Tak Hanya Miliki Penampilan Cantik, 7 Tanaman Ini Juga Bagus Untuk Kesehatan Mental Loh!
Health

Ada beberapa jenis tanaman yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan mental seseorang. Tujuh tanaman ini diketahui bisa meredakan tingkat stres seseorang dan membuat pikiran jadi lebih tenang loh.

WowKeren - Tidak sedikit orang yang menghabiskan terlalu banyak waktu di dalam ruangan, entah untuk bekerja maupun melakukan aktivitas lainnya. Perlu diketahui jika kualitas udara yang buruk di dalam ruangan bisa mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang. Hal ini disebabkan karena adanya racun dalam ruangan yang bisa menimbulkan efek buruk bagi kesehatan, salah satunya adalah stres.

Setiap orang biasanya memiliki metode yang berbeda-beda untuk mengatasi stres. Mulai dari melakukan hobi, berolahraga, berwisata, berkumpul dengan orang-orang terdekat dan masih banyak lagi. Selain itu ada metode yang cukup ampuh untuk meredakan stres, salah satunya adalah dengan meletakkan tanaman yang bermanfaat baik untuk kesehatan mental di sekitar kita.


Selain untuk mempercantik ruangan, beberapa tanaman tertentu ternyata memiliki manfaat baik untuk kesehatan mental. Sebab tanaman-tanaman itu bisa memurnikan udara dan membantu menciptakan suasana yang lebih santai dan tenang. Dengan demikian, tingkat stres yang kita miliki bisa mereda dan pikiran akan jauh lebih tenang. Nah, mau tahu tanaman apa saja yang bisa mendatangkan manfaat baik untuk kesehatan mental? Simak informasinya berikut ini.

(wk/eval)

1. Lavender, Tanaman yang Baik Untuk Kesehatan Mental karena Bersifat Menenangkan


Lavender, Tanaman yang Baik Untuk Kesehatan Mental karena Bersifat Menenangkan

Lavender adalah tanaman yang masih dalam keluarga mint dan paling sering digunakan sebagai minyak esensial. Tanaman ini memiliki aroma yang menenangkan sehingga terbukti dapat menurunkan tingkat stres dan kecemasan. Selain itu, lavender juga dapat meningkatkan kualitas tidur, menurunkan denyut jantung dan menenangkan bayi yang gelisah.

Menurut Pusat Medis dari Universitas Maryland, lavender mampu menghasilkan efek menenangkan, menyejukkan dan dapat berperan sebagai obat penenang saat baunya dihirup. Kamu bisa menggunakan minyak lavender untuk meredakan sakit kepala, mengatasi insomnia dan depresi. Selain itu, kamu juga bisa meletakkan tanaman lavender di dalam ruangan untuk menenangkan mental.

2. Lidah Buaya, Tanaman yang Bisa Mengobati Gejala Kecemasan Secara Efektif


Lidah Buaya, Tanaman yang Bisa Mengobati Gejala Kecemasan Secara Efektif

Lidah buaya telah dikenal sebagai salah satu jenis tanaman dengan banyak manfaat. Mulai dari manfaat untuk kecantikan hingga kesehatan. Selain itu, lidah buaya juga dikenal sebagai salah satu tanaman pembersih udara paling kuat di dunia. Tak hanya mampu menurunkan kadar karbon dioksida di malam hari, tanaman sukulen ini juga dapat membantu menghilangkan bahan kimia berbahaya seperti formaldehyde dan benzene dari udara.

Karena itulah lidah buaya dipercaya mampu mengobati gejala kecemasan dan mengatasi insomnia dengan efektif. Jika kamu ingin tidur nyenyak di malam hari serta membersihkan tubuh dan pikiran dari stres, sebaiknya letakkan lidah buaya di dalam ruangan atau kamar tidur ya.

3. Hilangkan Segala Stres dan Tenangkan Pikiran dengan Memanfaatkan Bunga Krisan


Hilangkan Segala Stres dan Tenangkan Pikiran dengan Memanfaatkan Bunga Krisan

Bunga krisan dikenal sebagai tanaman berwarna cerah dan cantik yang bisa membawa semangat. Faktanya, tanaman ini juga terbukti dapat memurnikan udara, mengurangi gejala khawatir dan stres serta mendinginkan dan merilekskan tubuh saat diolah menjadi teh.

Selain berguna untuk memurnikan udara, tanaman ini juga menawarkan sejumlah manfaat obat. Sebab tanaman ini kerap digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, nyeri dada, demam, diabetes tipe 2, pilek hingga sakit kepala. Saat dikombinasikan dengan bahan herbal lain hingga menjadi teh, tanaman ini mampu mengobati gejala kecemasan dengan merilekslan sistem saraf.

4. Turunkan Tingkat Stres dengan Meletakkan Tanaman Red-edged Dracaena di Dalam Ruangan


Turunkan Tingkat Stres dengan Meletakkan Tanaman Red-edged Dracaena di Dalam Ruangan

Red-edged Dracaena dikenal sebagai tanaman yang mampu membawa semburan warna ke dalam rumah dengan daunnya yang bewarna merah-ungu. Selain itu, tanaman yang tergolong dalam jenis semak ini juga banyak digemari karena bersifat memurnikan udara. Dengan fungsi tersebut, ia bisa menciptakan suasana bersih dan santai.

Tanaman satu ini memiliki kemampuan untuk menghilangkan bahan kimia berbahaya seperti xylene, trichlorethylene, dan formaldehyde. Bahan-bahan ini bisa masuk ke dalam rumah melalui penggunaan pernis, cat dan bensin. Perlu diketahui bahwa bahan-bahan berbahaya tersebut dapat meningkatkan stres dan kecemasan serta menyebabkan kurangnya konsentrasi.

5. Tingkatkan Kesehatan Mental dengan Menempatkan Lidah Mertua di Sekitarmu


Tingkatkan Kesehatan Mental dengan Menempatkan Lidah Mertua di Sekitarmu

Lidah mertua adalah salah satu tanaman yang berasal dari Afrika Barat. Tanaman ini sangat efektif dipajang di dalam rumah untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti iritasi mata, sakit kepala, menurunkan tekanan darah hingga mengatasi gangguan pernafasan. Menurut studi yang dilakukan oleh NASA, lidah mertua dapat melepaskan sejumlah gas beracun saat diletakkan di ruang tertutup selama 24 jam.

Selain berfungsi untuk meningkatkan energi, tanaman ini juga mampu meningkatkan kesehatan mental, meningkatkan produktivitas dan meningkatkan kepuasan dalam bekerja. Tak berhenti di situ, sebab lidah mertua juga bermanfaat untuk meningkatkan waktu reaksi, meningkatkan konsentrasi, membuat tidur malam jadi lebih nyenyak dan menurunkan tingkat kecemasan.

6. Golden Pothos, Tanaman yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Mental dan Memberikan Suasana Santai


Golden Pothos, Tanaman yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Mental dan Memberikan Suasana Santai

Golden Pothos adalah salah satu jenis tanaman rambat yang bisa tumbuh dengan cepat dengan dedaunan berwarna hijau yang menyegarkan. Tanaman ini mampu mengatasi kualitas udara yang buruk dan faktor-faktor yang mempengaruhi stres. Dengan menempatkan tanaman ini di rumah atau kantor, kamu akan merasa jauh lebih santai dan tenang.

Di antara keunikan yang dimiliki oleh tanaman ini adalah kemampuannya untuk tetap hijau, bahkan saat disimpan di dalam ruangan yang gelap. Namun untuk menjaga agar tanaman ini tetap berada dalam kondisi yang prima, sebaiknya letakkan ia di tempat yang banyak mendapat cahaya terang, tidak langsung di siang hari dan jangan menyiramnya dengan air secara berlebihan untuk menghindari pembusukan.

7. Areca Palm, Tanaman yang Berfungsi Memurnikan Udara dan Menurunkan Tingkat Kecemasan


Areca Palm, Tanaman yang Berfungsi Memurnikan Udara dan Menurunkan Tingkat Kecemasan

Tanaman berikutnya yang bagus untuk kesehatan mental adalah Areca Palm. Tanaman yang dikenal cukup populer ini selain mudah dirawat juga dapat menambah kelembapan ke atmosfer di sekitarnya. Selain itu, tanaman ini juga bisa memurnikan udara dengan menghilangkan racun yang tidak diinginkan seperti formaldehyde, benzene dan trichlorethylen.

Perlu diketahui bahwa dengan menghirup udara yang lebih murni saat bangun tidur dapat membantu menurunkan tingkat kecemasan dan tekanan darah. Dengan demikian, kamu bisa menenangkan kondisi mental dan juga fisik.

Demikian tujuh tanaman yang bagus untuk kesehatan yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai makanan yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi stres. Selain itu, kamu juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai aplikasi yang berguna untuk menghilangkan stres.

You can share this post!

Related Posts