Tekan Sebaran Corona, Risma Kerahkan Drone Disinfeksi Surabaya
Nasional

Penyemprotan dilakukan dengan menggunakan pesawat nirawak atau drone di Kampung Kebangsreng, Genteng yang merupakan salah satu kampung padat penduduk di Surabaya.

WowKeren - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini tengah melakukan berbagai upaya untuk menekan persebaran virus corona atau COVID-19 di Kota Pahlawan. Salah satu yang dilakukan yakni dengan menyemprotkan cairan disinfektan melalui udara.

Penyemprotan dilakukan dengan menggunakan pesawat nirawak atau drone di Kampung Kebangsreng, Genteng. Kampung itu merupakan salah satu kampung yang padat penduduk. Risma yang juga hadir di lokasi, meminta agar warga mau membuka pintu dan jendela agar cairan bisa masuk.

"Ayo bapak-bapak ibu-ibu, pintu jendelanya dibuka," kata Risma melalui pengeras suara seperti dilansir CNN Indonesia, Senin (23/3). "Tolong dibuka pintunya. Cairan ini tidak berbahaya."

Selain itu, upaya lain yang dilakukan oleh Risma untuk menekan persebaran virus ini adalah dengan mengingatkan warga agar tidak bergerombol. Ia meminta agar masyarakat menerapkan social distancing. Sambil berkelakar, Risma menyarankan bagi warga yang suka bergosip untuk menunda dulu kegiatan itu.


"Ayo jaga jarak satu meter, rasan-rasannya (bergosip) nanti kalau virusnya hilang," kata Risma. Masih dilansir CNN Indonesia, penyemprotan juga dilakukan di sepanjang Jalan Embong Malang Surabaya.

Lebih jauh, ia menyebut jika sebenarnya drone tersebut adalah bantuan dari NPC Lab dan asosiasi drone di Surabaya. Drone itu rencananya akan dipergunakan untuk keperluan penyemprotan insektisida di sektor pertanian.

Meski demikian, Risma menilai bahwa untuk saat ini semua yang ada harus dikerahkan guna menekan seminimal mungkin persebaran corona. Pasalnya, virus ini sendiri penyebarannya relatif cepat sehingga jika tidak segera bertindak maka bisa terlambat.

"Ini memang (sebenarnya) untuk pertanian, tapi semua resource harus kita kerahkan," tutur Risma. "Kita berkejaran dengan waktu, untuk menekan jumlah lebih banyak korban, cara apapun kita lakukan."

Risma mengatakan akan terus melakukan penyemprotan disinfektan menggunakan drone hingga wabah corona tuntas. Karena menurutnya cara ini cukup efektif lantaran drone mampu menjangkau area perkampungan yang padat penduduk.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait