Akhirnya Dipulangkan, WNI di Natuna Buka-Bukaan Soal 'Tekanan' Pemerintah
Nasional
Wabah Virus Corona

Ratusan WNI yang dievakuasi dari Wuhan, Tiongkok dan diobservasi selama 14 hari di Natuna, Kepulauan Riau akhirnya dipulangkan ke keluarga masing-masing pada Sabtu (15/2) siang.

WowKeren - Ratusan WNI yang dievakuasi dari Wuhan, Tiongkok ke Natuna, Kepulauan Riau akhirnya dipulangkan ke keluarga masing-masing. Mereka dinyatakan negatif infeksi virus Corona pasca diobservasi di Natuna selama 14 hari.

Mereka pun disambut oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Di sana para WNI sempat diberi arahan sebentar sebelum dikembalikan ke keluarga masing-masing.


Namun ada yang menarik perhatian awak media dalam proses pemulangan para WNI ini. Sebab awak media seolah tak diberi akses memadai untuk para WNI tersebut.

Bahkan lokasi kedatangan para WNI itu sempat "dilempar-lempar". Awalnya awak media mengaku diberitahu para WNI itu akan mendarat di Terminal Selatan yang biasanya dibuat untuk pendaratan pesawat haji. Namun pasca ditunggu lama di sana, ternyata rombongan WNI itu justru terlihat memadati kawasan terminal komersil bandara.

Awak media pun menghampiri para rombongan tersebut, yang ternyata enggan membuka mulut. Mereka hanya mengaku baru pulang dari Wuhan bersama 237 orang lainnya, namun tak berkenan memberikan pernyataan detail.

Usai dikorek, rupanya WNI itu mengaku sudah "disentil" oleh pihak "atasan". "Iya (dari Wuhan), enggak boleh ngomong dari atasan," jelasnya, dikutip dari Suara, Sabtu (15/2).

Pada kesempatan itu, Terawan juga sempat membeberkan kondisi terkini para WNI tersebut. Ia menegaskan para WNI yang dievakuasi dari Wuhan pada awal Februari 2020 itu dipastikan sehat dan tak memiliki gejala pneumonia seperti batuk, pilek, sesak napas, dan demam.

"Mereka semua sudah dalam keadaan sehat, jadi saya tadi juga sama-sama dengan mereka satu pesawat," terang Terawan. "Jadi lunas sudah, saya yang dulu menjemput pertama, sekarang yang mengantar ke Halim."

Terawan mengaku terharu lantaran misi memulangkan para WNI itu ke keluarga masing-masing berjalan lancar. "Mereka semua merasa sangat berbahagia, mau bertemu keluarganya, bertemu saudara-saudaranya, di kampungnya, dalam kondisi yang sangat sehat," pungkasnya.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts