Bermasalah dengan Kulit Leher yang Gelap? Cerahkan Saja dengan 7 Bahan Alami Ini
Lifestyle

Leher yang gelap bisa mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Nah jika kamu ingin mengatasinya, tidak ada salahnya untuk mencerahkan leher gelap dengan beberapa bahan alami berikut ini.

WowKeren - Beberapa orang memiliki masalah leher yang lebih hitam jika dibandingkan dengan kulit wajah atau bagian lainnya. Kondisi ini tentu saja bisa mengganggu penampilan dan membuat seseorang merasa kurang percaya diri.

Kulit leher yang hitam sendiri biasanya disebabkan oleh seringnya terkena sinar matahari, polusi udara, pemakaian skin care yang tidak tepat, obesitas hingga diabetes. Dalam beberapa kasus, kulit leher yang gelap disebabkan oleh kebersihan yang buruk.

Apakah kamu sedang mengalami permasalahan ini? Jika iya, tetap tenang dan jangan khawatir. Sebab kamu bisa menggunakan beberapa bahan alami ini untuk mencerahkan leher yang gelap.

(wk/eval)

1. Lemon Bisa Digunakan Untuk Mencerahkan Kulit Leher yang Gelap


Lemon Bisa Digunakan Untuk Mencerahkan Kulit Leher yang Gelap
Unsplash/Han Lahandoe

Bahan alami pertama yang bisa kamu gunakan untuk mencerahkan kulit leher yang gelap adalah lemon. Menariknya lemon juga bisa berkhasiat mengecilkan pori-pori selain fungsinya untuk mencerahkan. Akan lebih baik jika kamu mengkombinasikan air lemon dan yoghurt untuk menyingkirkan kotoran dan kulit mati di leher dengan cepat.

Hal ini dikarenakan yoghurt mengandung enzim natural sedangkan air lemon mengandung acid yang jika dicampur bisa mencerahkan leher yang kusam. Cara membuatnya pun cukup mudah. Karena kamu hanya harus mencampur 1-2 sendok makan yoghurt dengan 1 sendok teh air lemon. Setelah itu oleskan pada leher dan diamkan selama 20 menit. Terakhir bersihkan lehermu dengan air.

2. Manfaatkan Kentang Untuk Mencerahkan Kulit Leher yang Menghitam


Manfaatkan Kentang Untuk Mencerahkan Kulit Leher yang Menghitam
Unsplash/Eiliv-Sonas Aceron

Kentang memiliki sejumlah manfaat, salah satunya adalah untuk mencerahkan kulit, termasuk bagian leher. Air kentang diketahui dapat mengatasi kulit kering, paparan sinar matahari dan mengangkat sel kulit mati yang bisa menyebabkan leher menggelap. Karena itulah jika kamu menggunakannya secara teratur, leher yang gelap akan perlahan menjadi lebih cerah.

Cara menggunakannya pun sangat mudah. Pertama parut kentang dan peras dengan baik untuk mengekstrak airnya. Setelah itu oleskan di leher dan biarkan mengering selama 10-15 menit. Jika sudah selesai bilas dengan air hangat dan lakukan secara rutin sebanyak satu atau dua kali sehari.

3. Ingin Mencerahkan Kulit Leher yang Gelap? Gunakan Saja Cuka Apel


Ingin Mencerahkan Kulit Leher yang Gelap? Gunakan Saja Cuka Apel

Bahan alami berikutnya yang bisa kamu manfaatkan untuk mencerahkan kulit leher yang gelap adalah cuka apel. Pasalnya cuka apel mampu menyeimbangkan level pH di kulit dan memberikannya warna cerah alami. Selain itu, cuka apel juga dapat menghilangkan sel kulit mati yang menumpuk di kulit. Sel kulit mati ini sendiri bisa membuat kulit terlihat lebih gelap dan kusam.

Kamu bisa menggunakan cuka apel sebagai toner untuk diaplikasikan pada kulit menggunakan kapas. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air. Setelah itu lembabkan leher dengan menggunakan lotion, karena cuka apel bisa membuat kulit menjadi kering.

4. Berbagai Kandungan Baik dalam Lidah Buaya Bisa Mencerahkan Leher yang Gelap


Berbagai Kandungan Baik dalam Lidah Buaya Bisa Mencerahkan Leher yang Gelap

Lidah buaya memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit, seperti aloesin dan flavonoid. Zat tersebut bisa menghambat aktivitas enzim yang menyebabkan pigmentasi pada kulit. Gel lidah buaya juga bisa menjaga kulit agar tetap terhidrasi dan bernutrisi karena mengandung asam lemak esensial, vitamin dan mineral.

Cara memanfaatkannya pun sangat mudah. Sebab kamu hanya perlu mengambil bagian gel lidah buaya untuk dioleskan pada leher. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air sampai bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari jika ingin hasilnya terlihat lebih cepat.

5. Leher Bisa Jadi Putih dan Mulus Jika Dirawat Menggunakan Minyak Zaitun


Leher Bisa Jadi Putih dan Mulus Jika Dirawat Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang dikenal sebagai bahan alami yang memiliki segudang manfaat untuk kecantikan, termasuk mencerahkan kulit leher, melembabkan, melembutkan dan menghidrasi kulit. Untuk memanfaatkannya sebagai pencerah kulit leher, kamu bisa mencampurnya dengan air lemon.

Yang harus kamu lakukan pertama adalah mencampur air lemon dan minyak zaitun dalam takaran yang sama. Oleskan campuran tersebut pada leher sebelum tidur. Lakukan perawatan ini setiap hari selama sebulan jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Kunyit, Bahan Dapur yang Bisa Dimanfaatkan Untuk Mencerahkan Kulit Leher Gelap


Kunyit, Bahan Dapur yang Bisa Dimanfaatkan Untuk Mencerahkan Kulit Leher Gelap

Kunyit dapat mencerahkan warna kulit dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak karena memiliki sifat penyembuhan. Karena mengandung antioksidan dan komponen antiinflamasi, kunyit bisa memberikan cahaya dan kilau pada kulit.

Cara menggunakan kunyit sebagai pencerah leher cukup mudah. Sebab kamu hanya perlu menumbuknya sampai halus untuk dioleskan ke leher. Jika ingin lebih praktis kamu bisa menggunakan kunyit bubuk dengan ukuran 1/4 sendok teh dan campur dengan 1-2 sendok makan yoghurt. Setelah berubah menjadi pasta oleskan pada leher lalu diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat dan lakukan secara rutin.

7. Minyak Almond yang Kaya Vitamin E Bisa Membuat Leher Gelap Jadi Cerah


Minyak Almond yang Kaya Vitamin E Bisa Membuat Leher Gelap Jadi Cerah

Bahan alami berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk mencerahkan leher adalah minyak almond. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin E di dalam minyak almond yang bisa menghaluskan, memperbarui dan memperbaiki warna kulit yang tidak rata.

Caranya cukup campur beberapa tetes minyak almond dengan tea tree oil lalu aplikasikan pada bagian leher yang gelap. Selagi mengoleskannya, pijat leher secara lembut dengan gerakan memutar selama 10-15 menit agar minyaknya bisa meresap sempurna. Setelah itu bilas dengan air atau dengan handuk basah.

Demikian tujuh bahan alami yang bisa digunakan untuk mencerahkan kulit leher yang gelap. Simak juga artikel ini untuk mengetahui beberapa bahan alami yang bisa melembutkan dan menghaluskan rambut. Selain itu kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui beberapa bahan alami yang bisa mengatasi kulit wajah yang kering.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait