Tak Cuma Manusia, Kucing Peliharaan Juga Bisa Tertular Virus Corona
Dunia

Seekor kucing peliharaan di Brussel, Belgia dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19). Kucing itu tertular oleh pemiliknya yang memiliki riwayat pergi ke Italia di mana menjadi negara dengan tingkat terinfeksi terbanyak selain Tiongkok.

WowKeren - Seekor kucing di Brussel, Belgia dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19). Kucing tersebut diketahui tertular dari pemiliknya.

Pemilik kucing tersebut dilaporkan sempat mengunjungi Italia sebelumnya. Setelah pulang, ia melakukan kontak dekat dengan hewan peliharaannya tersebut. Tak lama kemudian kucing tersebut jatuh sakit dan pemeriksaan menyatakan hal itu disebabkan virus corona.

Dilansir Brussels Times, Senin (30/3), dokter hewan dari Liege University memastikan infeksi menular dari manusia ke kucing, bukan sebaliknya. Hal ini tentu mengejutkan sejumlah pihak.

Pasalnya ahli sebelumnya mengatakan manusia tidak seharusnya menularkan virus corona kepada binatang, karena hewan bukan vektor penyakit. Namun, profesor Fakultas Kedokteran Universitas Ghent sekaligus spesialis virologi, Hands Nauwynck mengatakan ia akan melakukan penelitian terkait hal ini.


"Saya tidak punya kritik terhadap kolega saya di Liege University. Diagnosis telah dibuat, saya tidak ragu dengan hasilnya," ujarnya. "Tapi kita sedang berurusan dengan tes PCR (polymerase chain reaction), cara mengidentifikasi bahan genetik virus."

"Tes ini positif untuk corona, baik. Tapi bagaimana tes dilakukan?" sambungnya. "Bagaimana sampel diambil dan dapatkah hasil itu dipercaya?"

Kucing tersebut pun akan dites lebih lanjut untuk mendapatkan hasil diagnosa akurat. Apalagi karena kasus kucing tertular virus corona dari manusia merupakan kasus luar biasa.

Ia juga akan menelusuri apakah kucing yang terinfeksi tersebut bisa kembali menularkan virus corona tersebut ke manusia. Ia khawatir kasus ini membuat banyak orang takut akan hewan peliharaannya.

Kekinian, keadaan kucing tersebut telah membaik. Begitupula dengan sang pemilik yang berangsur membaik meskipun lebih lambat dari peliharaannya.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait