'Obat' Virus Corona Dijual Bebas Di Tokopedia, Berapa Harganya?
LEON NEAL/Getty Images
Nasional

Berbagai jenis 'obat' virus corona atau covid-19 mulai bermunculan dan dijual bebas di toko online Tokopedia. Lantas berapa harga yang ditawarkan?

WowKeren - Wabah virus corona (covid-19) saat ini begitu mengguncang dunia setelah dilaporkan menewaskan lebih dari 2.000 orang. Virus yang pertama kali muncul di pasar ikan dan hewan Wuhan, Tiongkok ini seolah tidak dapat dihentikan lantaran terus menyebar ke berbagai negara di belahan dunia lainnya.

Penyebaran virus corona yang seolah semakin tak terbendung ini tentunya membuat masyarakat mulai panik, khususnya warga yang tinggal di negara terdampak corona. Berbagai tindakan pencegahan pun mulai dilakukan seperti menjaga kebersihan hingga memborong masker yang menyebabkan keberadaan masker menjadi cukup langka.

Di tengah-tengah kekacauan tersebut, saat ini mulai banyak bermunculan "obat" virus corona di sejumlah toko online. Sebagai contoh di Tokopedia saat browsing "obat virus corona", maka akan muncul beragam obat dengan harga yang berbeda-beda.

Berbagai pelapak telah mengklaim sejumlah "obat" virus corona mulai dari yang murah hingga mahal. Contohnya adanya obat herbal mencegah virus corona yang diklaim merupakan produk AS. Obat ini dijual dengan harga RP975.000.

Obat Virus Corona 1

Tokopedia


Selain itu juga dijual "obat" corona yang lebih murah bernama "Propoelix Anti Corona" seharga Rp599.000. Bahkan, ada "obat" virus corona bernama "Obat Virus Corona dan Anti Malaria seharga Rp135.000.

Obat Virus Corona 2

Tokopedia

Namun, semua "obat" tersebut masih belum dipastikan kejelasannya sehingga masyarakat sepatutnya waspada. Apalagi, salah satu obat yang ditawarkan termurah tersebut rupanya merupakan Primaquine yang digunakan untuk mencegah penyakit dari parasit seperti malaria sehingga tidak cocok untuk corona.

Tidak hanya bertebaran di Tokopedia saja, obat virus corona juga turut mewarnai toko-toko online lainnya seperti OLX, Bukalapak, dan sejenisnya. Sementara itu, situs 2-commerce Amerika Serikat yaitu Amazon telah menindak tegas penyebaran obat-obat corona seperti itu dengan menghapus produk-produk di situs mereka.

Terlebih, saat ini belum ada konfirmasi satupun dari pihak-pihak berwenang yang mengklaim telah menemukan obat corona. Sebagai contoh, AS sendiri baru memulai percobaan untuk menguji keamanan dan efektivitas obat antivirus remdesivir pada pasien virus corona yang masih belum diumumkan hasilnya.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait