Jokowi Borong 5 Juta Avigan dan Chloroquine, Diklaim Bisa Sembuhkan Virus Corona
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Presiden Joko Widodo mengaku telah memesan obat yang ampuh untuk melawan virus corona dalam jumlah banyak. Obat-obatan yang dimaksud adalah Avigan dan Chloroquine.

WowKeren - Pandemi virus corona (Covid-19) diketahui telah melebar ke berbagai belahan dunia. Hingga kini, antivirus untuk pandemi ini masih belum juga ditemukan.

Meski demikian, Presiden Joko Widodo mengaku telah memesan obat yang ampuh untuk melawan virus corona. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut juga mengaku telah memesan obat-obatan tersebut dalam jumlah banyak.

"Mengenai antivirus belum ditemukan. Dan ini yang saya sampaikan tadi adalah obat," tutur Jokowi dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan Bogor pada Jumat (20/3) hari ini. "Obat ini sudah dicoba 1, 2, 3 negara dan beri kesembuhan."

Obat yang dimaksud oleh Jokowi adalah Avigan yang mengandung zat aktif favipiravir. "Kita telah mendatangkan 5 ribu, akan kita coba dan dalam proses pemesanan 2 juta," ungkap Jokowi.


Lalu jenis obat yang kedua adalah Chloroquine. "Kemudian yang kedua Chloroquine. Ini kita siap 3 juta," lanjut Jokowi.

Menurut Jokowi, obat-obatan ini akan sampai ke tangan pasien melalui dokter yang berkeliling dari rumah ke rumah, rumah sakit, serta puskesmas di kawasan yang terinfeksi virus corona.

Sebagai informasi, Avigan merupakan obat fapilavir yang dikembangkan oleh Fujifilm Toyama Chemical. Menurut pejabat kesehatan Tiongkok, obat flu asal Jepang tersebut "efektif" digunakan untuk menangani pasien yang terpapar virus corona.

Klaim tersebut disampaikan oleh pejabat Kementrian Sains Dan Teknologi Tiongkok, Zhang Xinmin. "Fapilavir memiliki tingkat keamanan yang tinggi, yang efektif dalam penanganan pasien corona," tutur Zhang dilansir Guardian.

Sementara itu, Chloroquine sendiri adalah obat antimalaria yang sudah digunakan selama 70 tahun. Obat ini juga telah digunakan dalam uji klinis di lebih dari sejumlah rumah sakit di Tiongkok. Obat ini disebut menunjukkan khasiat yang cukup baik dalam proses penyembuhan pasien.

(wk/riaw)

You can share this post!

Related Posts