KBRI Seoul Ditutup Sementara Imbas Virus Corona
Facebook/kbriseoulkorea
Dunia

Dengan ditutupnya KBRI ini maka kegiatan loket layanan publik untuk pengurusan visa maupun paspor juga ditutup. Penutupan berlaku mulai hari ini sampai waktu yang tidak ditentukan.

WowKeren - Kasus penyebaran virus corona yang terjadi di Korea Selatan tak kalah menyita perhatian. Bahkan, Kantor Kedutaan Besar (Kedubes) Republik Indonesia dan kantor Indonesia Investment Promotion Centre (IIPC) di Seoul, Korea Selatan (Korsel), terpaksa ditutup.

Penutupan tersebut hanya akan berlangsung sementara waktu mulai Jumat (28/2). "Kantor KBRI dan IIPC Seoul tutup sementara mulai hari Jumat, tanggal 28 Februari 2020, sampai dengan waktu yang akan ditentukan kemudian," ujar Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Korea Selatan Umar Hadi melalui keterangan pers, dilansir Antara, Jumat (28/2).

Dengan ditutupnya KBRI ini maka kegiatan loket layanan publik untuk pengurusan visa maupun paspor juga ditutup. Begitu juga dengan layanan jasa konsuler lainnya. Meski demikian, publik masih dapat menghubungi KBRI untuk kasus-kasus darurat lewat hotline di nomor +82-10-5394-2546.


Umar menyatakan bahwa penutupan ini sifatnya hanya sementara yang mana bertujuan untuk memastikan kondisi pelayanan yang kondisi pelayanan yang kondusif. Seperti diketahui, wabah virus corona telah menjangkiti korban yang jaraknya cukup dekat dengan kantor pelayanan KBRI.

"Penutupan layanan ini hanya bersifat sementara, untuk memastikan kondisi pelayanan yang kondusif," jelas Umar. "Sehubungan dengan merebaknya wabah virus Covid-19 yang sudah menjangkiti korban dengan radius dekat kantor pelayanan KBRI."

Adapun keputusan ini dibuat sudah sesuai dengan kebijakan pemerintah setempat yang mengimbau untuk mengurangi pengumpulan orang dalam jumlah besar. "Hal ini juga sesuai dengan kebijakan pemerintah setempat untuk mengurangi pengumpulan orang dalam jumlah besar pada satu waktu dan satu tempat," jelas Umar.

Sementara itu untuk melindungi para WNI yang ada di Korsel, khususnya yang berada di dekat Daegu, Umar mengaku bersama tim inti Satgas Bahaya COVID-19 terus bekerja di Posko KBRI Seoul dan Posko Aju. Langkah-langkah pengamanan ekstra dan sterilisasi kompleks KBRI Seoul dan kantor IIPC Seoul juga terus dilakukan.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru