Bisa Jadi Pengganti Air Purifier, 8 Tanaman Hias Ini Ternyata Bisa Membersihkan Udara Juga!
Lifestyle

Beberapa tanaman hias ini juga bisa membersihkan udara di dalam ruangan. Bahkan, keberadaan tanaman pembersih udara ini dapat menjadi pengganti air purifier yang lebih ekonomis dan ramah lingkungan.

WowKeren - Memiliki rumah yang penuh dengan tanaman memang sangat menyenangkan. Selain menyejukkan mata, udara di sekitar rumah bisa terasa lebih segar. Namun sayangnya, banyak masyarakat yang menyerah memelihara tanaman dikarenakan minimnya lahan untuk tanaman.

Solusinya, kalian bisa menanam tanaman hias dalam pot yang bisa dipelihara di dalam rumah. Sebagian mungkin kurang pahan, namun beberapa tanaman hias ini juga bisa membersihkan udara di dalam ruangan.


Bahkan, keberadaan tanaman pembersih udara ini dapat menjadi pengganti air purifier yang lebih ekonomis dan ramah lingkungan loh. Hal ini terjadi karena tanaman hidup menghasilkan oksigen yang bersih sehingga manusia yang menghirupnya akan merasa segar, tidak pengap dan sejuk.

Penasaran apa saja tanaman tersebut? Berikut tim WowKeren rangkum 8 tanaman hias pembersih udara yang bisa kalian pelihara di dalam ruangan. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Lidah Mertua


Lidah Mertua

Lidah mertua merupakan sebutan untuk semua tanaman dari genus sansevieria. Selain namanya yang unik, tanaman lidah mertua juga memiliki manfaat yang sangat bagus yaitu menghilangkan dan meresap racun pada udara. Daunnya tumbuh tegak menjulang dengan tekstur keras tidak berduri dan berbentuk seperti lidah.

Ujung daunnya berwarna hijau keputihan dan di tengah berwarna hijau tua. Tanaman ini ampuh menyerap racun dan menyegarkan ruangan pada udara ketika sampai 100 m3. Tanaman ini sangat cocok jika ditempatkan pada sisi ruang tamu atau ruang kelaurga berukuran besar.

2. Lidah Buaya


Lidah Buaya

Tanaman yang dikenal sebagai penyubur rambut ini ternyata mampu membunuh zat-zat kimia berbahaya pada udara loh. Salah satu zat kimia yang dapat diserap oleh lidah buaya ini seperti benzena dan formaldehida. Tanaman lidah buaya yang ditanam dalam pot mini dan masih berukuran kecil cocok di simpan di dalam kamar tidur atau kamar mandi.

Selain memperindah dekorasi ruangan, juga memberi kesejukan dan kesegaran bagi pengguna ruangan tersebut. Sementara itu, lidah buaya yang sudah berukuran besar, bisa disimpan dalam ruangan yang berukuran lebih besar lagi, seperti ruang tamu rumah kalian.

3. Daun Sri Rejeki


Daun Sri Rejeki

Tanaman ini pada tahun 2004-2008 sempat menjadi tren koleksi para pencinta tanaman hias. Tak heran jika harga satu pot tanaman yang bernama latin Aglaonema tersebut bisa mencapai Rp100 juta. Harganya yang mahal bukan karena tamanan ini mampu membersihkan benzena dan formaldehide dari udara di sekitarnya, tapi karena sedang booming. Namun tanaman ini benar-benar bisa menyerap zat yang tak berbahaya di udara loh.

Dalam Bahasa Inggris, sri rejeki dikenal sebagai chinese evergreen, meski populasinya banyak di daerah tropis seperti Indonesia. Jika diletakkan di tempat teduh, tangkai Aglaonema akan memanjang dan daunnya melebar. Pastikan untuk mengeluarkan tanaman ini secara berkala dari ruangan untuk mendapat cahaya matahari.

4. Bungan Krisan


Bungan Krisan

Bunga cantik nan rupawan ini merupakan salah satu tanaman pembersih udara yang sangat menarik untuk menghiasi rumah. Bagaimana tidak, bunga krisan memiliki warna-warna yang cantik mulai dari kuning, putih, ungu, jingga, sampai dengan pink.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh NASA, krisan merupakan tanaman yang dapat membersihkan udara karena memiliki kemampuan untuk menyerap amonia, benzena, formalin, dan xylene yang terdapat pada udara yang berada di sekitarnya. Sebaiknya tanam bunga krisan di luar ruangan sampai bunga-bunganya mekar. Setelah bunga-bunga krisan ini bermekaran, silakan pindahkan tanaman ini ke dalam ruangan.

5. Bunga Peace Lily


Bunga Peace Lily

Umumnya, daun tanaman ini berwarna merah, putih dan bentuknya panjang. Agar tahan lama, lebih baik jika tanaman ini diletakkan di tempat yang agak jauh dari sinar matahari langsung seperti jendela. Tanaman yang bernama latin spathiphyllum bisa menyerap formaldehid, benzena, trichloroethylene, toluena dan xilena yang banyak terdapat di udara dalam ruangan.

Namun, pastikan untuk meletakkan di tempat yang tidak terjangkau anak-anak karena bisa menyebabkan iritasi kulit dan sakit kepala. Sangat mudah merawat tanaman ini. Pencahayaan kurang tidak menjadi masalah bagi tanaman yang habitat aslinya di kawasan tropis Amerika dan Asia Tenggara.

6. English Ivy


English Ivy

English Ivy atau yang akrab dipanggil daun ivi ini adalah tanaman yang dapat membuat udara di sekitar rumah kalian jadi lebih segar. Tanaman penyerap debu ini juga bisa menyerap bulu-bulu halus di udara sehingga cocok sekali ditanam oleh orang-orang yang memiliki alergi.

Keunggulan lain yang ditawarkan English Ivy adalah tanaman ini bisa hidup di dalam ruangan. Jadi, jika kalian tidak memiliki air purifier, kalian dapat meletakkan bunga ini di dalam ruangan. Udara di ruangan jadi lebih bersih dan aman untuk dihirup oleh orang yang mudah alergi.

7. Palem Kuning


Palem Kuning

Hampir semua jenis tanaman palem dapat dan sangat cocok diletakkan di dalam rumah ataupun di perkantoran karena ukurannya yang dapat tumbuh tegak dan besar dapat menyerap polutan yang menempel pada furnitire rumah tangga atau barang-barang perkantoran lainnya.

Namun ada palem kuning yang bernama latin Chrysalidocarpus merupakan tanaman yang sering dijadikan hiasan dalam ruangan. Tanaman ini dapat menghilangkan formaldehida, benzena, dan karbondioksida yang terkandung di dalam udara. Itulah sebabnya palem kuning banyak ditanam di dalam pot dan diletakkan di dalam ruangan. Padahal, jika ditanam di luar pot, tinggi palem kuning ini bisa mencapai 4 meter, loh.

8. Daun Sirih Gading


Daun Sirih Gading

Tanaman ini adalah jenis tanaman hias yang sering ada di rumah-rumah keliarga Indonesia. Tanaman merambat ini banyak dipakai sebagai penghias ruangan. Apalagi, tanaman ini bersahabat untuk pengidap asma dan alergi. Tanaman bernama latin Epipremnum aureum ini bisa menyerap formalin yang mengontaminasi rumah dan menyerap urea (uap zat sisa feses dan urine) yang membuat kamar tidur berbau tak sedap.

Namun, tanaman sirih gading ini adalah termasuk tanaman beracun. Maka, jauhkan dari anak-anak dan hewan kesayangan. Jangan terlalu sering menyiram tanaman rambat ini karena hanya membutuhkan sedikit air dan cahaya matahari tidak langsung. Letakkan satu atau dua pot sirih gading di dalam garasi rumah untuk menyerap gas buang knalpot.

Simak juga yuk beberapa tanaman yang ternyata bagus untuk kesehatan mental dalam artikel berikut ini. Intip juga beberapa kegiatan yang bisa kalian lakukan untuk menjaga kualitas udara kalian dalam artikel ini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru