Asal-asalan Bisa Berakibat Fatal, Intip 7 Tips Saat Menggunakan Softlens Ini Agar Tetap Aman
Health

Menggunakan lensa kontak tidak boleh asal, apalagi bagi para pemula. Pasalnya mata kalian mungkin saja terasa perih hingga iritasi akibat penggunaan lensa kontak yang salah.

WowKeren - Lensa kontak atau softlens adalah pilihan alternatif bagi mereka yang memiliki masalah penglihatan namun enggan menggunakan kacamata. Tak hanya itu, penggunaan softlens juga dapat membuat penampilan menjadi lebih menarik. Oleh karena itu, softlens saat ini sangat diminati oleh banyak orang.

Akan tetapi, menggunakan lensa kontak tidak boleh asal, apalagi bagi para pemula. Pasalnya mata kalian mungkin saja terasa perih hingga iritasi akibat penggunaan lensa kontak yang salah. Maka dari itu, penting mengetahui cara memakai softlens agar tidak perih hingga iritasi.

Penggunaan softlens yang sembarang juga bakal membuat kalian mengalami berbagai gangguan kesehatan mata sampai kebutaan. Untuk itu, berikut tim WowKeren rangkum 7 tips menggunakan softlens dengan aman dan anti iritasi. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Perhatikan Masa Kedaluwarsa Softlens


Perhatikan Masa Kedaluwarsa Softlens

Hal pertama yang harus kalian perhatikan jika hendak menggunakan softlens adalah mengetahui masa kedaluwarsanya. Banyak orang yang mengabaikan hal ini, padahal ini adalah hal yang paling penting dan harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan mata kalian.

Umumnya, di kotak softlens ada masa kedaluwarsa softlens. Untuk itu, perhatikan baik-baik kapan masa kedaluwarsa yang kalian gunakan dan ketahui kapan saatnya kalian butuhh softlens baru. Softlens yang telah kedaluwarsa dikhawatirkan akan berbahaya buat kesehatan serta kecantikan mata.

2. Cuci Tangan Sebelum Memasang Softlens


Cuci Tangan Sebelum Memasang Softlens

Aturan ini sebenarnya harus diterapkan oleh semua pengguna lensa kontak. Pasalnya, langsung memegang dan memakai lensa kontak tanpa mencuci tangan terlebih dahulu dapat berisiko memindahkan patogen penyebab infeksi dari jari tangan ke softlens, lalu berakhir di mata kalian.

Kuncinya, biasakan untuk selalu mencuci tangan pakai sabun lalu bilas dengan air mengalir sampai bersih. Kemudian keringkan seluruh bagian tangan sebelum kalian menggunakan lensa kontak.

3. Lepas Softlens Sebelum Tidur


Lepas Softlens Sebelum Tidur

Banyak sekali kasus yang berujung kebutaan karena penggunanya nekat memakai softlens saat tidur. Kebiasaan tidur masih memakai lensa kontak bisa merusak produksi air mata alami yang seharusnya melumasi seluruh bagian mata. Akibatnya, mata kalian akan kering parah.

Bukan hanya itu, Nicky Lai, O.D., seorang spesialis kesehatan mata di The Ohio State University, menjelaskan bahwa sering lupa melepas softlens saat hendak tidur dapat membahayakan kornea mata yang merupakan lapisan pelindung paling luar. Alasannya, karena jumlah oksigen yang masuk ke mata selama tidur tidak sebanyak dibanding ketika mata terbuka.

4. Hindari Memakai Softlens Terlalu Lama


Hindari Memakai Softlens Terlalu Lama

Meski dengan memakai softlens kalian akan merasa lebih percaya diri, nyaman dan mengesankan, usahakan agar tidak memakai softlens dalam waktu lama. Gunakan softlens sesuai kebutuhan. Memakai softlens terlalu lama akan membuat mata sulit bernafas dan rentan terhadap berbagai masalah.

Sebaiknya beri ruang untuk mata agar bisa bernapas lega selama beberapa jam sehari. Sisihkan sebagian waktu kalian dalam sehari tanpa menggunakan softlens. Tujuannya untuk membiarkan mata agar mendapatkan oksigen serta nutrisi yang cukup dari air yang diproduksi secara alami oleh mata, tanpa harus terhalang oleh lensa kontak.

5. Rutin Bersihkan Wadah Softlens


Rutin Bersihkan Wadah Softlens

Selain kebersihan softlens, kalian juga harus memperhatikan kebersihan wadah tempat menyimpannya. Bersihkan wadah penyimpanan softlens secara rutin setiap kali kalian menggunakannya atau bahkan setiap hari demi menjamin kebersihannya.

Lebih baik lagi jika setelah softlens dipakai ke mata, maka wadah softlens harus dibilas menggunakan larutan atau cairan pembersih softlens. Kemudian diamkan sampai kering atau lap dengan tisu bersih. Semua langkah ini bisa memperkecil kemungkinan timbulnya peradangan dan infeksi penyebab masalah pada mata.

6. Gunakan Tetes Mata Sesering Mungkin


Gunakan Tetes Mata Sesering Mungkin

Selain itu jangan lupa untuk memberikan asupan kelembaban yang cukup untuk mata kalian. Tetes mata adalah salah satu benda yang wajib dimiliki oleh orang yang sering mengenakan softlens apalagi memiliki mata kering. Produksi air mata yang tidak mampu melumasi mata dengan baik, bisa lebih terbantu dengan adanya air mata buatan dari obat tetes mata.

Air mata memiliki peran penting sebagai pelindung mata dari kuman sekaligus menjaga kesehatan mata secara menyeluruh. Itu sebabnya, jumlah air mata yang tidak mencukupi pada penderita mata kering tidak hanya menciptakan rasa tidak nyaman, melainkan juga akan meningkatkan risiko infeksi.

7. Gunakan Softlens Sekali Pakai


Gunakan Softlens Sekali Pakai

Pada dasarnya, ada dua jenis lensa kontak yang umum beredar di pasaran, yakni yang bisa dipakai selama beberapa bulan dan lensa kontak sekali pakai. Nah, softlens yang paling dianjurkan adalah yang tidak boleh dipakai dalam waktu lama. Sehingga alangkah lebih baiknya lagi bila kalian memilih softlens sekali pakai.

Hal ini karena softlens yang sudah dipakai dalam waktu lama terdapat banyak kotoran yang menumpuk di dalamnya, sehingga menyulitkan air mata untuk menyebar secara merata ke seluruh area mata kalian. Selain itu, softlens sekali pakai ini juga praktis, kalian enggak perlu repot-repot membersihkannya setiap selesai digunakan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru