Viral 'Cheat' UNBK Dibobol Siswa SMA, Ini Penjelasan Kemendikbud
Nasional

Sebuah video di media sosial yang menampilkan siswa SMA berhasil membobol 'cheat' soal UNBK menjadi viral. Menanggapi hal ini, Itjen Kemendikbud pun buka suara.

WowKeren - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) akan kembali digelar pada bulan Maret 2020. Tak sedikit pihak sekolah hingga para murid yang telah mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian tersebut.

Sayangnya, digelarnyan ujian nasional kerap dibumbui dengan aksi kecuarangan para siswa tiap tahunnya. Kali ini, sebuah video yang beredar di media sosial tengah menjadi sorotan lantaran memperlihatkan cara curang yang dilakukan oleh seorang murid SMA yang meretas soal UNBK.


Video tersebut diunggah oleh akun Twitter @corntoll pada 16 Februari 2020 lalu. "Sefruit tips," kata akun itu. Dalam video berdurasi 19 detik itu, terdapat logo TikTok dengan background music lagu bernuansa riang, "Queen of Disaster" dari Lana Del Rey.

Dalam video tersebut menampilkan para siswa SMA yang tengah sibuk mengerjakan soal di depan komputer. Hingga seorang siswa membuka menu 'inspect element' saat mengerjakan soal matematika di layar komputer.

Source: Twitter/corntoll

Kemudian, pilihan jawaban tersebut memunculkan warna hijau, seolah-oleh itulah jawaban yang benar di antara pilihan jawaban lain dalam soal pilihan ganda. "Pada pusing ngerjain TO. Exam hack. Mereka belum selesai. Done!!!" demikian tulisan keterangan pada video.

Viralnya video ini lantas turut mendapatkan perhatian dari Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Itjen Kemendikbud). Melalui akun Twitter-nya @Itjen_Kemdikbud menjelaskan jika soal UNBK yang berhasil di-cheat ini bukanlah soal UNBK yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Confirm, bukan aplikasi yang digunakan Kementerian untuk melaksanakan simulasi UNBK," kata Itjen Kemendikbud dalam postingan tersebut. "Silakan beri tahu kepala sekolahnya/pihak yang berkepentingan kak, biar ga auto 100 padahal pakai cheat."

Sementara itu, ada seorang warganet yang menjelaskan jika simulasi UNBK yang terjadi di dalam video tersebut diselenggarakan oleh Universitas Gunadarma dan sistemnya tidak menggunakan aplikasi Kemendikbud melainkan tryout UNBK.

Pihak Universitas Gunadarma membenarkan bahwa video ini berasal dari tryout yang diselenggarakan pihaknya di salah satu SMA di Jakarta. "Ini antara tanggal 13 atau 14 Februari," kata tim teknis panitia tryout UNBK Universitas Gunadarma, Akbar Marwan, Rabu (19/2).

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts