Jangan Malas Rawat Wajah, 7 Jenis Skincare Ini Harus Tetap Digunakan Meski Di Rumah Saja!
Lifestyle
#dirumahsaja

Banyak orang yang tidak terlalu memperhatikan penampilan karena hanya berdiam diri di rumah. Padahal nyatanya, penggunaan skincare harus tetap berjalan untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan cantik.

WowKeren - Saat ini masyarakat Indonesia sedang berdiam diri di rumah untuk menjalani karantina mandiri guna mencegah penularan virus corona (COVID-19). Pemerintah sudah memberi himbauan kepada masyarakat untuk melakukan isolasi mandiri untuk mencegah penularan makin meluas.

Beberapa sekolah dan universitas telah meliburkan muridnya dan menjalankan pembelajaran online. Tak hanya itu, kantor juga telah menerapkan sistem work from home atau bekerja di rumah. Hal ini membuat banyak orang jarang menghabiskan waktu di luar rumah untuk bekegiatan.


Oleh karena itu, banyak orang yang tidak terlalu memperhatikan penampilan karena hanya berdiam diri di rumah. Padahal nyatanya, penggunaan skincare harus tetap berjalan meski hanya di rumah saja untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan cantik.

Memang tak semua skincare, namun ada beberapa perawatan wajah yang harus digunakan meski di rumah. Apa saja? Berikut tim WowKeren rangkum 7 skincare yang wajib digunakan meski sedang di rumah saja. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Face Cleanser


Face Cleanser

Meski sedang di rumah, jangan sampai kalian tidak mencuci wajah ya. Hal ini karena menurut dermatologis asal New York, Sejal Shah, membersihkan wajah meskipun Anda tidak mengenakan makeup, penting dilakukan untuk menghilangkan kotoran dan minyak di wajah.

Cucilah wajah kalian terutama saat mandi pagi dan malam sebelum tidur. Jika wajah kalian kering dan sedang berjerawat, hindari produk pencuci wajah yang mengandung butiran scrub. Sebab, produk ini malah akan memperparah jerawat dan bikin kulit makin kering.

2. Toner


Toner

Saat mencuci wajah, otomatis kulit di area wajah kalian akan menjadi kering. Untuk itu kalian wajib banget menggunakan toner. Fungsi toner ialah menyeimbangkan pH kulit setelah kita mencuci wajah. Jika pH kulit seimbang, wajah akan terlihat lebih cerah dan halus karena kadar minyaknya terkontrol.

Jika kulit wajah kalian enggak bermasalah, pakai hydrating toner saja sebenarnya sudah cukup. Namun jika sedang mengalami bruntusan atau jerawat kalian bisa menggunakan eksfoliasi toner yang berfungsi sebagai eksfoliasi dari dalam. Namun jangan gunakan tiap hari, cukup gunakan seminggu 2-3 kali saja ya.

3. Moisturizer


Moisturizer
https://www.theskincareedit.com/

Sama seperti toner, moisturizer atau pelembab ini berfungsi membuat kulit jadi lembab dan tak kering. Karena berada di dalam rumah sepanjang hari, terlebih saat ruangan menggunakan AC itu harus menjaga kelembapan kulit.

Salah satu caranya, yakni dengan memilih pelembap yang non-komedogenik atau produk yang tidak mudah menyumbat pori-pori kulit untuk pengguna skincare bebas jerawat. Sedangkan bagi pemilik wajah yang cenderung kering, menggunakan pelembap dengan kandungan asam hialuronat. Kandungan utama produk ini dapat mengembalikan kelembapan alami kulit serta mengatasi efek kering akibat adanya pendingin ruangan.

4. Sunscreen


Sunscreen
NY Post/Annie Wermiel

Ketika cuaca sedang mendung atau tidak tampak cerah karena sinar matahari, kalian mungkin memilih untuk melewatkan penggunaan sunscreen. Begitu pula ketika hanya akan berada di rumah, di kantor, atau di dalam ruangan saja seharian ini. Padahal sunscreen merupakan produk skincare wajib yang tetap harus kalian pakai meski sedang di rumah saja.

Walaupun tidak terpapar secara langsung, tapi sinar UV tetap bisa masuk ke dalam ruangan dari sela-sela kaca, pintu, maupun jendela. Bukan itu saja, pancaran sinar UVA ternyata dapat menembus masuk ke dalam ruangan melalui kaca, bahkan ketika cuaca sedang mendung sekali pun loh.

5. Krim Siang Dan Malam


Krim Siang Dan Malam

Meski hanya di rumah saja, tetapi setidaknya kalian dianjurkan untuk menggunakan krim siang dan malam hari. Hal ini dilakukan untuk melindungi kulit agar tetap berfungsi dengan baik dan jauh dari permasalahan kulit.

Krim siang dan malam hari juga wajib digunakan, karena radikal bebas mengancam di dalam rumah. Krim siang bisa menangkal radikal bebas dan terhindari dari flek hitam akibat memasak dan uap panas. Sementara, krim malam mengandung zat aktif yang menutrisi kulit wajah. Gunakan sebelum tidur agar zat aktif bekerja lebih maksimal ketika tubuh beristirahat.

6. Masker


Masker

Sudah pasti saat berada di rumah saja bukan berarti bebas stres. Stres memikirkan sesuatu dapat berakibat pada stres di wajah. Sehingga untuk meredam stres di wajah dan menciptakan suasana relaks, maka cobalah memanjakan diri dengan masker wajah. Masker wajah dapat mengatasi kelelahan dan mengurangi efek peradangan. Kalian bisa menggunakan masker wajah yang tersedia di pasaran atau menggunakan masker buatan sendiri.

Manfaatkan waktu kalian di rumah untuk membuat masker tradisional yang terbuat dari bahan-bahan alami. Misalnya saja, masker dari campuran putih telur untuk mengencangkan pori-pori, masker dari campuran madu dan gula untuk menghaluskan kulit, atau masker dari lemon dan yoghurt untuk mencerahkan kulit.

7. Lip Balm


Lip Balm
https://www.allure.com/

Enggak hanya wajah, bibir pun tetap perlu dijaga kelembapannya. Sebab jika tidak, bibir akan mudah kering dan mengalami pecah-pecah. Apalagi jika kalian banyak menghabiskan waku di dalam rumah dengan pendingin ruangan. Tak hanya kulit wajah, tapi bibir juga akan ikut kering.

Baiknya, lipbalm kalian pakai berulang agar bibir terlihat lebih segar. Jika enggak ada lip balm, kamu bisa gunakan petroleum jelly atau madu sebagai pengganti. Selain itu, hindari juga menjilat bibir saat kering karena akan makin membuat semakin kering.

Intip juga yuk rekomendasi face essence yang murah dan berkualitas dalam artikel berikut. Intip juga yuk beberapa perbedaan antara breakout dan purging [u=https://wowkeren.com/berita/tampil/00299306.htmldi sini[u].

You can share this post!

Related Posts