Mahasiswa IPB Positif Corona, Wali Kota Bogor Buka Suara
Nasional

Seorang mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) dinyatakan positif terinfeksi virus Corona. Wali Kota Bogor Bima Arya akan bekerja sama dengan Dinkes Jakarta dan pihak kampus untuk melakukan penulusuran jejak mahasiswa tersebut.

WowKeren - Jumlah pasien positif corona di Indonesia kembali bertambah. Pada Selasa (17/3) sore, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto mengumumkan jumlah pasien yang meningkat menjadi melonjak dari 134 menjadi 172 orang.

Diketahui, seorang mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) dinyatakan positif terinfeksi virus Corona. Mahasiswa tersebut hingga kini telah diisolasi di salah satu rumah sakit di Jakarta.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bekerja sama dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta menelusuri aktivitas mahasiswa tersebut untuk keperluan pelacakan. "Pemkot (Bogor) berkoordinasi dengan Dinkes Jakarta dan pihak kampus saat ini langsung melakukan penelusuran terkait aktivitas yang bersangkutan," kata Wali Kota Bogor Bima Arya, Selasa (17/3).

Lebih lanjut, Bima menjelaskan bahwa mahasiwa tersebut positif corona usai terpapar ayahnya yang sebelumnya dinyatakan positif. Saat sang ayah dinyatakan positif, mahasiswa itu sudah tinggal di Jakarta namun sempat kembali ke Bogor dan berinteraksi di kampusnya.


"Terpapar dari ayahnya di Jakarta. Begitu ayahnya positif, yang bersangkutan sudah tinggal di Jakarta," terang Bima. "Namun sempat pulang ke Bogor dan interaksi dengan lingkungan dan kampusnya."

Sementara itu, Kepala Biro Komunikasi IPB Yatri Indah Kusumastuti mengatakan IPB telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota Bogor terkait protokol penanganan terhadap mahasiswa tersebut. "Sejak mengetahui bahwa ayahnya positif, IPB langsung berkoordinasi dengan Dinkes Kota dan Kabupaten Bogor," kata Yatri.

"Semua proses dibantu sepenuhnya oleh Dinkes sampai yang bersangkutan dijemput ke Jakarta untuk dikarantina sesuai dengan protokol yang berlaku," sambungnya.

Ia juga meminta agar semua yang teridentifikasi melakukan kontak dengan pasien positif Corona itu untuk melakukan karantina mandiri sesuai dengan protokol yang berlaku. IPB sendiri akan terus memantau perkembangan dan mengimbau semua mahasiswa untuk tetap tenang.

"Kami sekali lagi mengajak seluruh sivitas akademika dan tendik (tenaga kependidikan) untuk tetap tenang dan mengikuti protokol hidup sehat serta social distancing seperti disarankan WHO dan pemerintah," pungkasnya.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait