday Spotlight: Happy Taecyeon Day
Selebriti
Birthday Spotlight

Birthday Spotlight pekan ini mengulas tentang salah satu member 2PM, Taecyeon yang berulang tahun pada 27 Desember. Rapper 2PM itu berusia 31 tahun menurut perhitungan internasional.

WowKeren - Rubrik Birtday Spotlight kembali hadir untuk mengulas salah satu member 2PM, Taecyeon yang berulang tahun pada 27 Desember kemarin. Tim WowKeren akan membahas secara mendalam tentang perjalanan karir rapper dengan nama asli Ok Taecyeon ini.

Taecyeon lahir di Seoul pada 27 Desember 1988. Secara luas ia dikenal sebagai penyanyi rap, penyanyi, penulis lagu, aktor, dan wirausaha di Korea Selatan. Selain itu ia juga adalah rapper utama dari grup 2PM Korea Selatan.


Tak hanya meniti karier dalam dunia tarik suara, Taecyeon juga sering malang melintang di beberapa drama hits yang sukses mengantarkan namanya meraih penghargaan. Bagaimanakah perjalanan karir sosok yang satu ini? Yuk intip ulasan yang telah tim WowKeren rangkum berikut!

(wk/putr)

1. Pra Debut


Pra Debut

Taecyeon diketahui lahir di Seoul, Korea Selatan. Namun ia dan keluarganya bermigrasi ke Bedford, Massachusetts, pada umur 10 tahun. Kakak perempuannya yang bernama Jihyen, merupakan orang yang pertama kali mengusulkan Taecyeon untuk mengikuti audisi JYP Entertainment.

Taecyeon awalnya menolak usulan kakaknya tersebut, namun ia akhirnya mengirim video audisi ke agensi besutan Park Jin Young itu. Pada ulang tahunnya yang ke-17, Taecyeon dan keluarga pindah ke Kota New York. Seminggu kemudian ia dipilih menjadi finalis 35 besar dan mendapat panggilan untuk pergi ke Korea Selatan untuk melangkah lebih jauh dalam kompetisi.

Pada awalnya Taecyeon audisi untuk menjadi model, tetapi para juri menyarankan agar ia mencoba menari dan menyanyi. Ia akhirnya terpilih sebagai salah satu dari belasan finalis, termasuk rekan satu grupnya di masa depan Junho dan Chansung untuk bersaing dalam acara Superstar Survival.

Taecyeon tinggal di Massachusetts selama tujuh tahun dan mengenyam pendidikan di Bedford High School, sebelum kembali untuk mengejar karirnya di Korea. Taecyeon dipindahkan ke Young Dong High School di Seoul dan kemudian belajar Administrasi Bisnis di Universitas Dankook dan menghadiri Sekolah Studi Internasional Pascasarjana Universitas Korea.

2. Debut


Debut

Pada tahun 2008 Taecyeon tampil menjadi kontestan dalam acara Mnet bertajuk "Hot Blood Men". Dalam acara itu ia mengikuti pelatihan ekstrim dengan 13 trainee untuk menjadi anggota boy grup "One Day".

Grup ini kemudian menelurkan dua boy grup bernama 2AM dan 2PM. Taecyeon kemudian menjadi anggota tetap dalam grup 2PM. Enam bulan setelah "Hot Blood Men" ditayangkan di TV, 2PM memulai debutnya dengan single pertama mereka bertajuk "10 Points out of 10 Points" dari EP pertama mereka bertajuk "Hottest Time of the Day".

3. Puncak Karir


Puncak Karir

Bersama dengan 2PM, Taecyeon mencapai puncak karirnya pada tahun 2009 di mana mereka tampil dan mendapat penghargaan sebagai Best Male Group dan Artist of the Year dalam Mnet Asian Music Awards 2009 (MAMA 2009). Penghargaan itu merupakan salah satu dari tiga penghargaan paling bergengsi di acara itu.

Pada akhir November 2009, 2PM meraih peringkat pertama mereka di sebuah acara musik TV "Music Bank" dengan "Heartbeat", yang kemudian disusul dengan berbagai penghargaan lain seperti "Triple Crown" karena menempati posisi pertama selama tiga minggu.

Pada 30 Desember 2009, lagu 2PM "Again & Again" diakui sebagai "Song of the Year" dalam KBS Gayo Daechukje 2009 karena menang dengan 57.060 suara. 2PM kemudian makin berjaya dan sukses membawa pulang banyak penghargaan baik dalam maupun luar negeri.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Pada tahun 2010 Taecyeon melakukan debut aktingnya di drama besutan KBS bertajuk "Cinderella's Sister" bersama Moon Geun Young dan Chun Jung Myung. Dia kemudian membintangi drama SMA "Dream High, yang menerima peringkat domestik tinggi serta popularitas internasional.

Pada September 2011, FujiTV mengumumkan bahwa Taecyeon akan menjadi pemain di drama hari Minggu mereka bertajuk "Boku to Star no 99 Nichi" bersama dengan aktor Jepang Nishijima Hidetoshi dan aktris Korea Selatan Kim Tae Hee. Ini adalah peran reguler pertamanya di sebuah drama Jepang.

Pada Februari 2013, diumumkan bahwa Taecyeon akan menjalin hubungan virtual dengan aktris Taiwan Emma Wu dalam Global Edition dari reality show "We Got Married". Pada tahun yang sama, ia membuat debut filmnya dalam "Marriage Blue" dan menyusun 2 lagu untuk mengisi OST film tersebut.

Pada tahun 2014, ia bergabung dengan variety show memasak tvN berjudul "Three Meals a Day" yang disutradarai oleh Na PD. Dia kemudian bergabung kembali untuk musim kedua pada tahun 2015 dan banjir pujian karena penampilannya yang rajin dan kepribadiannya yang santai di acara itu.

Ia kemudian kebanjiran tawaran untuk membintangi banyak drama setelah itu. Terakhir, pada tahun 2017, ia membintangi film thriller misteri bertajuk "House of the Disappeared" dengan aktris veteran Kim Yunjin dan kemudian membintangi drama thriller OCN "Save Me" bersama Seo Ye Ji sebelum berangkat wamil.

5. Kontroversi


Kontroversi

Selama menjalani karirnya sebagai selebriti, Taecyeon dikenal sebagai artis yang bebas dari skandal. Bahkan Taecyeon banjir pujian karena rela melepaskan kewarganegaraan Amerika Serikat-nya dan menjadi warga Korea Selatan untuk mengikuti pelatihan wajib militer.

Namun, pada tahun 2011, Taecyeon pernah terlibat isu kencan dengan salah satu member Girls' Generation saat itu, Jessica. Taecyeon tertangkap kamera sedang berkencan dengan pemilik nama asli Jessica Jung itu di sebuah kedai kopi.

Pada tahun 2013, isu Jessica dan Taecyeon telah resmi pacaran kembali beredar. Hal itu karena Taecyeon dan Jessica, terlihat secara diam-diam bertemu di Jepang. Salah satu media di Negeri Sakura sempat mengabadikan saat-saat Taecyeon dan Jessica bertemu.

Namun, Taecyeon dan Jessica tetap bersikeras jika mereka tak memiliki hubungan sama sekali dan mengaku mereka bertemu secara tak sengaja. "Kami bertemu secara tak sengaja di kafe. Jadi, tak ada salahnya mengajak Jessica untuk minum bareng," kata Teacyeon dilansir dari KPopstarz.

Hal tersebut juga diamini Jessica. "Taecyeon dan aku hanya berteman biasa, tak lebih dari itu. Jujur saja, saya tak pernah berpikir bisa jadian dengan Taecyeon karena saya tak bisa melupakan cinta pertama saya," kata Jessica.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Taecyeon menjalankan pelatihan militernya pada 4 September 2017 dan menyelesaikannya pada 16 Mei 2019 dengan hasil memuaskan. Ia kemudian kembali menghibur penggemarnya lewat beberapa kegiatan.

Belum ada rencana pasti mengenai promosi Taecyeon bersama 2PM mengingat para member 2PM yang lain juga masih menjalani pelatihan wajib militer. Taecyeon saat ini terlihat lebih fokus pada karir aktingnya sembari menunggu rekan satu grupnya merampungkan wamil.

Pada tahun 2020, Taecyeon mendapat tawaran dan akhirnya dikonfirmasi untuk membintangi drama misteri bertajuk "The Game: Towards Midnight". Dalam drama tersebut ia akan bersatu kembali dengan aktris Lee Yeon Hee yang juga membintangi film "Marriage Blue" bersamanya. Ini adalah peran akting pertamanya sejak keluar dari militer.

You can share this post!

Related Posts