Eks Direksi BRI yang Dicopot Rini Soemarno Kini Ditempatkan Menteri Erick Thohir di BNI
Nasional

Menteri BUMN Erick Thohir telah merombak para petinggi PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahun (RUPST) BNI 2020 pada Kamis (20/2) kemarin.

WowKeren - Menteri BUMN Erick Thohir selaku pemegang saham tertinggi telah merombak para petinggi PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI). Perombakan ini dilakukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahun (RUPST) BNI 2020 pada Kamis (20/2) kemarin.

Dalam susunan direksi baru Bank BNI, terdapat nama Sis Apik Wijayanto dan Osbal Saragi. Diketahui, keduanya merupakan mantan direksi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau Bank BRI. Posisi Sis Apik dan Osbal di Bank BRI diketahui tergusur di masa mantan Menteri BUMN Rini Soemarno.


Sebelumnya, Sis Apik menjabat sebagai Direktur Hubungan Kelembagaan Bank BRI, dan digantikan oleh Agus Noorsanto dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Bank BRI pada 2 September 2019 lalu. Sementara itu, Osbal sebelumnya menjabat sebagai Direktur Layanan dan Jaringan Bank BRI dan digantikan oleh Ahmad Solichin Lutfiyanto.

Selama menjabat sebagai Direktur Hubungan Kelembagaan Bank BRI, Sis Apik dinilai sukses memperluas jaringan kerjasama perusahaan dengan berbagai lembaga. Di antaranya adalah lembaga dan kementerian di pemerintahan, BUMN, maupun korporasi swasta.

Sedangkan Osbal yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Layanan dan Jaringan Bank BRI juga dinilai cukup bertangan dingin. Diketahui, ia sukses meningkatkan penetrasi sistem layanan BRI seperti ATM dan Agen BRILink kepada masyarakat.

Baiknya kinerja Sis Apik dan Osbal membuat keputusan Rini Soemarno yang mencopot mereka dari direksi Bank BRI banyak dipertanyakan. Saat itu, Rini Soemarno juga turut mencopot Direktur Human Capital R. Sophia Alizsa dan Direktur Manajemen Risiko Mohammad Irfan.

Kini di bawah kepemimpinan Erick Thohir, Kementerian BUMN mempercayakan jabatan Direktur Hubungan Kelembagaan Bank BNI kepada Sis Apik. Sementara Osbal dipercayai jabatan Direktur Manajemen Risiko Bank BNI.

Di sisi lain, Erick juga mencopot Direktur Utama Bank BNI, Achmad Baiquni, dan menggantinya dengan Herry Sidharta dalam RUPST tersebut. Sebelumnya, Herry Sidharta merupakan Wakil Direktur Utama Bank BNI. "Menyetujui pengangkatan Herry Sidharta sebagai Dirut BNI dan Anggoro Eko Cahyono sebagai Wadirut BNI," tutur Anggoro dalam konferensi pers di Gedung BNI pada Kamis (20/2).

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts