Jokowi Minta Masyarakat Tetap Tenang: Hampir Semua Pasien Corona Bisa Sembuh
Instagram/jokowi
Nasional

Ia menjelaskan bahwa gejala virus corona pada dasarnya sama dengan gejala flu biasa. Sudah banyak negara yang warganya ikut terjangkit virus ini dinyatakan sembuh.

WowKeren - Presiden Joko Widodo alias Jokowi buka suara mengenai masyarakat yang panik akibat konfirmasi adanya dua WNI yang positif terjangkit virus corona di Depok. Jokowi meminta agar masyarakat tetap beraktivitas seperti biasa.

Ia mengimbau agar seluruh masyarakat bisa terus waspada. "Saya juga berharap masyarakat tetap waspada, tetap tenang, beraktivitas seperti biasa," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Selasa (3/3).

Ia menjelaskan bahwa gejala virus corona pada dasarnya sama dengan gejala flu biasa. Sudah banyak negara yang warganya ikut terjangkit virus ini, selain Tiongkok tentunya. Namun kata Jokowi, hampir semua dari pasien penderita bisa sembuh.

"Gejala virus Covid-19 ini mirip flu," jelas Jokowi. "Faktanya sebagian pasien baik di RRT, Wuhan, kemudian di Jepang, Iran, dan Italia sudah hampir semuanya pasien dapat sembuh dan pulih."


Terkait dua orang pasien yang terinfeksi virus corona di Depok, Jokowi mengatakan bahwa pemerintah telah melakukan upaya maksimal dengan melacak semua orang yang sempat berhubungan dengan dua pasien tersebut. Sama seperti masyarakat pada umumnya, ia juga tidak ingin virus corona menyebar di Indonesia. Oleh sebab itu, pemerintah akan mengawasi siapa saja yang telah berkontak dengan penderita corona.

"Pemerintah melajukan upaya maksimal untuk mencegah agar jangan sampai titik awal penularan meluas menjadi sebuah wabah," tutur Jokowi. "Kita sudah tahu siapa-siapa dan sudah dilakukan pengawasan terhadap yang telah berhubungan dengan kasus satu dan kasus dua."

Ia meminta agar masyarakat memiliki keyakinan bahwa virus corona di Indonesia bisa ditangani. "Dan saya mengajak marilah kita berdoa, saudara kita bisa pulih kembali," kata Jokowi.

Sementara itu terkait harga masker yang melambung tinggi dan kian langka, Jokowi menyatakan telah memerintahkan Kapolri untuk menindak tegas oknum penimbun masker. "Saya sudah memerintahkan Kapolri untuk menindak tegas pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan momentum seperti ini, yang menimbun masker, terutama masker, dan menjual kembali dengan harga sangat tinggi," ujar Jokowi saat memberikan keterangan di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (3/3).

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait