Dokter Italia 'Menyerah' Rawat Lansia Positif Corona, Pasien 95 Tahun Ini Justru Berhasil Sembuh
Dunia

Jumlah kasus positif COVID-19 di Italia terus meningkat tajam, menyebabkan sejumlah 'kebijakan kejam' diambil oleh pihak rumah sakit, salah satunya ditujukan untuk pasien lansia.

WowKeren - Italia menjadi salah satu negara dengan jumlah kasus positif COVID-19 terbanyak di dunia. Saat ini sebanyak 63.927 warga Italia dinyatakan positif terjangkit COVID-19, dengan 6.077 diantaranya berakhir meninggal dunia.

Jumlah kasus yang begitu banyak ini pun membuat tim medis Italia kuwalahan. Alhasil beberapa "kebijakan kejam" diberlakukan. Salah satunya adalah secara sengaja menyerah apabila berhadapan dengan pasien lansia positif COVID-19.

Hal mengerikan ini disampaikan oleh seorang dokter berkebangsaan Israel yang kini bekerja di Italia, Gai Peleg. Peleg yang berdinas di Parma, Italia, menyebut jumlah pasien positif di sana semakin tak terkendali.

Tentu peningkatan jumlah pasien ini tak sepadan dengan jumlah alat medis yang tersedia, termasuk ventilator. Oleh karenanya, sesuai apa yang didengar Peleg dari rumah sakit tempatnya bekerja, pasien dengan usia diatas 60 tahun kin tak lagi boleh menggunakan ventilator.

"Instruksi yang saya dengar dan lihat dari rumah sakit tempat saya bekerja," ujar Peleg, dilansir dari The Jerusalem Post, Selasa (24/3). "Pasien dengan usia diatas 60 tahun tidak lagi diperbolehkan mengakses alat pernapasan mekanik, termasuk ventilator karena jumlahnya yang terbatas."


Namun di balik instruksi kejam yang dibagikan Peleg itu, rupanya ada beberapa pasien lansia di Italia yang bak mendapatkan keajaiban. Sebab seorang nenek berusia 95 tahun kini menjadi pasien wanita tertua di Italia yang dinyatakan sembuh dari COVID-19.

Alma Clara Corsini, warga asal bagian utara Provinsi Modena, dinyatakan positif terjangkit COVID-19 pada 5 Maret 2020. Dengan berbagai pengobatan yang tersedia, Alma akhirnya dinyatakan sembuh total tanpa terapi antivirus sama sekali, seperti dikutip dari New York Post.

"Ya, ya, saya baik-baik saja," ujar Alma pekan lalu, dilansir dari Metro UK. "Mereka (tim medis) orang-orang baik yang merawatku dengan sangat luar biasa."

Alma pun praktis menjadi warga Modena pertama yang dinyatakan sembuh total dari infeksi virus Corona. Kini ia sudah keluar dari rumah sakit dan menjalani perawatan di rumah.

Pekan sebelumnya seorang pria Italia berusia 97 tahun juga dikabarkan sembuh dari infeksi virus Corona. Pria itu juga telah kembali ke rumahnya di Cremona, Lombardy, wilayah yang kekinian menjadi episentrum wabah di Italia. Ia pulang setelah dirawat selama 2 minggu.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait