Tiongkok Eksklusif Kirim Tim Ahli Medis ke Korea Utara untuk Cek Kondisi Kim Jong Un
Getty Images
Dunia

Delegasi ini dipimpin oleh seorang anggota senior dari Departemen Penghubung Internasional Partai Komunis Tiongkok dan berangkat pada Kamis (23/4) dari Beijing menuju Korea Utara.

WowKeren - Akhir-akhir ini pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, tengah ramai dikabarkan dalam kondisi kritis usai melakukan operasi kardiovaskular. Terkait rumor ini, pemerintah Tiongkok rupanya langsung mengirimkan tim khusus, termasuk ahli medis ke Korea Utara untuk mengecek kondisi Kim Jong Un.

Seorang sumber menyatakan tim tersebut berangkat pada Kamis (23/4) dari Beijing menuju Korea Utara. Namun dilansir Reuters pada Sabtu (25/4), sumber tersebut menolak untuk diidentifikasi mengingat sensitivitas persoalan ini.

Akan tetapi, disebutkan bahwa delegasi ini dipimpin oleh seorang anggota senior dari Departemen Penghubung Internasional Partai Komunis Tiongkok. Disebutkan pula bhawa departemen itu adalah badan yang berurusan langsung dengan negara tetangga Korea Utara.

Sebelumnya, pejabat pemerintah Tiongkok menentang laporan yang menyatakan Kim Jong Un dalam kondisi kritis. Mereka menyatakan tidak menemukan tanda aktivitas tak biasa di Korea Utara. Hal serupa juga dinyatakan oleh pemerintah Korea Selatan, di mana inteijen mereka menyatakan Kim Jong Un masih hidup dan akan segera muncul.


Tak hanya itu, Presiden AS Donald Trump pada Kamis (23/4) juga menampik laporan terkait kondisi Kim Jong Un seperti rumor yang beredar. "Kurasa laporan itu tidak benar," katanya.

Spekulasi soal kondisi kesehatan Kim Jong Un sendiri mulai merebak setelah putra mendiang Kim Jong-il itu tak terlihat dalam acara tahunan perayaan kelahiran Kim Il-sung di Istana Matahari Kumsusan pada 15 April lalu. Hal itu menimbulkan spekulasi terkait kondisinya. Sebab, perayaan hari jadi mendiang sang kakek, pendiri negara, merupakan salah satu hari libur nasional paling penting di Korea Utara.

Sementara itu, Daily NK yang mengutip sumber-sumber internal melaporkan, Kim sedang beristirahat dan menjalani pemulihan di sebuah vila di daerah resor Gunung Kumgang, Hyangsan. Dia sebelumnya telah menjalani operasi kardiovaskular pada 12 April di sebuah rumah sakit.

Menurut Daily NK, kesehatan Kim telah menurun dalam beberapa bulan terakhir. Kim dikenal sebagai perokok berat, dan mengalami obesitas. Selain itu, dia terlalu banyak bekerja sehingga kurang istirahat.

Kim Jong Un sendiri muncul terakhir kali di depan umum pada 11 April lalu saat memimpin pertemuan Partai Buruh dalam rangka penanggulangan pandemi virus corona.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait