Ahok Buka Suara Soal Pujian 'Jago Tangani Banjir'
Nasional

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok buka suara terkait hasil survei Indo Barometer dimana ia mengungguli Anies Baswedan dalam menangani banjir Ibu Kota.

WowKeren - Nama mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok menjadi sorotan usai mengungguli Anies Baswedan dalam survei Indo Barometer tentang gubernur yang dapat menyelesaikan permasalahan banjir di Ibu Kota.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari. "Gubernur Jakarta yang dianggap paling berhasil adalah Basuki Tjahaja Purnama sebesar 42 persen," ujarnya, di Hotel Century Park, Jakarta, Minggu (16/2).


Menanggapi hal ini, Ahok pun turut buka suara. Ia juga memberikan sedikit bocoran bahwa kunci menangani banjir hanya dengan mengikuti aturan.

"Saya kira kita kan hanya mengikuti aturan yang ada ya," kata Ahok di kantor Tempo, Jalan Palmerah Barat, Grogol Timur, Jakarta Selatan, Senin (17/2). Menurutnya, DKI Jakarta sejak zaman Belanda telah memiliki desainnya sendiri.

Jadi, untuk mengatasi banjir semua sungai dan saluran penghubung harus terus dijaga. Sungai-sungai juga harus terus dikeruk.

"DKI ini udah dari zaman Belanda sudah ada desainnya, tanggul 1.300 saluran dihubungin, ada Cengkareng Drain, ada Banjir Kanal Barat, ada Banjir Kanal Timur, ada Cakung Drain," papar Ahok. "Seluruh tanggul mesti beres, mesti pasang pompa. Pompa masih aktif, pengerukan sungai mesti dilakukan terus-menerus, 1.300 penghubung saluran mesti terjaga kami tunjukkin."

"Itu ya nggak ada yang aneh karena itu bukan dari saya," sambungnya. "Itu memang dari PU pusat, dari Belanda udah begitu konsultannya."

Sebelumnya, Fraksi Gerindra DPRD DKI turut buka suara terkait peringkat Ahok yang mengungguli Anies Baswedan tersebut. Menurutnya hasil survei tersebut merupakan persepsi publik dan tidak bisa dijadikan pedoman karena tak berdasarkan data.

"Survei itu kan persepsi karena itu tidak bisa dipegang jadi pedoman," kata anggota Fraksi Gerindra DPRD DKI Syarif, Senin (17/2). "Karena dari data-data yang ada sesungguhnya penanganan banjir di era Pak Anies itu lebih baik dibandingkan pimpinan sebelumnya. Data-data yang mengatakan seperti itu."

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts