Cegah Penularan Virus Corona, Ikuti 8 Tips Ini Saat Menggunakan Transportasi Umum di Era New Normal
Reuters/Tyrone Siu
SerbaSerbi
Skenario New Normal COVID-19

Bagi sebagian orang, menggunakan transportasi umum merupakan sesuatu yang tak bisa dihindari. Agar tetap aman dan terhindar dari virus Corona, sebaiknya selalu terapkan 8 tips ini saat menaiki transportasi publik.

WowKeren - Beberapa daerah di Indonesia sudah mulai memasuki masa transisi new normal. Oleh karena itulah sejumlah ruang publik mulai dibuka dan kegiatan masyarakat di luar rumah kembali dijalankan secara perlahan.

Ketika beraktivitas di luar rumah, rasa khawatir akan tertular virus Corona mungkin tak bisa dihindari. Apalagi jika Anda menggunakan transportasi umum saat berangkat ke tempat kerja. Pasalnya transportasi umum menjadi tempat yang cukup berisiko dalam penularan virus Corona.

Meski demikian, jangan berkecil hati dulu. Sebab ada beberapa tips untuk menjaga tubuh tetap aman dan terhindar dari virus Corona saat harus menggunakan transportasi umum. Penasaran apa saja itu? Berikut informasi lengkapnya.

(wk/eval)

1. Selalu Gunakan Masker


Selalu Gunakan Masker
AP

Kemanapun Anda pergi, menggunakan masker adalah hal yang wajib dilakukan saat beraktivitas di luar rumah selama Pandemi Corona. Cara ini tak hanya berguna untuk melindungi diri kita dari infeksi virus Corona, namun juga mencegah agar orang lain tidak sampai tertular.

Selain itu, usahakan juga untuk menggunakan beberapa alat perlindungan lainnya seperti face shield, topi hingga kacamata. Dan jika menginginkan perlindungan ekstra, sebaiknya gunakan pakaian lengan panjang untuk menghindari kontak kulit dengan orang lain saat berada di dalam transportasi umum. Dengan begitu, Anda bisa meminimalisir penyebaran virus Corona dengan lebih baik.

2. Bawa Hand Sanitizer, Tisu Basah dan Perlengkapan Pendukung Lainnya


Bawa Hand Sanitizer, Tisu Basah dan Perlengkapan Pendukung Lainnya
Pexels/cottonbro

Di era new normal, ada beberapa barang yang sebaiknya selalu Anda bawa saat beraktivitas di luar rumah. Di antaranya adalah hand sanitizer dengan kandungan alkohol 70 persen. Hand sanitizer dapat Anda gunakan untuk membersihkan tangan yang kotor setelah memegang banyak benda maupun berinteraksi dengan orang lain di dalam angkutan umum.

Usahakan juga untuk membawa tisu basah. Tisu basah dapat Anda gunakan untuk membersihkan tangan karena bahan kimia yang ada di dalamnya dapat membunuh bakteri dan virus. Selain itu, Anda juga bisa membekali diri dengan disinfektan travel size untuk menyemprot pegangan tangan atau kursi angkutan umum yang Anda duduki.

3. Hindari Jam Sibuk


Hindari Jam Sibuk
AP

Transportasi umum biasanya akan sangat dipadati penumpang di jam-jam sibuk seperti jam berangkat dan pulang kerja. Karena itulah kemungkinan penularan virus Corona akan semakin tinggi akibat munculnya kerumuman.

Oleh sebab itu sebaiknya hindari menggunakan transportasi umum pada jam sibuk. Jika memungkinkan, sebaiknya berangkat lebih awal dan pulang lebih telat daripada biasanya. Dengan begitu, transportasi umum yang Anda tumpangi akan menyediakan ruang yang lebih longgar.

4. Jaga Jarak Aman dan Hindari Berbicara dengan Orang Lain


Jaga Jarak Aman dan Hindari Berbicara dengan Orang Lain
AFP/Fabrice Cofrini

Saat berada di ruang publik, Anda harus selalu menerapkan aturan social distancing dengan selalu menjaga jarak aman dengan penumpang lainnya. Jika Anda berada dalam posisi duduk, sebaiknya jaga jarak dengan penumpang lain minimal satu kursi. Sedangkan jika Anda harus berdiri, usahakan untuk menjaga jarak minimal satu meter. Jika tidak memungkinkan juga, minimal jaga jarak satu lengan dengan orang lain yang sedang berdiri.

Selain itu, sebaiknya minimalisir interaksi dengan penumpang lain dan hindari berbicara dengan mereka. Seperti yang diketahui, virus Corona dapat menyebar melalui percikan air liur atau droplet. Meskipun sudah menggunakan masker, peluang jatuhnya cairan dari mulut ke tempat lain tetap ada. Jangan berbicara dengan penumpang lain jika memang tidak ada sesuatu yang benar-benar penting.

5. Jangan Menyentuh Sembarang Benda di Transportasi Umum


Jangan Menyentuh Sembarang Benda di Transportasi Umum
Reuters/Beawiharta

Saat berada di transportasi umum, kita biasanya akan menyentuh berbagai benda, entah itu pegangan tangan, kursi, jendela dan lain sebagainya. Di era new normal, sebaiknya hindari dulu kebiasaan ini. Seperti yang diketahui, virus Corona dapat menular melalui berbagai barang yang telah disentuh oleh banyak orang.

Untuk mengakalinya, Anda bisa menggunakan sarung tangan atau perantara lainnya seperti tisu saat akan memegang berbagai benda di dalam transportasi umum. Tapi jika tidak terlalu penting, usahakan untuk tidak menyentuh benda apapun yang ada di dalam transportasi umum ya.

6. Bayar Secara Non Tunai


Bayar Secara Non Tunai

Badan Kesehatan Dunia atau WHO sempat mengungkapkan bahwa uang kertas bisa menjadi perantara virus Corona. Sebab kita tidak tahu siapa saja yang telah memegangnya dan partikel apa saja yang telah menempel di permukaannya.

Oleh karena itu sebaiknya kurangi penggunaan uang tunai dan ganti dengan uang digital. Pastikan kartu transportasi atau dompet online Anda memiliki saldo yang cukup. Jika tidak, segera lakukan top up agar Anda tidak perlu membayar secara tunai. Namun jika Anda terpaksa menggunakan uang tunai, jangan lupa untuk selalu membersihkan tangan dengan sebaik mungkin ya.

7. Bawa Helm Sendiri Jika Menggunakan Ojek Online


Bawa Helm Sendiri Jika Menggunakan Ojek Online

Jika Anda menggunakan ojek biasa atau ojek online, usahakan untuk selalu membawa helm sendiri. Kita tidak tahu siapa saja yang telah menggunakan helm dari pengemudi dan apakah helm tersebut bebas dari virus Corona atau tidak.

Meskipun membawa helm sendiri cukup merepotkan, cara ini akan lebih aman dan dapat mengurangi risiko tertular virus Corona. Selain itu, usahakan untuk menghindari kontak fisik dengan pengemudi dan lakukan pembayaran secara non tunai saja.

8. Pilih Kursi Belakang Jika Naik Taksi


Pilih Kursi Belakang Jika Naik Taksi

Jika sebelumnya berkaitan dengan ojek, tips terakhir untuk Anda yang menggunakan taksi. Usahakan untuk selalu menjaga jarak dengan pengemudi dan pilih tempat duduk di kursi belakang. Hindari pula menyentuh berbagai barang yang ada di dalam taksi kecuali handle pintu dan seat belt. Jangan lupa juga untuk selalu mencuci tangan Anda dengan air mengalir dan sabun atau menggunakan hand sanitizer setelah menaiki transportasi umum.

Demikian delapan tips menggunakan transportasi umum di era new normal yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips menggelar resepsi pernikahan di era new normal. Selain itu, Anda juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tujuh tips menggunakan toilet umum di tengah Pandemi Corona.

You can share this post!

Related Posts