Isi Waktu Luang Dengan Percantik Halaman, Ini 8 Rekomendasi Bunga Hias Yang Mudah Ditanam Di Rumah
SerbaSerbi

Berkebun mungkin bisa menjadi salah satu hobi yang bisa kalian lakukan di sela-sela waktu luang di rumah. Berbagai macam tanaman bisa kalian coba tanam di rumah. Enggak ada salahnya juga mencoba menanam bunga hias yang bisa mempercantik kebun.

WowKeren - Pandemi COVID-19 yang melanda berbagai negara di dunia termasuk Indonesia tentu saja mempengaruhi banyak hal. Banyak orang yang memilih untuk tetap di rumah untuk mengurangi penularan virus yang menyerang sistem pernafasan itu. Akibatnya banyak orang yang mencari hobi baru untuk mengisi waktu luang di rumah.

Berkebun mungkin bisa menjadi salah satu hobi yang bisa kalian lakukan di sela-sela waktu luang di rumah. Berbagai macam tanaman bisa kalian coba tanam di rumah. Selain sayur, enggak ada salahnya juga mencoba menanam bunga hias yang bisa mempercantik kebun atau interior rumah kalian kan?

Memilih bunga yang cocok ditanam di halaman rumah tidak terlalu sulit. Kalian harus memahami jenis tanaman tersebut, cara menanamnya, cara merawatnya, dan tempat yang tepat untuk menanamnya. Karena tidak semua tanaman harus terkena matahari langsung, dan juga ada yang tidak harus sering disiram. Untuk itu berikut tim WowKeren rangkum beberapa bunga yang cocok ditanam di halaman rumah kalian. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Bunga Anggrek


Bunga Anggrek

Anggrek merupakan salah bunga hias yang diminati banyak orang. Anggrek merupakan satu suku tumbuhan berbunga dengan anggota jenis terbanyak. Jenis-jenisnya tersebar luas dari daerah tropika basah hingga wilayah sirkumpolar, meskipun sebagian besar anggotanya ditemukan di daerah tropika.

Anggrek epifit dapat hidup dari embun dan udara lembap. Bunga anggrek berbentuk khas dan menjadi penciri yang membedakannya dari anggota suku lain. Bunga-bunga anggrek tersusun majemuk, muncul dari tangkai bunga yang memanjang dan ketiak daun. Anggrek biasa dijual sebagai tanaman pot mau pun bunga potong.

2. Bunga Petunia


Bunga Petunia

Tanaman bunga Petunia memberikan lansekap bunga-bunga yang penuh warna cerah. Tanaman ini cocok ditanam di pot gantung atau pot di atas meja atau teras depan. Untuk pilihannya, bunga ini memiliki ratusan jenis bibit yang tersedia di toko kebun.

Bibit-bibit ini menawarkan pilihan bunga berbagai warna mulai dari bunga dengan warna solid dan multi-warna. Perawatan jenis tanaman hias bunga ini memerlukan penyiraman secara teratur dan sinar matahari yang cukup. Sehingga petunia bisa jadi pilihan tepat untuk kalian yang enggak ingin ribet.

3. Bunga Pentas


Bunga Pentas

Bunga yang satu ini cocok untuk kalian yang enggak sabar ingin melihat hasil bercocok tanam kalian. Bunga pentas sangat rajin berbunga karena dalam setahun bisa berbunga hingga 4 kali. Cara menanamnya juga mudah, kalian hanya memerlukan media tanam awal bibit seperti 70% sekam, pupuk organik yang di campur dengan tanah subur sebanyak 30%.

Penyiraman bunga ini sehari satu kali dan pemupukan dilakukan sebulan sekali. Lebih bagus jika pupuk yang digunakan adalah organik. Media tanam juga sebaiknya diganti setiap 6 bulan sekali. Meskipun tanaman ini sangat tahan panas, namun tanaman ini tidak terlalu suka dengan terik matahari yang berlebihan karena tangkai dan daunnya yang mudah terbakar.

4. Kembang Sepatu


Kembang Sepatu

Bunga sepatu merupakan jenis bunga hias yang sering terlihat di kebun-kebun masayarakat Indonesia. Bunga Kembang Sepatu ini berbentuk terompet dengan diameter bunga sekitar 6 cm hingga 20 cm. Putiknya menjulur ke luar dari dasar bunga. Tanaman ini dapat berkembang biak dengan cara stek, pencangkokan, dan penempelan.

Bunga kembang sepatu pun sangat kuat terhadap cuaca yang sangat panas oleh karena itu cocok tumbuh di Indonesia. Pada umumnya tinggi tanaman Kembang Sepatu ini bisa tumbuh sekitar 2 sampai 5 meter. Memiliki daun dengan bentuk bulat telur yang lebar atau bulat telur yang sempit dengan ujung daun yang meruncing.

5. Bunga Bougenville


Bunga Bougenville

Bunga bougenville atau bunga kertas ini sangat pupoler dalam dunia tanaman hias loh. Warna bunga ini terdiri dari berbagai macam warna, seperti jingga, merah menyala, merah jambu, merah pucat, kuning, ungu, putih, dan berbagai campuran warna. Bunganya pun tumbuh dengan rimbun, seludang pada bunga ini sering kali dianggap sebagai salah satu bagian dari bunganya.

Perawatannya cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu yang banyak. Tanaman ini sebaiknya ditempatkan di area yang terkena sinar matahari yang cukup. Sehingga tanaman ini sangat cocok tumbuh di wilayah dengan iklim tropis seperti Indonesia.

6. Bunga Melati


Bunga Melati

Seperti yang kita tahu, Indonesia menjadikan salah satu jenis melati (Jasminum sambac) sebagai simbol nasional karena melambangkan kesucian serta kemurnian. Selain itu, melati juga dikaitkan dengan berbagai tradisi dari banyak suku di negara ini. Semua jenis melati membutuhkan sinar matahari penuh.

Jadi, kalian mesti memperhatikan bagaimana matahari menyinari pekarangan rumah dengan baik. Hal pertama yang perlu disiapkan untuk menanam melati di pekarangan bunga adalah tanah yang gembur dan pupuk kompos. Kalin dapat memotong batang bunga lalu menanamnya secara langsung pada bidang tanah sekitarnya yang juga sudah diberi pupuk kompos.

7. Bunga Mawar


Bunga Mawar

Jenis tanaman hias bunga yang paling populer adalah mawar. Bunga ini terkenal dengan warnanya yang beragam dan wanginya yang semerbak. Bunga mawar memang menjadi salah satu tanaman hias yang digemari oleh banyak orang. Warnanya yang cantik dan bentuknya yang indah membuat tanaman ini menjadi salah satu primadona tanaman hias.

Ada ribuan jenis mawar yang dapat ditemukan di hampir setiap warna. Pada dasarnya, bunga mawar dapat tumbuh di mana saja. Akan tetapi, bunga yang tumbuh di daerah sub tropis terbukti lebih segar, besar, dan cantik. Layaknya tanaman lainnya, bunga mawar juga membutuhkan media tanam yang subur, kaya akan bahan organik, dan gembur seperti lahan di pekarangan rumah.

8. Bunga Matahari


Bunga Matahari

Tanaman hias satu ini banyak digemari karena kelopaknya yang besar dan cantik menyerupai matahari. Tak hanya indah, bunga matahari ternyata juga punya segudang manfaat. Bunga yang mempunyai nama ilmiah Helianthus ini mudah ditanam karena gampang tumbuh dan tidak banyak membutuhkan perawatan.

Media tanam bunga ini berupa pot atau polybag, lalu isi dengan campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 70% tanah dan 30% pupuk kandang. Setelah itu semai benih bunga matahari pada media tanam, jangan lupa siram air sedikit lalu letakkan pada tempat yang teduh agar cepat muncul tunasnya.

Selain itu, intip juga yuk beberapa jenis tanaman hias yang ternyata bisa membersihkan udara juga di sini. Simak juga beberapa jenis sayuran yang mudah ditanam di rumah dan cepat panen dalam artikel ini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait