Aman Digunakan dan Ramah Di Kantong, Ini 8 Bahan Alami yang Ampuh Banget dalam Melembutkan Rambut
Lifestyle

Ada banyak bahan alami yang bisa kita manfaatkan untuk merawat rambut. Selain lebih aman, penggunaan bahan-bahan ini juga lebih ramah di kantong. Nah berikut beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk melembutkan rambut.

WowKeren - Rambut yang lembut dan halus merupakan idaman banyak orang. Pasalnya, rambut yang sehat dan indah dipercaya sebagai salah satu pendukung menariknya penampilan seseorang. Apalagi bagi wanita, di mana rambut berperan sebagai mahkota yang harus selalu dirawat dan dijaga.

Tapi terkadang beberapa faktor seperti penuaan, gaya hidup dan cara perawatan yang buruk bisa merusak keindahan rambut. Akibatnya rambut menjadi kering, kasar, mudah patah hingga rontok.

Untuk mengembalikan kesehatan rambut, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan. Salah satunya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Selain lebih aman dan ampuh, kita juga tidak harus mengeluarkan banyak uang untuk merawat rambut. Nah mau tahu bahan alami apa saja yang bisa kamu gunakan untuk melembutkan rambut? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Ingin Melembutkan dan Menghaluskan Rambut? Manfaatkan Saja Lidah Buaya


Ingin Melembutkan dan Menghaluskan Rambut? Manfaatkan Saja Lidah Buaya

Lidah buaya sudah lama dikenal sebagai salah satu bahan alami yang kerap digunakan untuk merawat rambut. Lidah buaya dipercaya dapat menyuburkan dan menghitamkan rambut. Selain itu, lidah buaya juga memiliki nutrisi yang dapat menjaga kelembaban sehingga rambut akan lembut secara alami.

Cara menggunakan lidah buaya sebagai pelembut rambut juga sangat mudah. Pertama iris lidah buaya dan ambil gel atau dagingnya. Setelah itu usapkan ke rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 30 menit lalu cuci rambut menggunakan shampoo.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakannya sebagai hair spray. Caranya ambil dua sendok makan gel lidah buaya, haluskan dan campur dengan dua sendok makan air. Letakkan campuran ini pada botol semprot dan kocok sampai rata. Semprotkan cairan ini langsung pada rambut setelah dicuci dan dikeringkan. Diamkan dan jangan dibilas.

2. Alpukat, Buah yang Bisa Berperan sebagai Pelembab Alami Rambut dan Membuatnya Tetap Halus


Alpukat, Buah yang Bisa Berperan sebagai Pelembab Alami Rambut dan Membuatnya Tetap Halus

Alpukat dikenal sebagai buah dengan citarasa yang enak. Buah satu ini juga memiliki sejumlah manfaat untuk kecantikan, salah satunya adalah melembutkan rambut. Hal ini dikarenakan alpukat memiliki kandungan lemak yang mampu memenuhi kebutuhan rambut dan berperan sebagai pelembab alami. Karena itu, alpukat juga bisa mencegah rambut jadi kering dan bercabang. Menariknya lagi, kandungan vitamin di dalam buah ini dapat menjadikan rambut selalu sehat dan indah.

Cara memanfaatkan alpukat sebagai pelembut rambut cukup mudah. Pertama ambil satu buah alpukat yang sudah benar-benar masak. Ambil daging buahnya dan blender dengan air secukupnya. Gunakan adonan tersebut sebagai masker rambut. Diamkan selama beberapa saat lalu bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin dan teratur ya.

3. Madu Memiliki Beragam Kandungan Baik yang Ampuh Menghaluskan Rambut


Madu Memiliki Beragam Kandungan Baik yang Ampuh Menghaluskan Rambut

Berkat beragam kandungan kompleks di dalamnya, madu memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satunya adalah melembutkan rambut dan membuatnya tidak kering atau kasar. Sehingga rambut akan senantiasa sehat dan terlihat indah.

Cara merawat rambut dengan madu juga sangat mudah dilakukan. Pertama pastikan rambutmu dalam keadaan bersih dan keramas terlebih dahulu. Setelah rambut terasa setengah kering, oleskan madu ke seluruh bagian rambut. Tunggu selama beberapa saat lalu bilas rambut menggunakan air hangat sampai bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin minimal seminggu sekali.

4. Minyak Zaitun, Bahan Alami yang Sangat Ampuh untuk Melembutkan Rambut


Minyak Zaitun, Bahan Alami yang Sangat Ampuh untuk Melembutkan Rambut

Sudah sejak lama minyak zaitun dikenal sebagai bahan alami yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan. Di antaranya adalah fungsinya untuk merawat rambut. Minyak zaitun mengandung mineral dan vitamin, terutama vitamin E yang berguna untuk membuat rambut tetap sehat. Dengan kandungan ini minyak zaitun ampuh melembutkan rambut secara alami, menghaluskannya dan mencegah kerusakan rambut.

Cara menggunakannya pada rambut juga sangat mudah dilakukan. Cukup oleskan minyak zaitun ke seluruh rambut lalu diamkan selama 10 menit. Setelah itu bilas rambut sampai bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Minyak Kelapa Juga Memiliki Sejumlah Kandungan Baik yang Bisa Membuat Rambut Jadi Halus dan Lembut


Minyak Kelapa Juga Memiliki Sejumlah Kandungan Baik yang Bisa Membuat Rambut Jadi Halus dan Lembut

Selain minyak zaitun, minyak kelapa juga ampuh untuk melembutkan dan menjaga kelembaban rambut. Hal ini dikarenakan minyak kelapa mengandung banyak nutrisi baik seperti vitamin E dan K, lemak esensial, asam laurat, asam kaprat dan antimikroba tertentu.

Seperti sebelum-sebelumnya, cara memanfaatkannya pun sangat mudah. Kamu bisa mulai dengan mengusapkan minyak kelapa dari pangkal hingga ujung rambut. Pijat secara perlahan selama 15 menit dan diamkan hingga 30 menit. Setelah itu keramas dengan sampo dan lebih baik lagi akhiri dengan kondisioner.

6. Pisang Ternyata Memiliki Kandungan Vitamin yang Berguna untuk Melembutkan dan Menghaluskan Rambut


Pisang Ternyata Memiliki Kandungan Vitamin yang Berguna untuk Melembutkan dan Menghaluskan Rambut

Pisang selain enak dimakan langsung ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk merawat rambut. Pasalnya pisang mengandung vitamin A, C dan E yang berfungsi sebagai minyak alami untuk mengatasi rambut bercabang dan kering. Dengan demikian, pisang juga dapat dimanfaatkan untuk melembabkan, melembutkan, merawat agar rambut tidak kusam dan sebagai bahan alami untuk mengatasi ketombe.

Cara penggunaan pisang untuk melembutkan rambut sangatlah mudah. Pertama siapkan satu buah pisang lalu kupas dan haluskan. Setelah itu oleskan pisang yang sudah halus ke seluruh rambut. Diamkan selama 30 menit lalu bilas menggunakan air bersih.

7. Kandungan Minyak di Dalam Kemiri Berkhasiat untuk Melembutkan Rambut Secara Alami


Kandungan Minyak di Dalam Kemiri Berkhasiat untuk Melembutkan Rambut Secara Alami

Perawatan rambut dengan menggunakan kemiri sudah dilakukan sejak lama. Hal ini disebabkan karena kemiri mengandung minyak yang dapat memperindah dan menjaga kesehatan rambut. Di antara manfaatnya untuk rambut adalah menghitamkan, menebalkan dan melembutkan rambut secara alami.

Untuk melakukan perawatan rambut dengan kemiri, pertama ambil minyaknya dan oleskan ke seluruh bagian rambut. Lakukan pijatan secara perlahan sampai minyaknya meresap. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hingga bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin ya jika ingin rambutmu halus, lembut dan sehat.

8. Manfaatkan Teh Hijau untuk Merawat Rambut Serta Menjadikannya Selalu Halus dan Lembut


Manfaatkan Teh Hijau untuk Merawat Rambut Serta Menjadikannya Selalu Halus dan Lembut

Selain baik untuk kulit dan tubuh, teh hijau juga sangat bermanfaat untuk rambut. Sebab teh yang kaya akan nutrisi ini dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, menjadikan rambut bersinar alami serta sangat bermanfaat untuk melembutkan rambut. Sehingga rambut akan selalu terlihat sehat dan indah.

Seperti sebelum-sebelumnya, perawatan rambut menggunakan teh hijau juga cukup mudah. Pertama seduh satu sendok teh hijau dengan air, tunggu sampai hangat lalu usapkan secara merata ke permukaan rambut dan kulit kepala. Lakukan pijatan selama lima menit lalu bungkus rambut dengan handuk atau shower cap selama 30 menit. Setelah itu bilas rambut menggunakan air dingin dan lakukan perawatan ini secara rutin.

Demikian delapan bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk melembutkan dan menghaluskan rambut. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai kesalahan yang sering dilakukan dalam merawat rambut. Selain itu kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai kebiasaan yang bisa membuat rambut rontok.

You can share this post!

Related Posts