'Kebal' Wabah Corona, Korut Justru Kembali Uji Coba Rudal Balistik
Dunia
Pandemi Virus Corona

Korea Utara bak 'kebal' wabah virus Corona lantaran belum mengonfirmasi 1 kasus positif pun. Namun bukannya ikut membantu memerangi wabah, Korut justru dilaporkan kembali 'bermain' dengan rudal balistik.

WowKeren - Saat ini dunia sedang dihadapkan dengan "musuh bersama", yakni virus Corona. Virus yang sudah mengantongi nama resmi SARS-CoV-2 itu diketahui menyebabkan penyakit COVID-19 apabila menginfeksi satu individu.

Virus ini pun tak main-main penyebarannya. Hingga Sabtu (21/3) pukul 14.06 WIB, sebanyak 276.568 orang dikonfirmasi positif terjangkit COVID-19. Sedangkan di Indonesia sendiri sudah ada 369 orang yang dikonfirmasi positif terjangkit penyakit tersebut.

Namun rupanya wabah virus Corona ini tak berdampak besar bagi negara Korea Utara. Pasalnya, sesuai laporan dari AFP, Korut dikabarkan kembali menembakkan rudal balistik jarak dekat alih-alih ikut berjuang memerangi wabah Corona.

Adalah otoritas militer Korea Selatan yang mengonfirmasi hal tersebut. Menurutnya Korut baru saja menembakkan rudal balistik jarak dekat ke laut lepas pantai timurnya.


Kepala Staf Gabungan Selatan mengatakan proyektil ditembakkan dari provinsi Pyongan Utara ke Laut Jepang, yang juga dikenal sebagai Laut Timur. Namun tak ada informasi lebih detail soal ini. "Militer sedang memantau peluncuran tambahan dan menjaga kesiapan," ungkapnya.

Kementerian Pertahanan Jepang pun ikut menyampaikan hal serupa. Namun demikian tak ada indikasi obyek yang "seperti rudal balistik" itu turun di wilayah Jepang atau zona ekonomi eksklusifnya (ZEE).

Ini bukan peluncuran rudal balistik pertama yang dilakukan oleh Korut dalam sebulan belakangan. Awal bulan Maret ini, Korut dilaporkan juga melakukan latihan "artileri jarak jauh", meski Jepang meyakini proyektil itu merupakan rudal balistik.

Sejauh ini Korut memang belum melaporkan kasus positif COVID-19 di negaranya. Hal ini jauh berbeda dengan situasi di Korsel yang sampai Sabtu (21/3) sudah menginfeksi 8.799 orang dengan 147 diantaranya merupakan kasus baru.

Saat ini sudah 276.568 orang dikonfirmasi terjangkit COVID-19. Sebanyak 11.418 diantaranya berakhir dengan kematian, sedangkan 91.954 lainnya dinyatakan sembuh.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts