Nasib Olimpiade 2020 di Tengah Corona Ditentukan Dalam 4 Pekan ke Depan, Ditunda Atau Dibatalkan?
Dunia
Pandemi Virus Corona

Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Back, sempat menyatakan bahwa panitia telah berkomitmen penuh untuk membuka Olimpiade Tokyo pada 24 Juli.

WowKeren - Pandemi virus corona (Covid-19) yang tengah melanda seluruh dunia berdampak ke banyak sektor. Penyelenggaraan ajang olahraga Olimpiade 2020 diketahui juga terpengaruh oleh pandemi ini.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) akhirnya mempertimbangkan untuk menunda ajang olahraga 4 tahunan tersebut. Keputusan penundaan tersebut akan didiskusikan selama 4 minggu ke depan.

Meski demikian, IOC menegaskan bahwa pembatalan Olimpiade 2020 tidak akan diperhitungkan. Sedianya, Olimpiade 2020 sendiri dijadwalkan berlangsung di Tokyo, Jepang, pada 24 Juli sampai 9 Agustus mendatang.

"Skenario-skenario (yang akan dipertimbangkan) ini berkaitan dengan memodifikasi rencana operasional yang sudah disusun untuk 24 Juli 2020," ungkap pihak Olimpiade dilansir New York Post pada Senin (23/3). "Dan juga untuk perubahan tanggal awal Olimpiade."


Sementara itu, Presiden IOC Thomas Back telah menggelar panggilan konferensi dengan anggota dewan eksekutif. Menurut Bach, panitia telah berkomitmen penuh untuk membuka Olimpiade Tokyo pada 24 Juli. Padahal, pelatihan atlet, acara kualifikasi dan persiapan pertandingan telah semakin terganggu oleh penyebaran virus corona.

Usai mendapat kritik dari sejumlah pihak, Bach akhirnya mengakui adanya kemungkinan rencana alternatif. "Tentu saja kami mempertimbangkan skenario yang berbeda," ujar Bach.

Sebelumnya, Ketua Federasi Atletik Britania Raya Nic Coward menyebut bahwa situasi saat ini tak memungkinkan untuk para atlet melanjutkan persiapan. Pasalnya, sarana-sarana latihan banyak ditutup karena pandemi Covid-19. Selain itu, para atlet juga mengalami tekanan mental tersendiri saat harus menghadapi ancaman virus corona.

Usulan penundaan juga sempat datang dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Menurut Trump, ajang Olimpiade lebih baik ditunda daripada tetap dijalankan sesuai jadwal di dalam "stadion yang kosong".

"Aku kira mereka bisa menundanya selama 1 tahun," ujar Trump dilansir Kyodo News pada Jumat (13/3) pekan lalu. "Mereka (Jepang) sangat cerdas, mereka akan membuat (keputusan) sendiri. Tapi saya lebih suka Olimpiade ditunda daripada melihat stadion yang kosong. Saya pikir, jika Anda membatalkannya, menundanya selama setahun, itu adalah alternatif yang lebih baik daripada menggelar Olimpiade tanpa kerumunan."

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts