Sambut New Normal, Ikuti 8 Tips Ini Saat Kembali Bekerja di Kantor Agar Terhindar dari Virus Corona
SerbaSerbi
Skenario New Normal COVID-19

Kembali bekerja ke kantor di era new normal mungkin akan membuat kita khawatir tertular virus Corona. Oleh sebab itu sebaiknya terapkan 8 langkah pencegahan ini agar tak sampai tertular virus asal Wuhan tersebut.

WowKeren - Beberapa daerah di Indonesia sudah mulai memasuki masa transisi new normal. Oleh karena itulah sejumlah ruang publik mulai dibuka dan berbagai sektor kembali diizinkan beroperasi, salah satunya adalah perkantoran.

Karena itulah mau tidak mau kamu harus kembali bekerja di kantor. Rasa khawatir akan tertular virus Corona mungkin tak bisa dihindari, sebab kita akan berinteraksi dengan banyak orang serta menggunakan fasilitas umum bersama.

Untuk itu penting untuk selalu membentengi diri dengan beberapa cara agar tidak sampai tertular virus Corona di kantor. Penasaran bagaimana caranya? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Selalu Gunakan Masker dan Bawa Perlengkapan Pendukung


Selalu Gunakan Masker dan Bawa Perlengkapan Pendukung

Menggunakan masker adalah hal yang wajib dilakukan saat beraktivitas di luar rumah selama Pandemi Corona, termasuk saat bekerja di kantor. Usahakan juga untuk menggunakan beberapa alat perlindungan lainnya seperti face shield, topi hingga kacamata. Dan jika menginginkan perlindungan ekstra, sebaiknya gunakan pakaian lengan panjang untuk menghindari kontak kulit dengan orang lain saat bekerja.

Selain itu, usahakan juga untuk membawa berbagai perlengkapan pendukung lainnya. Mulai dari hand sanitizer dengan kandungan alkohol sebesar 70 persen, tisu basah, tisu kering serta masker cadangan. Pastikan barang-barang ini selalu ada di dalam tas atau di meja kerja agar bisa kamu gunakan sewaktu-waktu.

2. Pastikan Area Meja Kerja Selalu dalam Kondisi Bersih


Pastikan Area Meja Kerja Selalu dalam Kondisi Bersih

Cara berikutnya yang harus kamu lakukan untuk mencegah penularan virus Corona di kantor adalah dengan memastikan meja kerja selalu bersih. Usahakan untuk membersihkan permukaan meja dan barang-barang yang ada di atasnya seperti keyboard komputer, telepon, alat tulis dan sebagainya dengan cairan disinfektan secara berkala.

Agar tidak terlalu merepotkan, bawa selalu cairan disinfektan travel size saat bekerja di kantor. Jika kesulitan mendapatkannya, kamu bisa membuatnya sendiri dari campuran pemutih dan air lalu memasukannya ke dalam botol semprot.

3. Tetap Jaga Jarak dan Kurangi Interaksi dengan Rekan Kerja


Tetap Jaga Jarak dan Kurangi Interaksi dengan Rekan Kerja

Menerapkan aturan social distancing sangat penting dilakukan demi menghindari penyebaran virus Corona. Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu menjaga jarak dengan rekan kerja minimal sejauh satu meter. Pasalnya, saat ini ada banyak orang yang terinfeksi virus Corona namun tidak menunjukkan gejala apapun dan terlihat sehat.

Selain itu, usahakan untuk mengurangi interaksi dengan rekan kerja semaksimal mungkin. Kamu bisa menggunakan berbagai aplikasi online untuk terhubung dengan mereka saat membahas pekerjaan. Namun jika memang ada pekerjaan yang mengharuskan kalian untuk tatap muka, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan COVID-19 ya.

4. Jangan Menyentuh Wajah Ketika Tangan Masih Kotor


Jangan Menyentuh Wajah Ketika Tangan Masih Kotor

Tak jarang kita akan menyentuh wajah, mata, hidung dan mulut sembari menyelesaikan pekerjaan di kantor. Entah itu untuk merapikan jilbab, riasan atau sekedar menggaruk kulit yang gatal. Namun sebaiknya hindari dulu kebiasaan ini di era new normal, khususnya ketika tangan kita belum bersih.

Pasalnya tangan kita bisa saja telah ditempeli virus Corona usai menyentuh berbagai benda di kantor. Jika kita tidak menyadarinya dan langsung menyentuh wajah, bukan tidak mungkin virus tersebut akan berpindah ke wajah kita. Oleh karena itu, usahakan untuk mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun dulu sebelum menyentuh bagian wajah ya.

5. Rajin Mencuci Tangan


Rajin Mencuci Tangan

Menjaga kebersihan tangan merupakan hal yang paling penting diperhatikan agar kita terhindar dari virus Corona. Oleh karena itu usahakan untuk rajin mencuci tangan selama bekerja menggunakan air mengalir dan sabun selama 20 detik. Tapi ingat, hindari penggunaan handuk bersama dan sebaiknya keringkan tangan dengan tisu kering saja.

Jika tidak memungkinkan untuk mencuci tangan, kamu juga bisa menggunakan hand sanitizer atau tisu basah setelah memegang berbagai benda dan berinteraksi dengan orang lain. Dengan begitu, kamu bisa menjaga kebersihan tangan dan meminimalisir penyebaran virus Corona.

6. Selalu Terapkan Etika Batuk dan Bersin


Selalu Terapkan Etika Batuk dan Bersin

Seperti yang diketahui, virus Corona dapat menular melalui droplet atau percikan cairan. Oleh sebab itu, penting untuk selalu menerapkan etika bersin dan betuk di manapun kamu berada, termasuk di kantor. Selain untuk mencegah penyebaran penyakit secara luas lewat udara, cara ini juga berguna untuk menghindari rasa tidak nyaman dari orang sekitar.

Etika batuk dan bersin yang pertama adalah menutup hidung dan mulut menggunakan tisu atau sapu tangan. Jika tidak ada tisu atau sapu tangan, tutupi batuk dan bersin dengan lengan bagian dalam. Jangan menggunakan jari-jari tangan, apalagi jika tidak segera mencucinya dengan sabun. Setelah itu segera buang tisu yang kamu gunakan dan cuci tangan sampai benar-benar bersih.

7. Bawa Alat Makan dan Peralatan Ibadah Sendiri


Bawa Alat Makan dan Peralatan Ibadah Sendiri

Saat kembali bekerja di kantor pada era new normal, usahakan untuk selalu membawa bekal dan peralatan makan sendiri dari rumah. Hal ini dikarenakan peralatan makan yang ada di tempat umum seperti restoran atau pantry kantor juga rentan menjadi media penyebaran virus Corona.

Selain alat makan, bawa pula peralatan ibadah untuk menghindari pinjam meminjam di kantor. Menggunakan alat ibadah secara bersamaan semakin memperbesar risiko penularan berbagai kuman, bakteri dan virus, termasuk virus Corona. Setelah digunakan di kantor, usahakan untuk mencuci alat ibadah milikmu dengan mengikuti delapan tips ini agar terhindar dari virus Corona.

8. Izin Tidak Masuk Kerja Bila Sedang Sakit


Izin Tidak Masuk Kerja Bila Sedang Sakit

Jika kamu merasa sedang tidak enak badan meskipun hanya meriang sebaiknya jangan paksakan diri untuk masuk kerja. Terlebih jika kamu juga merasakan berbagai gejala seperti batuk-batuk, demam maupun sulit bernafas, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Dengan begitu, kamu bisa menjaga kesehatan diri sendiri sekaligus orang lain.

Demikian delapan tips yang bisa kalian lakukan agar terhindar dari penularan virus Corona saat bekerja di kantor di era new normal yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips mencegah penularan virus Corona saat menggunakan transportasi umum. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips aman pergi ke mal di era new normal.

You can share this post!

Related Posts