Tagar #UndipKokJahatSih Trending Gegara Kenaikan UKT, Kampus Beri Klarifikasi
Nasional

Mahasiswa Universitas Diponegoro bersama-sama menyuarakan kritikan mereka menanggapi kebijakan kampus untuk menaikkan besaran uang kuliah tunggal (UKT) tahun ajaran 2020/2021.

WowKeren - Beberapa waktu belakangan tagar yang menyertakan nama universitas tertentu kerap menghiasi lini masa media sosial Indonesia. Usai Universitas Brawijaya, kini ganti tagar #UndipKokJahatSih yang menjadi trending topic.

Tagar #UndipKokJahatSih Trending Gegara Kenaikan UKT, Kampus Beri Klarifikasi

Twitter

Sesuai tagarnya, Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah lah yang menjadi sasaran tagar tersebut. Namun apa pemicu naiknya tagar ini?

Ternyata tagar ini menjadi trending topic karena banyaknya mahasiswa yang menyuarakan amarah mereka akibat kenaikan harga uang kuliah tunggal (UKT). Masalah kenaikan UKT ini menjadi pemicu munculnya berbagai tuntutan lain yang dirasa tak adil pengelolaannya oleh pihak mahasiswa.

Banyak yang menyayangkan kebijakan Undip untuk menaikkan UKT ketika Indonesia sedang krisis akibat pandemi COVID-19. Menanggapinya, pihak Undip pun akhirnya buka suara.


Menurut Undip, kenaikan UKT ini hanya berlaku bagi mahasiswa baru. Justru saat ini Undip memberikan keringanan bahkan pembebasan UKT bagi mahasiswa lama karena krisis yang terjadi.

"Undip tidak pernah menaikkan UKT mahasiswa lama," tegas Kasubag Humas Undip, Utami Setyowati, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (2/5). "Saat pandemi ini Undip justru peduli dengan memberikan keringanan bahkan pembebasan UKT sepanjang memenuhi syarat dan ketentuan."

"Tidak hanya untuk mahasiswa lama, bagi mahasiswa baru pun Undip akan memberikan keringanan, penundaan bahkan pembebasan UKT," imbuh Utami, sebagaimana dilansir dari Detik News. "Karena ketidakmampuan finansial dampak pandemi COVID sepanjang memenuhi syarat dan ketentuan."

Tak hanya itu, Utami pun membeberkan pihaknya tak berdiam diri dan aktif menunjukkan kepedulian di tengah masa pandemi. Seperti misalnya dengan memberi bantuan berupa sembako, kuota internet, hingga magang bagi setiap mahasiswa. Namun kebijakan kenaikan UKT ini sudah dibahas sejak beberapa waktu lalu dan telah disahkan dalam rapat tahun lalu.

"UKT untuk mahasiswa baru tahun 2020 telah dibahas tahun 2019 bersama dengan BEM Fakultas masing-masing dan diputus pada bulan Februari 2020," pungkas Utami. "Sebelum terjadinya wabah COVID-19 di Indonesia."

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait