Apa Itu Hantavirus yang Menghebohkan Tiongkok dan Sejak Kapan Virus Ini Muncul?
Health

Wabah Corona belum usai, belum lama ini Tiongkok dihebohkan dengan hantavirus. Lantas, apa itu hantavirus? Bagaimana proses penularannya dan bagaimana gejala yang dialami penderita jika terinveksi oleh virus ini? Berikut informasinya.

WowKeren - Mengutip The Centers for Disease Control and Prevention (CDC), hantavirus merupakan keluarga virus yang disebarkan oleh hewan pengerat, termasuk tikus. Infeksi akibat penyakit ini biasa disebut dengan Hantavirus Pulmonary Syndrome (HPS). Dikutip dari Indiatiday, Pusat Informasi Bioteknologi Nasional (NCBI) Amerika Serikat dalam sebuah jurnal menulis bahwa saat ini jenis hantavirus telah mencakup lebih dari 21 spesies yang disebabkan oleh tikus-tikus kecil.

Dari hasil penelusuran ditemukan fakta bahwa virus ini pertama kali muncul ketika terjadi perang Korea (1950-1953), di mana lebih dari 3.000 kasus demam berdarah Korea dilaporkan di antara pasukan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Pada tahun 1978, penyebab demam Hemerologis Korea berasal dari hewan pengerat yang terinfeksi virus di dekat sungai Hantan, Korea Selatan.

Karena itulah virus ini dinamakan dengan Hantan, sesuai dengan nama sungai tempat para tikus terinfeksi virus. Lalu pada tahun 1981, virus Hantan diberi nama baru yaitu hantavirus. Nama ini diperkenalkan di keluarga Bunyaviridae, karena mencakup virus yang menyebabkan demam hemoroligik dengan sindrom ginjal (HFRS).

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait