Wabah Corona Meluas, MenPAN-RB Tjahjo Tegas Tak Liburkan PNS
Nasional

Presiden Joko Widodo mengimbau warga menyesuaikan kegiatan sekolah dan bekerja agar bisa dilakukan dari rumah. Imbauan ini disuarakan demi menekan penyebaran virus Corona.

WowKeren - Wabah virus Corona di Indonesia terus mencuri perhatian, tak hanya di ranah nasional tetapi juga internasional. Bagaimana tidak? Sejak ada yang dikonfirmasi positif pada Senin (2/3) lalu, jumlah kasus COVID-19 terus meningkat pesat dengan angka terakhir menginjak 117 orang.

Menanggapi situasi tersebut, Presiden Joko Widodo pun mengimbau agar warga mengurangi aktivitas di luar rumah. Imbauan ini lantas ditindaklanjuti dengan sejumlah perusahaan dan sekolah yang meliburkan karyawan serta murid-muridnya.

Kendati demikian, rupanya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo "membangkang" dari imbauan sang presiden. Sebab Tjahjo menegaskan tak ada aparatur sipil negara (ASN) yang diliburkan selama masa siaga darurat dalam menghadapi wabah virus Corona.


Hanya saja, imbuh Tjahjo, para ASN bisa melakukan pekerjaan dari rumah demi menghindari potensi penyebaran virus di lingkungan instansi pemerintahan. "Tidak ada ASN diliburkan. Yang benar sebagian ASN boleh bekerja dari rumah," ujar Tjahjo, dikutip dari Kompas pada Senin (16/3).

Namun untuk penyesuaian sistem kerja ini akan diatur lebih lanjut oleh para pimpinan instansi masing-masing. Sebab harapannya penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik tidak terganggu. "Masing-masing pimpinan kementerian/kelembagaan yang teknis mengaturnya," jelas Tjahjo.

Di sisi lain, saat ini sejumlah kepala daerah sudah mulai memberlakukan kebijakan meliburkan sementara kegiatan belajar mengajar di sekolah. Setidaknya kebijakan ini akan diberlakukan selama 14 hari ke depan.

Sementara untuk kegiatan perkantoran masih menyesuaikan dengan kebijakan perusahaan masing-masing. Pada Senin (16/3) masih banyak kantor yang belum meliburkan pegawainya hingga membuat antrean di halte TransJakarta mengular tadi pagi.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait