Ekonomi RI 'Ketar-Ketir' Gegara Corona, Sandiaga Sarankan Ini ke Pemerintah
Nasional

Sandiaga Uno mengapresiasi pemerintah yang telah memberikan keringanan pajak untuk pekerja dan pelaku industri di seluruh sektor industri manufaktur di tengah isu corona yang mampu mengancam ekonomi.

WowKeren - Sandiaga Uno buka suara mengenai kondisi perekonomian RI yang ikut terdampak akibat corona. Ia memberikan saran agar pemerintah terus mengutamakan keselamatan masyarakat di tengah ekonomi nasional yang mulai terimpit virus corona.

Sementara itu, ia mengapresiasi pemerintah yang telah memberikan keringanan pajak untuk pekerja dan pelaku industri di seluruh sektor industri manufaktur. "Paket II baru diluncurkan, kita harus pastikan paket tersebut menyentuh kantong masyarakat, karena menjaga stabilitas konsumsi masyarakat uang itu harus segera di kantong masyarakat," kata Sandiaga di Jakarta, sabtu (14/3).

Konsep people first, dikatakan Sandiaga selain untuk menjaga keselamatan masyarakat juga demi memastikan agar daya beli masyarakat tetap stabil di tengah kondisi ekonomi yang kian lesu. Sebab, konsumsi masyarakat memainkan peranan penting untuk perekonomian nasional.

Wabah corona berpotensi besar menggerus penerimaan negara. Oleh sebab itu, Sandiaga menekankan agar masyarakat lebih diprioritaskan daripada kebijakan-kebijakan untuk mempertahankan perekonomian seperti menjaga investasi maupun bursa saham.


"Masyarakat, manusia didahulukan jauh di atas kebijakan-kebijakan yang mempertahankan," tutur Sandiaga. "Misalnya nilai investasi, atau neraca, mempertahankan interkoneksi, bursa saham dan sebagainya. Kita harus fokus di manusianya dulu."

Sandiaga mengakui jika bukan hal yang mudah bagi pemerintah untuk menjaga masyarakat tetap memiliki daya beli yang tinggi di tengah masalah ekonomi. Apalagi program prioritas pemerintah masih kepada percepatan pembangunan infrastruktur.

Oleh sebab itu, ia pun menyarankan pemerintah untuk mengambil kebijakan yang lebih berani. Misalnya dengan mengalokasikan anggaran belanja untuk masyarakat serta mengimpor kebutuhan sehari-hari demi menjaga stabilitas harga.

"Saya menawarkan paket antivirus, Saya ingin kembali ke depan, people first, manusia didahulukan, dengan konsep deliverbility dari sebuah kebijakan," jelas Sandiaga. "Sekarang harus berani mengambil kebijakan yang non populer karena situasi politik tidak perlu bicara mengenai elektabilitas tapi deliverbilitas daripada kebijakan tersebut."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait