Khofifah Pastikan Stok Bahan Pokok di Jatim Aman, Imbau Masyarakat Tak Panik
Instagram/khofifah.ip
Nasional

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengingatkan jika masyarakat memborong dalam jumlah besar justru akan menyebabkan stok di pasar menipis sehingga akan berbuntut pada kenaikan harga.

WowKeren - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta agar masyarakat tidak panik menyikapi isu wabah corona. Seperti diketahui, penyebaran corona di Indonesia kian meluas dengan penambahan jumlah pasien yang dinyatakan positif terjangkit virus Covid-19.

Ia memastikan bahwa kondisi persediaan makanan pokok di jawa Timur masih aman selama beberapa bulan ke depan. Oleh sebab itu, ia mengimbau agar masyarakat tak melakukan panic buying dengan memborong belanjaan dalam jumlah besar.

Adapun bahan pokok yang stoknya dipastikan cukup hingga beberapa bulan ke depan yakni beras, minyak goreng, telur ayam, daging sapi, daging ayam, dan gula. "Buffer stock kita dalam kondisi yang sangat aman. Jadi saya minta masyarakat tidak melakukan panic buying dan melakukan aksi borong bahan pokok," kata Khofifah dalam keterangannya seperti dilansir Detik, Rabu (18/5).


Oleh sebab itu, ia menekankan bahwa meskipun virus corona menyebar Jawa Timur tidak akan mengalami kelangkaan bahan pokok. Sebaliknya, jika masyarakat memborong dalam jumlah besar justru akan menyebabkan stok di pasar menipis. Hal ini akan berbuntut pada harga yang melambung tinggi.

"Justru kalau ada aksi borong, belanja dalam jumlah yang berlebihan maka sesuai dengan prinsip hukum ekonomi pasar, harga akan naik dan akan ada kelangkaan," jelas Khofifah. "Maka untuk menghindari itu, kami imbau tidak ada panic buying karena buffer stock kita sangat aman."

Sementara itu, per Selasa (17/3), stok beras Jawa Timur masih akan surplus hingga Juni mendatang. Jumlah surplus tersebut angkanya mencapai 2,3 juta ton. Begitu pula dengan gula. Stok gula diperkirakan aman hingga 2 bulan ke depan. Stok gula di Jatim saat ini mencapai 71 ribu ton, dengan rata-rata konsumsi 37 ribu ton per bulan.

Sementara itu, Khofifah mengakui jika terjadi kenaikan harga untuk gula. Begitu juga dengan minyak goreng mengingat harga CPO secara global juga mengalami peningkatan.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru