Anak Kos Harus Tahu! 8 Kegiatan Ini Ampuh Usir Rasa Sepi Saat Hidup Sendiri di Tengah Pandemi Corona
SerbaSerbi
COVID-19 di Indonesia

Bagi anak kos yang terjebak di tanah rantau selama Pandemi Corona, rasa sepi pasti akan menghampiri. Tapi tenang, sebab ada beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk membunuh waktu dan mengusir rasa sepi. Penasaran apa saja itu?

WowKeren - Berdiam diri di rumah selama Pandemi Corona tak jarang membuat seseorang mudah merasa bosan dan jenuh. Apalagi jika kamu tinggal di tanah rantau seorang diri. Rasa kesepian karena jauh dari keluarga pasti menghampiri.

Jika terus dibiarkan, rasa kesepian itu bisa saja berujung pada depresi. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan berbagai aktivitas menarik untuk menghabiskan waktu selama menjalani isolasi mandiri. Dengan begitu, rasa kesepian yang kamu rasakan akan menghilang dan teralihkan.


Nah apa kamu penasaran kegiatan menarik apa saja yang bisa kamu lakukan di kos selama menjalani isolasi mandiri? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Lakukan Rutinitas Seperti Biasa


Lakukan Rutinitas Seperti Biasa

Salah satu cara untuk tidak merasa kesepian adalah dengan menyibukkan diri. Karena itu, tetap lakukan rutinitas kamu seperti biasa. Jika kamu sedang WFH maupun belajar dan kuliah dari rumah, lanjutkan kegiatan itu sebagaimana adanya. Buat jadwal harian agar kegiatanmu dapat terorganisir dengan baik.

Meski bekerja dan belajar dari rumah, jangan sampai terlena apalagi bermalas-malasan. Usahakan untuk tetap produktif dan penuhi kewajibanmu dengan baik. Kamu bisa menyimak tips tetap produktif selama WFH di sini serta tips agar bisa menjalankan kuliah online dengan maksimal lewat artikel ini.

2. Hubungi Keluarga dan Sahabat Secara Online


Hubungi Keluarga dan Sahabat Secara Online

Agar kamu tidak merasa kesepian meski sendirian di kos, selalu luangkan waktu untuk menjalin komunikasi dengan orang terdekat. Manfaatkan kecanggihan teknologi untuk menghubungi keluarga di kampung halaman maupun sahabat dan kekasih. Usahakan untuk melakukan minimal satu interaksi setiap harinya.

Kamu bisa mengirim pesan teks, melakukan panggilan telepon maupun panggilan video. Tanyakan kabar mereka dan beritahu bagaimana kondisi kamu di tanah rantau. Kalian juga bisa saling menenangkan agar tidak khawatir berlebihan di tengah pandemi ini. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa sendirian menghadapi situasi sulit ini.

3. Membaca Buku dan Menonton Film


Membaca Buku dan Menonton Film

Kegiatan seru berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengusir rasa sepi di kos adalah membaca buku. Kegiatan satu ini memiliki banyak manfaat luar biasa untuk diri kita. Mulai dari menambah wawasan, meningkatkan kecerdasan, daya ingat, konsentrasi, lebih luwes dan fasih dalam bertutur kata dan masih banyak lagi. Kalau bisa, buat target khusus untuk membaca buku. Misalnya satu buku dalam satu minggu atau satu buku dalam satu bulan.

Selain itu, kamu juga bisa menghabiskan waktu dengan menonton film. Faktanya menonton film memiliki banyak sekali manfaat, termasuk untuk mengusir stres dan menyegarkan pikiran. Kamu bebas menonton film apa saja yang kamu inginkan, asal jangan sampai lupa waktu dan meninggalkan kewajibanmu ya.

4. Memasak


Memasak

Memasak merupakan kegiatan menyenangkan berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengusir rasa sepi di kos. Jika biasanya kamu terlampau sibuk, dalam momen karantina mandiri ini kamu bisa mengasah kemampuan memasak dan mencoba berbagai resep baru.

Terlebih di tengah pandemi virus Corona saat ini, memasak sendiri akan lebih baik daripada terlalu sering membeli makanan di luar. Karena selain lebih hemat, kebersihannya pun akan lebih terjamin. Kamu bebas memasak makanan apapun yang kamu inginkan, sesuai dengan bahan-bahan yang ada di kos. Dan usahakan masakanmu mengandung komponen empat sehat lima sempurna ya.

5. Mengembangkan Hobi


Mengembangkan Hobi

Daripada meratapi momen sepi di kos sendirian, akan lebih baik untuk mengembangkan bakat yang kamu miliki. Manfaatkan momen karantina mandiri untuk melakukan hobi yang selama ini jarang dilakukan karena kamu sibuk dengan kegiatan di luar rumah. Tentunya hobi yang dimaksud di sini adalah kegiatan yang bisa dilakukan di dalam rumah ya.

Jika kamu suka bermusik, kamu bisa mengasah keterampilanmu dalam bermain gitar. Kamu juga bisa membuat kerajinan tangan, karya seni, melukis dan masih banyak lagi. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan energi positif karena merasa gembira saat melakukan sesuatu yang memang kamu sukai. Selain itu, kamu juga bisa melupakan rasa sepi karena berada di kos sendirian.

6. Mendengarkan Radio


Mendengarkan Radio

Kehadiran musik digital maupun layanan streaming membuat kita melupakan radio yang dulu sangat berjaya. Untuk mengusir rasa sepi dan nostalgia, tak ada salahnya untuk mendengarkan radio saat menjalani karantina mandiri di tanah rantau. Di tengah pandemi Corona, berbagai stasiun radio tetap beroperasi dan menghadirkan beragam konten menarik untuk pendengar setianya.

Terlebih di zaman modern seperti saat ini kita bisa mendengarkan radio di mana saja dan kapan saja. Cukup bermodalkan laptop maupun ponsel, kamu bisa mendengarkan siarannya secara online. Agar lebih seru, jangan lupa untuk titip salam ya, bisa ke sahabat maupun pujaan hati!

7. Bernyanyi dengan Aplikasi Khusus Karaoke


Bernyanyi dengan Aplikasi Khusus Karaoke

Saat ini ada banyak sekali aplikasi khusus karaoke yang bisa diunduh secara gratis di Play Store. Nah, kamu bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi satu ini untuk mengusir rasa sepi saat harus berdiam di kos selama Pandemi Corona. Jika menginginkan cara yang lebih seru, kamu bisa melakukan panggilan video dan berkaraoke bersama dengan teman-temanmu secara online.

Perlu diketahui bahwa bernyanyi memiliki sejumlah manfaat baik untuk kesehatan mental. Dalam studi yang dimuat dalam The Journal of Royal Society for the Promotion of Health, lebih dari 40 persen partisipan setuju bahwa bernyanyi dapat membuat mood lebih positif, menimbulkan perasaan bahagia dan baik untuk kesehatan jiwa.

8. Olahraga


Olahraga

Dalam situasi normal kamu mungkin jarang melakukan olahraga karena kesibukan harian. Karena itulah manfaatkan momen ini untuk berolahraga sekaligus mengusir rasa sepi saat menjalani karantina mandiri di kos. Tak perlu olahraga berat, sebab kamu bisa melakukan olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang saja asal dilakukan secara rutin untuk membakar kalori dalam tubuh.

Kamu bisa melakukan beberapa olahraga dalam ruangan seperti push up dan sit up, senam aerobik, yoga, lompat tali, naik turun tangga, angkat beban hingga kardio. Dengan begitu, kamu bisa menjaga tubuh agar tetap sehat sekaligus mengusir rasa sepi saat sendirian di kos selama Pandemi Corona.

Demikian delapan kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mengusir rasa sepi saat harus menjalani karantina mandiri di kos. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai kegiatan seru yang bisa kamu lakukan selama merayakan lebaran di rumah bersama keluarga. Selain itu, kamu juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai kegiatan menarik yang bisa kalian lakukan bareng anak selama mereka libur di rumah.

You can share this post!

Related Posts