Imbas Wabah Corona, Wishnutama Putar Otak Gaet Wisatawan Lokal
Instagram/parekraf_ri
Nasional

Guna meningkatkan jumlah wisatawan lokal, pemerintah akan menawarkan kerja sama dengan sejumlah maskapai. Maskapai yang sebelumnya terbang dengan rute Tiongkok, diharapkan bisa mengalihkan rute ke tujuan domestik.

WowKeren - Merebaknya virus corona sejak Januari lalu ikut berpengaruh pada kondisi pariwisata di Indonesia, terutama pada jumlah wisatawan mancanegara yang berlibur ke sini. Oleh sebab itu, pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan mulai menggalakkan wisatawan nusantara ke berbagai destinasi wisata di Indonesia.

"Kita akan menggalakkan wisatawan nusantara," kata menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama di Jawa Barat, Selasa (4/2). "Kita akan encourage agar wisatawan kita dari Indonesia itu berwisata di Indonesia."

Akibat adanya virus corona, pemerintah akhirnya mengambil langkah untuk menghentikan fasilitas bebas visa kunjungan dan visa on arrival ke Indonesia bagi warga negara Tiongkok. Sebaliknya, para WNI untuk sementara dianjurkan tidak melakukan perjalanan ke Tiongkok. Sehingga perlu ada cara untuk membuat pariwisata domestik tetap hidup meskipun jumlah turis asal Tiongkok berkurang.

"Karena dua hal," lanjut Wishnutama. "Satu karena kalau bepergian pasti ada potensi virus coronanya juga, untuk mengurangi risiko itulah. Yang kedua yang paling penting adalah menghidupi pariwisata Indonesia sendiri."


Tak hanya turis asal Tiongkok, kondisi pariwisata Indonesia juga terdampak akibat adanya perubahan pada jumlah turis asal negara lainnya. Tak sedikit negara lain yang mengeluarkan travel warning untuk tidak melakukan perjalanan selama virus ini masih belum bisa dikendalikan.

Ditambah lagi, di musim liburan biasanya akan ada banyak wisatawan yang berburu tiket murah. "Dan ini adalah masa-masa yang paling krusial, Februari, Maret, April. Kenapa? Ini masa-masa orang untuk melakukan booking untuk liburan musim panas," jelasnya.

Guna meningkatkan jumlah wisatawan lokal, pemerintah akan menawarkan kerja sama dengan sejumlah maskapai. Maskapai yang sebelumnya terbang dengan rute Tiongkok, diharapkan bisa mengalihkan rute ke tujuan domestik. Seperti diketahui, pemerintah telah meminta maskapai untuk menyetop rute dari dan menuju Tiongkok.

"Saya bersama Pak Menhub akan bertemu dengan airlines," ujar Wishnutama. "Sekitar ada 30 yang siapa tahu bisa mengalihkan rutenya ke Indonesia. Sehingga tetap bisa membantu pariwisata ini, di Indonesia."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru