Berikut Langkah-Langkah Perangi Pandemi Corona Global Ala Bill Gates
Dunia

Bill Gates memperingatkan bahwa jika virus tersebut dibiarkan menyebar di negara-negara berkembang tanpa hambatan, maka negara-negara kaya juga akan ikut terhantam di gelombang virus berikutnya.

WowKeren - Pendiri Microsoft, Bill Gates, meminta agar para pemimpin dunia bersatu untuk memerangi pandemi virus corona (Covid-19). Bill Gates juga meminta para pemimpin tersebut untuk memastikan alat pelindung, perawatan Covid-19 dan vaksin dapat terdistribusi dengan adil.

Melansir The Sunday Telegraph pada Senin (13/4), mengusulkan pendekatan global dalam memerangi pandemi corona ini. Ia juga memperingatkan bahwa jika virus tersebut dibiarkan menyebar di negara-negara berkembang tanpa hambatan, maka negara-negara kaya juga akan ikut terhantam di gelombang virus berikutnya.

"Virus tersebut tidak memedulikan perbatasan," tutur Bill Gates. "Bahkan jika negara kaya berhasil menekan penyakit tersebut selama beberapa bulan ke depan, Covid-19 dapat kembali jika pandemi tetap cukup parah di tempat lain."

Bill Gates sendiri sebelumnya sudah sempat memperingatkan dunia akan adanya pandemi. Ia pun mengusulkan agar para pemimpin dunia melakukan 3 langkah untuk memerangi pandemi corona ini.


"Yang pertama adalah memastikan sumber daya dunia untuk memerangi pandemi ini, seperti masker, sarung tangan, dan tes diagnostik, dialokasikan secara efektif," ujar Bill Gates. "Saya sangat mempercayai kapitalisme, tetapi beberapa pasar tidak berfungsi dengan baik dalam pandemi, dan pasar untuk persediaan yang menyelamatkan jiwa adalah contoh nyata."

Yang kedua, ia meminta agar para pemimpin dunia melakukan penelitian dan pengembangan dana yang diperlukan untuk mengembangkan vaksin. Menurut Bill Gates, setidaknya ada 8 vaksin yang berpotensi efektif melawan Covid-19 yang sedang dalam pengembangan.

Namun, masih dibutuhkan dana 2 miliar dolar lebih jika vaksin-vaksin tersebut hendak dikirim dalam waktu 18 bulan. "Itu akan menjadi waktu tercepat bagi manusia untuk melihat patogen baru hingga mengembangkan vaksin menentangnya," terangnya.

Yang terakhir, Bill Gates juga meminta agar G20 memikirkan tentang bagaimana vaksin akan diproduksi dan didistribusikan sekarang. Pasalnya, produksi setiap vaksin membutuhkan teknologi yang unik.

"Kita belum yakin vaksin mana yang akan paling efektif, dan dibutuhkan teknologi untuk membuat masing-masing vaksin. Ini artinya, negara perlu berinvestasi dalam berbagai jenis fasilitas manufaktur sekarang," ungkap Bill Gates. "Jika tidak, kita akan menyia-nyiakan beberapa bulan setelah laboratorium menemukan vaksin untuk menunggu produsen yang tepat berkembang."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru