Sangat Berbeda, Sarah Azhari Bandingkan Suasana Lebaran di Amerika dan Indonesia
Instagram/sazarita
Selebriti
Idul Fitri 2020

Sarah Azhari memang diketahui kini tengah menetap di Los Angeles, Amerika Serikat. Sarah pun mengungkapkan suasana yang berbeda saat merayakan Idul Fitri di Indonesia dan Amerika.

WowKeren - Sarah Azhari juga ikut merayakan Idul Fitri di Los Angeles, Amerika Serikat. Sarah memang diketahui kini tengah tinggal di negara Paman Sam tersebut.

Selama tinggal di negara minoritas Muslim tersebut, Sarah tentu memiliki tradisi yang berbeda dari biasanya saat merayakan Idul Fitri. Terlebih lagi, Los Angeles juga memberlakukan lockdown akibat pandemi virus Covid-19. Ia juga membandingkan suasana Amerika dan Indonesia yang sangat berbeda saat Idul Fitri.

"Ya sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini kan di USA lockdown, seperti sekolah, public park tutup semua dan keluar rumah juga jarang. Jadi ya di rumah aja," kata Sarah dilansir dari detikHOT. "Suasana Ramadan di USA selalu berbeda dibandingkan di Indonesia."

Biasanya, Sarah bersama anaknya, Albany dan keluarga melaksanakan salat Id di Konsulat Jenderal Indonesia. Usai salat Id, mereka pasti disuguhi makanan khas Lebaran. Namun berbeda dengan tahun ini, Sarah mengaku hanya di rumah.

"Tapi karena tahun ini ada pandemik, ya paling hanya di rumah atau ke rumah kakak dan adik saya yang kebetulan tinggal di sini juga," ujar Sarah.


Selain itu, Sarah mengaku masih takut bepergian ke tempat-tempat umum. Beberapa tempat juga dikatakan masih banyak yang tutup.

"Saya paling ke rumah kakak atau adik saya aja waktu lebaran. Karena masih takut dan tempat-tempat banyak yang masih tutup," ucap Sarah. "Jadi enggak ada planning keluar-keluar atau silaturahmi ke teman-teman muslim karena masih social distancing."

Meski sudah tinggal cukup lama di Los Angeles, Sarah tetap merindukan Indonesia. Apalagi saat Hari Raya Idul Fitri tiba, Sarah merasa sangat rindu suasana Tanah Air. "Ya pasti kangen, karena suasana di Indonesia lebih marak dan ramai," cerita Sarah.

Wanita berusia 42 tahun ini kemudian menceritakan bahwa dirinya biasa mengunjungi rumah sang kakak dan adiknya yang juga tinggal di Amerika. Sarah mengungkapkan bahwa sang kakak sangat mahir memasak hidangan khas Lebaran.

"Saya biasanya ke tempat kakak saya yang biasanya masak makanan khas Lebaran, seperti sayur pepaya, rendang, sambal hati, semur pakai lontong karena ketupat dari kelapa, enggak ada di sini. Jadi diganti lontong," tutur Sarah. "Kakak plus adik saya, Rahma juga bikin kue nastar resep keluarga. Biasanya dikasih sedikit karena enggak kemakan juga kalau terlalu banyak. Makanya saya enggak bikin, minta sedikit aja dari mereka."

Lebih lanjut, Sarah mengungkapkan bahwa keluarganya berkomunikasi dan bersilaturahmi dengan keluarga di Indonesia lewat media sosial. "Paling lewat social media aja silaturahminya atau video call, atau text message. Semuanya virtual," pungkas Sarah.

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts