Pangeran Harry dan Meghan Markle Bakal Bayar Utang pada Rakyat Inggris Usai Copot Gelar
Selebriti

Sebelumnya, Harry dan Meghan memang mendapatkan kritik lantaran merenovasi rumah mereka di Frogmore dengan biaya 2,4 juta pound sterling (Rp42,6 miliar) yang berasal dari pajak rakyat Inggris.

WowKeren - Ratu Elizabeth II baru saja mengeluarkan pernyataan resmi terkait pencopotan gelar Pangeran Harry dan Meghan Markle, yang pekan lalu mengumumkan bahwa mereka memilih untuk keluar dari keanggotaan senior keluarga Kerajaan Inggris.

Dalam pengumuman yang dibagikan pada Sabtu (18/1) tersebut, sang Ratu mengklaim bahwa ia merestui keputusan Harry dan Meghan yang ingin melanjutkan hidup mereka secara mandiri dan lepas dari Kerajaan. Namun sebagai konsekuensinya, Harry dan Meghan harus melepas gelar HRH (His/Her Royal Highness) alias Yang Mulia.

Bukan cuma itu saja, dalam pengumuman ini Harry dan Meghan juga dipastikan akan mundur dari tugas-tugas kerajaan sepenuhnya, termasuk yang berkaitan dengan kegiatan kemiliteran. Pendanaan dari uang publik untuk keduanya pun dihentikan, yang berarti mereka tak lagi mendapatkan Sovereign Grant alias tunjangan dari pajak rakyat Inggris.

Tak lagi menyandang gelar HRH dan tidak berhak menerima tunjangan, Pangeran Harry dan Meghan rupanya berjanji mengembalikan biaya renovasi rumah mereka, Frogmore Cottage. Diketahui, renovasi tersebut telah memakan biaya sampai 2,4 juta pound sterling atau sekitar Rp42,6 miliar yang berasal dari pajak rakyat Inggris.

"Duke dan Duchess of Sussex berharap akan mengembalikan upah Sovereign Grant (yang digunakan) untuk biaya renovasi Frogmore Cottage, yang merupakan kediaman mereka di Inggris," bunyi pernyataan yang dikutip dari Marie Claire pada Senin (20/1).

Diketahui, kediaman Harry dan Meghan sendiri merupakan salah satu hunian mewah yang diberikan oleh Ratu Elizabeth sebagai hadiah pernikahan. Pangeran Harry dan Meghan juga sempat dicibir saat memutuskan untuk merenovasi rumah tersebut dan menghabiskan uang rakyat.


Photo-INFO

Kediaman Harry dan Meghan di Frogmore Cottage (Getty Images)

Bahkan menurut survei Daily Mail pada sejumlah masyarakat Inggris, sekitar 60 persen responden meminta Pangeran Harry dan Meghan mengembalikan uang sebesar 2,4 juta pound sterling yang digunakan untuk merenovasi rumah mereka.

"Hal ini menjadi masalah ketika uang sebanyak itu dikeluarkan untuk satu keluarga, satu pasangan, padahal banyak sekali orang di Inggris yang masih tak memiliki rumah. Sekitar 5.000 hingga 6.000 orang masih tidur di jalanan, dan kita membayar pajak untuk diberikan kepada keluarga yang memiliki hak istimewa seperti ini. Sungguh lucu!" tegas editor salah satu media di Inggris, Kevin McGuire.

Dengan ini, maka rakyat Inggris tak perlu lagi khawatir soal pajak mereka yang digunakan untuk renovasi hunian mewah pasangan yang menikah pada tahun 2018 tersebut.

Sementara itu, pencopotan gelar kerajaan akan mulai berlaku pada musim semi 2020, atau sekitar Maret-April tahun ini. Namun perlu dicatat, meski kehilangan gelar kerajaannya, Pangeran Harry dan Meghan Markle akan tetap dikenal sebagai Duke dan Duchess of Sussex. Harry juga masih berada di urutan keenam pewaris takhta Kerajaan Inggris.

Pangeran Harry dan Meghan Markle juga masih tetap bisa menjalin relasi dan membangun kerjasama dengan kegiatan sosial yang selama ini mereka naungi.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait