Kedapatan Nongkrong di Bar Saat Karantina, Istri Wali Kota AS Dibui dan Didenda
Facebook
Dunia
Pandemi Virus Corona

Belum lama ini istri wali kota Alton, salah satu daerah di Illinois, ditangkap polisi akibat kedapatan mengunjungi bar bersama sejumlah rekannya dan melanggar aturan karantina.

WowKeren - Sejumlah negara bagian di Amerika Serikat telah menerapkan aturan ketat terkait social distanding maupaun karantina mandiri demi menekan angka pernyebaran virus corona (COVID-19). Tak terkecuali Illinois, sebagai salah satu negara bagian AS yang mencatatkan lebih dari 16 ribu kasus COVID-19.

Namun sayangnya, belum lama ini istri wali kota Alton, salah satu daerah di Illinois, justru ditangkap polisi akibat kedapatan melanggar aturan karantina. Dilansir The Telegraph pada Jumat (10/4), istri wali kota Brant Walker tersebut dilaporkan nongkrong bersama sejumlah rekannya di sebuah bar saat digerebek oleh polisi.

Ironisnya, Brant Walker sendiri selama ini dikenal gencar mengimbau para penduduk kota Alton untuk menuruti peraturan social distancing dan karantina. Kini, istrinya terancam hukuman pidana akrena melanggar larangan keluar rumah dan berkumpul.

Kepolisian Alton menyebut mereka menjerat istri sang wali kota karena melakukan pelanggaran ringan kelas A. Diketahui, pelanggar tersebut dapat dihukum hingga 364 hari penjara dan atau denda sebesar USD 2,500 (sekitar Rp39,6 juta).

Padahal sebelum penggerebekan ini, Brant Walker rupanya mengimbau pihak kepolisian untuk tidak segan menggunakan kewenangannya dalam menegur dan menangkap para penduduk yang tak menaati aturan larangan berkumpul. Hal tersebut diucapkan Brant saat mengikuti kunjungan kenegaraan di negara bagian tersebut, setelah petugas melaporkan bahwa terdapat orang-orang yang terus menentang aturan.


"Ini adalah masa yang sangat serius dan saya mohon Anda untuk tetap tinggal di rumah," kata Brant dalam pidatonya pada hari Jumat (3/4) pekan lalu.

Namun kurang dari 48 jam kemudian, polisi membubarkan kegiatan kumpul-kumpul di bar Hiram's Tavern, di pusat kota Alton. Istri Brant adalah salah satu orang yang ditangkap. Meski demikian, Brant menegaskan bahwa ia tidak akan memberikan keringanan apapun dan tetap meminta pihak kepolisian memperlakukan istrinya layaknya warga yang melanggar.

"Saya menginstruksikan kepala polisi untuk memperlakukannya (istri Brant) seperti setiap warga negara yang melanggar perintah menetap di rumah, dan untuk memastikan bahwa dia tidak menerima perlakuan khusus," tegasnya.

"Dia sekarang menghadapi konsekuensi yang sama untuk keputusannya yang keliru seperti orang-orang lain yang memilih untuk melanggar perintah. Saya malu dengan insiden ini dan meminta maaf kepada warga Alton atas segala dampak dari insiden ini," imbuhnya.

Sebagai informasi tambahan, saat ini Illinois telah mencatatkan 16,422 kasus positif corona. Dari jumlah tersebut, 528 di antaranya dilaporkan meninggal, dengan total 15,844 kasus aktif hingga berita ini ditulis.

(wk/luth)

You can share this post!

Related Posts