8 Aplikasi Android Ini Bakal Sangat Berguna di Musim Hujan, Sudah Punya?
Tekno

Hujan adalah berkah, namun tidak jarang kita dibuat kesal karena hujan yang datang tiba-tiba hingga mengganggu aktivitas harian. Nah, salah satu cara untuk menghadapi musim hujan adalah dengan memanfaatkan beberapa aplikasi di smartphone ini.

WowKeren - Setelah mengalami musim kemarau yang cukup panjang, beberapa wilayah di Indonesia akhirnya diguyur hujan deras. Karena itu ada banyak sekali warga yang bahagia dan bersyukur atas berkah dari Tuhan ini.

Namun tidak dapat dipungkiri jika musim hujan kadang cukup merepotkan bagi beberapa orang yang beraktivitas di luar rumah. Sebab hujan bisa berpengaruh pada kelancaran aktivitas sehari-hari. Tak jarang pula kita dibuat kesal karena ada banyak hal yang berjalan tak sesuai jadwal karena hujan yang datang tiba-tiba.


Tapi tenang, ada banyak sekali cara agar kita bisa melalui musim hujan dengan mudah sehingga tidak terlalu kesal. Salah satunya adalah dengan menggunakan smartphone. Sebab di dalam smartphone ada banyak sekali aplikasi bermanfaat yang bisa membantu kita menghadapi musim hujan. Mau tahu aplikasi apa saja itu? Simak informasinya berikut ini.

1. Kamu Harus Punya Aplikasi Prakiraan Cuaca yang Sangat Bermanfaat di Musim Hujan


Kamu Harus Punya Aplikasi Prakiraan Cuaca yang Sangat Bermanfaat di Musim Hujan

Aplikasi pertama yang harus banget kamu miliki adalah Prakiraan Cuaca. Biasanya ponsel pintar telah menyematkan aplikasi satu ini dan kita hanya harus melakukan pengaturan sesuai tempat domisili. Tapi jika kamu belum memilikinya, download saja di Google Play Store karena ada banyak sekali aplikasi prakiraan cuaca.

Aplikasi ini sangat penting, karena dengan mengetahui prakiraan cuaca kalian bisa tahu apa yang akan terjadi di sekitar rumah. Sehingga kalian tahu kapan akan terjadi hujan. Jika sudah demikian, kalian bisa mempersiapkan apa yang harus dibawa saat keluar rumah, seperti payung atau jas hujan.

2. Download Info BMKG, Aplikasi yang Bermanfaat Banget Saat Musim Hujan


Download Info BMKG, Aplikasi yang Bermanfaat Banget Saat Musim Hujan

Aplikasi Info BMKG adalah aplikasi yang sangat penting dan wajib banget kamu miliki, apalagi saat musim hujan seperti saat ini. Aplikasi ini menyajikan berbagai data lengkap tentang perkiraan cuaca yang yang berasal dari BMKG Pusat di Jakarta dan BMKG seluruh Indonesia.

Selain memberikan informasi soal cuaca dan iklim, Info BMKG juga memberikan informasi tentang kualitas udara, gempa bumi, press release maupun info teraktual dari BMKG. Sehingga, aplikasi satu ini wajib banget terinstal di smartphone kamu ya.

3. Miliki Aplikasi Siaga Banjir di Android yang Bisa Kamu Manfaatkan Saat Musim Hujan


Miliki Aplikasi Siaga Banjir di Android yang Bisa Kamu Manfaatkan Saat Musim Hujan

Siaga Banjir adalah aplikasi pemantau buatan anak negeri yang berguna untuk mengetahui keadaan sejumlah pintu air di wilayah DKI Jakarta. Karena itu, aplikasi ini berfungsi untuk memantau potensi banjir di suatu tempat karena saat musim hujan, ketinggian air di pintu-pintu air akan mengalami perubahan. Dengan demikian, aplikasi ini akan memberikan gambaran akan banjir atau tidak di suatu daerah.

Total ada 12 pintu air yang dipantau secara real time oleh aplikasi ini. Mulai dari pintu air Katulampa, Pesanggrahan, Angke Hulu, Cipinang Hulu, Angker Hulu, Depok, Manggarai, Karet, Waduk Pluit, Pasar Ikan, Pulo Gadung, dan Krukut Hulu. Pengguna aplikasi ini nantinya akan mendapat notifikasi jika ada potensi banjir di wilayah tertentu, sehingga bisa mencari alternatif jalan lain.

4. Menghadapi Musim Hujan Jadi Lebih Mudah dengan Mengunduh Waze


Menghadapi Musim Hujan Jadi Lebih Mudah dengan Mengunduh Waze

Waze adalah aplikasi bermanfaat berikutnya yang sebaiknya kamu miliki saat musim hujan tiba. Waze adalah komunitas aplikasi berbasis lalu lintas dan navigasi terbesar di dunia. Melalui aplikasi ini, kamu bisa mengetahui daerah mana yang banjir karena hujan dan menghindari wilayah tersebut dengan jalan alternatif yang telah disediakan.

Berbeda dengan aplikasi navigasi pada umumnya, Waze memberikan informasi dan peta berdasarkan masukan dari komunitas penggunanya. Sehingga informasi tentang kecelakaan, pemutakhiran peta, polisi dan bahaya berdasarkan kondisi nyata akan diberikan. Pengguna Waze juga bisa melakukan pemutakhiran peta hingga penambahan tempat dan jalan baru. Menarik banget kan?

5. Aplikasi Transportasi Online Akan Sangat Berguna di Musim Hujan Seperti Saat Ini


Aplikasi Transportasi Online Akan Sangat Berguna di Musim Hujan Seperti Saat Ini

Jika kalian tinggal di kota-kota besar, aplikasi transportasi online sepertinya sudah terpasang di Android kalian. Sebab aplikasi ini memiliki banyak sekali manfaat dan kegunaan. Apalagi saat musim hujan seperti ini, aplikasi transportasi online mungkin akan sangat kalian butuhkan.

Misalnya saat kamu ingin bepergian tapi hujan sedang deras-derasnya, kamu bisa langsung memesan jasa ojek atau taksi online. Selain itu, bagi kamu yang mager (malas gerak) mencari makan karena hujan, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi transportasi online yang ada di ponsel untuk memesan makanan. Adapun aplikasi transportasi online yang bisa kamu pilih adalah Gojek dan Grab.

6. Google Now, Aplikasi Bawaan Android yang Sangat Berguna di Musim Hujan


Google Now, Aplikasi Bawaan Android yang Sangat Berguna di Musim Hujan

Google Now adalah salah satu aplikasi bawaan Android yang sangat bermanfaat, apalagi di musim hujan seperti saat ini. Sebab aplikasi ini akan memberikan informasi yang berkaitan dengan kondisi di sekitar kalian. Mulai dari perkiraan cuaca, kondisi jalan raya, bahkan ada beberapa saran yang diberikan bagi kalian yang ingin menanyakan sesuatu.

Menariknya, aplikasi ini tidak terbatas untuk pengguna Android saja. Sebab para pengguna iOS juga bisa mengakses Google Now. Syaratnya, mereka harus mengaksesnya melalui Google Chrome.

7. Aplikasi Sosial Media Wajib Banget Dimiliki, Apalagi di Musim Hujan Seperti Saat Ini


Aplikasi Sosial Media Wajib Banget Dimiliki, Apalagi di Musim Hujan Seperti Saat Ini

Di era modern seperti saat ini, sebagian besar orang telah memiliki aplikasi jejaring sosial di ponselnya masing-masing. Sebab melalui aplikasi media sosial kita bisa tetap eksis dan terhubung dengan teman-teman.

Selain itu, aplikasi jejaring sosial juga memiliki beragam manfaat sebab bisa memberikan informasi yang penting untuk kita. Apalagi orang Indonesia biasanya sangat cepat dalam memberikan update tentang situasi di sekitarnya. Melalui berbagai aplikasi media sosial, kamu bisa memantau wilayah mana saja yang sedang dilanda hujan hingga menyebabkan kemacetan.

8. Aplikasi Game Bakal Sangat Bermanfaat untuk Kamu yang Terjebak Hujan


Aplikasi Game Bakal Sangat Bermanfaat untuk Kamu yang Terjebak Hujan

Terkadang ada momen saat kita terjebak hujan dan harus menunggunya hingga reda. Saat itu terjadi, biasanya kita akan merasa sangat bosan. Karena itu, ada baiknya untuk menghabiskan waktu dengan bermain game di smartphone. Sehingga aplikasi game wajib banget kalian miliki di musim hujan seperti saat ini. Hal ini tentu akan jauh lebih baik daripada marah-marah tidak jelas dan terus sebal karena hujan yang tak kunjung berhenti.

Demikian delapan aplikasi bermanfaat yang sebaiknya kamu miliki di musim hujan. Simak juga artikel ini untuk mengetahui beberapa cara mudah agar tetap sehat di musim pancaroba seperti saat ini. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui beberapa tips liburan asyik di musim hujan.

You can share this post!

Related Posts
Loading...