Kasus COVID-19 Tembus Lebih dari 5 Ribu Pasien, Jepang Pasang Status Darurat Nasional
Getty Images
Dunia
Pandemi Virus Corona

Angka kasus positif COVID-19 tersebut didapatkan dari total 52,901 orang yang diperiksa di Jepang dalam satu hari. Termasuk 712 orang yang berada di kapal pesiar Diamond Princess.

WowKeren - Jumlah kasus positif virus corona (COVID-19) di Jepang terus mengalami lonjakan yang drastis. Bahkan hingga berita ini ditulis, worldometers.info mencatatkan bahwa ada sekitar 5,530 kasus positif COVID-19 yang dikonfirmasi di Jepang.

Jumlah ini mengalami kenaikan yang signifikan lantaran dalam 24 jam terakhir ada 680 kasus baru yang dikonfirmasi, dengan jumlah korban meninggal sebanyak 99 jiwa dan 685 pasien lainnya dinyatakan sembuh.

Angka tersebut didapatkan dari total 52,901 orang yang diperiksa di Jepang dalam satu hari. Termasuk 712 orang yang berada di kapal pesiar Diamond Princess.

Dilansir dari CNN, berdasarkan peta yang dibuat menggunakan data dari Otoritas Informasi Geospasial Jepang, kasus terbanyak terdapat di Tokyo dengan 144 orang. Sementara kasus lainnya tersebar di beberapa wilayah, seperti di Prefektur Hokkaido, Chiba, Saitama dan Kanagawa.


Tokyo dan beberapa kota besar di Jepang tampak sangat sepi sejak pemberlakuan status darurat nasional pada Selasa lalu. Banyak toko yang tutup dan lebih sedikit orang berada di jalan.

Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, melakukan hal itu untuk mengekang penyebaran virus corona, khususnya di beberapa daerah yang dinilai terdampak virus paling besar. Keadaan darurat yang telah diumumkan berpusat di Tokyo, Chiba, Kanagawa dan Saitama, Osaka, Hyogo serta Fukuoka.

Pengelola taman hiburan Disneyland dan DisneySea Tokyo, Oriental Land, juga kembali memperpanjang penutupan mereka, dan berencana akan kembali beroperasi pada pertengahan Mei mendatang sesuai anjuran pemerintah.

Sebagai informasi tambahan, Jepang sendiri berada di urutan keempat sebagai negara di Asia dengan jumlah kasus corona terbanyak. Jepang mengekor di belakang Tiongkok yang melaporkan 81,907 kasus, kemudian Korea Selatan dengan 10,450 kasus, serta India yang mencatatkan 6,771 kasus.

Sementara itu, sejauh ini ada 1,605,712 kasus positif COVID-19 yang dikonfirmasi di seluruh dunia. 95,766 di antaranya dinyatakan tewas, dan 356,986 dilaporkan telah sembuh.

(wk/luth)

You can share this post!

Related Posts