Cuaca Dingin Gampang Bikin Lapar? Nikmati Saja 8 Makanan yang Cocok Dikonsumsi Saat Hujan Ini
Kuliner

Saat hujan dan ketika cuaca sedang dingin-dinginnya, kita cenderung mudah merasa lapar. Nah jika kamu sering mengalaminya dan bingung mau makan apa saat hujan, tidak ada salahnya mencoba 8 makanan yang tim WowKeren rekomendasikan ini.

WowKeren - Setelah memasuki musim penghujan, cuaca berubah jadi lebih dingin terutama di malam hari. Hal ini membuat tubuh lebih rentan terserang berbagai macam penyakit, mulai dari flu hingga demam berdarah.

Tidak hanya itu, sebab kita jadi cepat lapar daripada biasanya dan nafsu makan cenderung meningkat. Secara fisiologis, makan bisa membantu menghangatkan tubuh karena terjadi sedikit peningkatan metabolisme.


Meskipun suhu tidak terlalu rendah, otak biasanya memberi sinyal bahwa hujan berarti dingin dan membuat kita merasa tidak nyaman. Hal inilah yang kemudian memicu diri kita untuk memakan sesuatu yang hangat dan enak.

Nah, jika kamu sering banget merasa lapar saat hujan dan kebingungan mau makan apa, tim WowKeren telah merangkum beberapa makanan yang pas banget disantap saat musim hujan. Mau tahu apa saja itu? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Sup Ayam, Makanan Hangat yang Pas Banget Disantap Saat Hujan


Sup Ayam, Makanan Hangat yang Pas Banget Disantap Saat Hujan
Shutterstock

Tidak sedikit rumah sakit yang menjadikan sup ayam menu wajib bagi para pasien. Hal ini disebabkan karena sup ayam bisa menjaga kondisi tubuh dan baik untuk proses pemulihan saat terserang penyakit. Di samping itu, sup ayam sangat nikmat disantap saat musim hujan, apalagi saat cuaca sedang dingin. Karena selain bisa menghangatkan tubuh sup ayam juga mampu mengatasi hidung tersumbat, penyakit yang rentan menyerang di musim hujan.

Menariknya lagi, sup ayam mengandung berbagai bahan yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Mulai dari bawang putih yang mampu melawan bakteri dan infeksi karena mengandung allicin di dalamnya. Ada juga kentang yang bisa menjadi sumber karbohidrat sehingga akan membuat kita lebih berenergi saat beraktifitas. Sedangkan berbagai sayuran seperti wortel, kol dan buncis kaya akan serat yang sangat baik untuk pencernaan.

2. Bakso, Makanan Lezat yang Nikmat Banget Disantap Saat Hujan


Bakso, Makanan Lezat yang Nikmat Banget Disantap Saat Hujan
Instagram/sbyfoodhunter

Bakso kerap jadi primadona makanan di saat hujan. Bagaimana tidak? Rasa dagingnya yang enak dan lembut ditambah dengan kuah hangatnya yang nikmat, membuat bakso selalu jadi penyelamat kala lapar menyerang saat hujan. Lebih mantap lagi bila menyantap bakso dengan kuah hangat yang super pedas, ampuh membuat harimu tidak dingin lagi!

Menariknya lagi, salah satu makanan favorit banyak orang Indonesia ini mudah ditemui di mana saja. Misalnya ketika kamu sedang di rumah atau kos dan turun hujan, biasanya akan ada pedagang bakso keliling yang sedang lewat. Atau saat kamu sedang kehujanan di jalan, di pinggir-pinggir jalan biasanya juga banyak penjual bakso.

3. Makan Soto di Kala Hujan Akan Menghangatkan Tubuh


Makan Soto di Kala Hujan Akan Menghangatkan Tubuh

Soto dikenal sebagai salah satu makanan berkuah yang lezat di Indonesia. Karena itulah berbagai daerah memiliki variasi dari makanan berkuah kuning ini. Tapi umumnya, soto dimasak menggunakan kunyit dan jahe. Dan biasanya masakan dengan jahe sangat cocok disantap saat hujan atau ketika cuaca sedang dingin.

Selain itu, kuahnya yang hangat akan terasa sangat nikmat saat berpadu dengan gurihnya koya. Belum lagi potongan telur, daging ayam maupun daging sapi yang ditambahkan di dalamnya tentu menjadikan soto terasa lebih nikmat. Belum lagi jika kita menambahkan taburan potongan daun selederi dan daun bawang sebagai penyedap. Karena itulah seporsi soto hangat jadi salah satu hidangan ternikmat yang cocok disantap saat hujan.

4. Tongseng Sangat Mantap Dinikmati Saat Hujan, Bisa Menghangatkan Tubuh!


Tongseng Sangat Mantap Dinikmati Saat Hujan, Bisa Menghangatkan Tubuh!
https://www.masakapaya.com/

Tongseng adalah makanan semacam gulai namun menggunakan bumbu yang lebih tajam. Tongseng terbuat dari daging kambing yang ditumis dengan beragam sayuran seperti kol, bawang, tomat yang ditambah dengan bumbu dan kecap. Daging kambing sendiri dipercaya mampu menghangatkan tubuh, sehingga pas banget dinikmati saat cuaca dingin atau ketika hujan.

Kuliner yang dianggap sebagai makanan khas Jawa Tengah, khususnya Solo ini memiliki kuah kental kaya rasa yang meresap sempurna ke dagingnya. Untuk membuatnya semakin nikmat, kamu bisa menambahkan irisan kol dan cabai rawit. Tapi kalau tidak suka dengan daging kambing, kamu bisa menggantinya dengan daging ayam atau daging sapi.

5. Rasa Rawon yang Gurih Akan Menghangatkan Tubuhmu di Musim Hujan


Rasa Rawon yang Gurih Akan Menghangatkan Tubuhmu di Musim Hujan
Instagram/sam_kuliner

Makanan yang cocok dinikmati saat hujan lainnya adalah rawon. Makanan khas Jawa Timur ini merupakan sejenis sup daging dengan kuah berwarna cokelat kehitaman. Warna pekatnya itu berasal dari kluwek, biji yang berasal dari tanaman kepayang. Nah kluwek itulah yang memberikan citarasa serta aroma rawon yang sedap dan gurih.

Di balik warnanya yang pekat, rawon mengandung banyak vitamin C dan zat besi. Vitamin C dikenal sebagai sumber antioksidan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak rentan sakit dan terserang virus, terutama di musim hujan seperti saat ini. Selain itu, kluwek memiliki sifat antiseptik dan tanin atau zat antimikroba yang ampuh untuk menyehatkan sistem pencernaan dan menawar racun.

6. Saat Hujan Paling Enak Makan Mi Rebus, Segar dan Menghangatkan


Saat Hujan Paling Enak Makan Mi Rebus, Segar dan Menghangatkan

Mi rebus jadi salah satu primadona makanan yang cocok banget dinikmati saat sedang hujan. Meskipun terkesan sederhana, mi rebus memiliki rasa yang nikmat dan gurih. Kuahnya yang menggugah selera juga mampu menghangatkan tubuh. Untuk melengkapi gizinya, tambahkan telur, sosis atau sayuran ke dalam mi rebus yang kamu masak. Dengan demikian, kamu akan mendapat asupan karbohidrat, protein dan vitamin sekaligus dalam satu mangkuk. Tapi ingat, jangan terlalu sering makan mi ya, tidak baik untuk kesehatan!

7. Ingin Menikmati Makanan Hangat Saat Hujan? Coba Saja Sup Labu


Ingin Menikmati Makanan Hangat Saat Hujan? Coba Saja Sup Labu
PxHere

Sup labu adalah salah satu makanan yang jadi pilihan banyak orang di musim hujan. Labu yang kaya akan vitamin A dan antioksidan seperti litein dan karoten sangat cocok untuk dinikmati saat hujan. Karena selain dapat menghangatkan tubuh, sup labu juga bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama karena kandungan seratnya yang tinggi.

Kita bisa menambahkan sedikit kayu manis dan pala untuk membuat sup labu yang lebih lezat. Dan buat kamu yang suka banget sama pedas, jangan lupa untuk menambahkan cabai rawit ke dalam sup labu buatanmu ya.

8. Laksa Hangat Juga Sangat Pas Dinikmati Saat Hujan atau Ketika Cuaca Sedang Dingin


Laksa Hangat Juga Sangat Pas Dinikmati Saat Hujan atau Ketika Cuaca Sedang Dingin
Instagram/yopiefranz

Laksa merupakan kuliner yang merupakan hasil dari perpaduan Tionghoa dan Melayu. Salah satu varian laksa yang paling populer adalah laksa Betawi. Laksa Betawi memiliki citarasa yang berbeda dengan laksa di daerah lain. Meskipun kuahnya terlihat sama yakni berwarna kuning, kuah laksa Betawi umumnya memakai udang rebon sehingga menimbulkan rasa gurih yang nikmat. Laksa Betawi biasanya berisi telur, ketupat, tauge pendek, daun kemangi serta kucai yang lazimnya dikonsumsi dengan semur Betawi.

Ada juga laksa Bogor yang tak kalah nikmat, sebab kuahnya yang kental berasal dari potongan oncom. Isiannya terdapat ketupat, bihun, tauge panjang, suwiran daging ayam, udang serta telur rebus yang umumnya dikonsumsi dengan sambal cuka. Dengan komposisi tersebut, semangkuk laksa hangat akan sangat pas dinikmati ketika hujan.

Demikian delapan makanan hangat yang cocok dinikmati saat hujan yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui beberapa minuman yang cocok dinikmati saat musim hujan. Selain itu kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui delapan aplikasi yang sangat bermanfaat di musim hujan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel