Najwa Shihab Sebut Aksi Usir Petugas Medis Hingga Tolak Jenazah Pasien Corona Keterlaluan
Instagram/najwashihab
Selebriti

Banyak terjadi kasus pengusiran petugas medis hingga penolakan jenazah pasien corona. Hal ini membuat Najwa Shihab miris sehingga memberi pesan menohok kepada masyarakat.

WowKeren - Jumlah kasus pasien terjangkit virus corona atau Covid-19 masih terus bertambah. Hal ini membuat para petugas medis kewalahan, bahkan tercatat sudah ada puluhan dokter yang meninggal dunia saat berjuang menyelamatkan para pasien Covid-19.

Namun perjuangan para petugas medis nyatanya menimbulkan stigma bahwa mereka membawa penyakit, hingga dijauhi dan diusir oleh masyarakat. Begitu pula dengan para jenazah pasien Covid-19 yang hendak dimakamkan ditolak oleh warga di beberapa daerah.

Kejadian tersebut membuat Najwa Shihab merasa miris dan patah hati karena stigmatisasi yang keterlaluan oleh masyarakat. Melalui postingan di Instagram belum lama ini, Najwa menegaskan tentang pentingnya menegakkan kemanusiaan di saat menjaga jarak dari wabah Covid-19.

"Melawan Stigma Corona. Belakangan muncul sederet peristiwa stigmatisasi antara satu sama lain dari kita sendiri di tengah pandemi ini. Mulai dari aksi pengusiran terhadap tenaga kesehatan, hingga mobil ambulans pengantar jenazah pasien COVID-19 yang diblokade hingga dilempari batu," ungkap Najwa. "Di satu sisi, kasus-kasus ini menunjukan kesadaran dan kewaspadaan pada virus COVID-19 mulai terbentuk. Namun, upaya menjaga jarak ini jangan kebablasan. Jaga jarak bukan berarti kita bebas mengusir orang atau menolak jenazah."


Lebih lanjut, Najwa juga mengajak masyarakat untuk menjauhi penyakit corona dan bukan orangnya. Presenter berusia 42 tahun ini juga meminta masyarakat untuk saling menjaga solidaritas di tengah wabah Covid-19 yang diprediksi akan berlangsung lama.

"Ingat jargon lama 'jauhi penyakitnya, bukan orangnya'. Seharusnya ini jadi pegangan kita. Wabah ini diprediksi masih akan berlangsung panjang. Guncangan-guncangan sosial juga akan terjadi. Inilah saatnya untuk memperkuat solidaritas," tutur Najwa. "Jarak fisik memang harus direnggangkan, tapi ikatan sosial justru harus dirapatkan. Kita tidak bisa sendirian mengatasi wabah ini. Hari ini, soliter seharusnya solider. Jaga jarak dengan penyakit, bukan dengan kemanusiaan."

Postingan Najwa tersebut pun membuat para netter merasa setuju dan mendukungnya. Mereka turut miris dengan orang-orang yang masih bertindak mendahulukan ego daripada rasa kemanusiaan.

"Setuju banget mbk Najwa," komentar akun @prin****anti. "Gila sih Indonesia rasa empati sama sesama nya masih kurang banget, dari kasus pandemi gini bukannya pada makin baik malah makin egois," sahut akun @ricko****njaya.

"Mirisss.... sebenarnya. Karna kebanyak warga kita tidak faham dan kurang mengerti," ujar akun @olla*****aret. "Mudah2an setelah melihat tayangan Mba Najwa, pandangan masyarakat bisa berubah jadi kuat solidaritas dan kemanusiaan," seru akun @ade*****ann.

(wk/evaa)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait