Gorontalo Tak Lagi Bebas Corona, Pasien Pertama Ternyata Peserta Ijtima Dunia di Gowa
humas.gorontaloprov.go.id
Nasional

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengungkap pasien asal Kabupaten Bone Bolango ini dinyatakan positif setelah menjalani rapid tes. Pasien tersebut sebelumnya mengikuti Ijtima Dunia di Gowa, Sulawesi Selatan.

WowKeren - Gorontalo sempat dinyatakan aman dari virus Covid-19. Namun status itu tak berlangsung lama.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie akhirnya mengungkap kalau wilayahnya kini menjadi provinsi terakhir yang memiliki kasus positif Corona. Kamis, 9 April, Rusli mengumumkan soal pasien positif Corona pertama di Gorontalo.

Pasien tersebut adalah seorang warga Kelurahan Tumbihe, Kecamatan Kabila, Kabupaten Bone Bolango. Ia sebelumnya mengikuti Tablig Akbar Ijtima Dunia di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan beberapa pekan lalu.

Hasil positif itu didapat setelah pasien menjalani rapid test pada Senin (6/4). Saat ini, pasien menjalani isolasi mandiri di rumahnya dengan diawasi instansi terkait.


Rusli lantas mengungkap akan melakukan isolasi pada semua jemaah yang ikut di acara yang sama. Diakui Rusli, pihaknya sudah total dalam melakukan berbagai cara agar tidak terjadi penularan.

"Kami sudah cukup berusaha agar tidak ada penularan, tapi kondisi ini sudah terjadi. Kami meminta warga untuk menjalankan semua himbauan pemerintah saat ini," ujar Rusli. "Semua jamaah tabligh se-Provinsi Gorontalo yang sempat ikut kegiatan di Gowa akan kami isolasi semua dan mohon kepada mereka untuk jujur datang menghadap kepada Bupati Wali Kota masing-masing. Mulai besok (Hari ini, 10 April)."

Nantinya, isolasi akan dilakukan di Mess Haji Gorontalo. Tak cuma itu, seluruh jemaah juga akan menjalani pemeriksaan. Rusli mengungkap kalau keluarga hingga kontak para jemaah juga akan ditelusuri demi meminimalisir penyebaran virus Corona.

"Kami akan tracing (lacak) istri, anak dan terakhir yang bersangkutan kontak dengan siapa. Termasuk rumahnya, mungkin dia punya kendaraan roda empat, roda dua, pakaian, peralatan rumah tangga, kita akan sterilkan," tegas Rusli.

Sebelumnya, Gorontalo sudah melakukan langkah preventif agar aman dari Corona. Diantaranya pemeriksaan ketat sesuai protokol Kementerian Kesehatan (Kemenkes) di seluruh pintu-pintu masuk Gorontalo, baik darat, laut, dan udara hingga menginstruksikan perbaikan pelayanan sesuai protokol kesehatan.

(wk/riaw)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait